Indonesia Board Game Challenge 2015 Jadi Finalis Penghargaan Gamifikasi Internasional!

indonesia board game challenge

Satu lagi prestasi tingkat dunia yang ditorehkan oleh industri kreatif Indonesia. Adalah Indonesia Board Game Challenge 2015, kompetisi game design tingkat nasional yang kali ini menorehkan prestasi dengan menjadi finalis di Gamification World Award 2015!

Jago Desain Board Game? Ikuti Board Game Challenge ID Berhadiah Puluhan Juta Ini!

Kamu jago mendesain board game? Maka Board Game Challenge ID ini adalah kesempatan emas bagimu. Rebut puluhan juta rupiah hadiahnya!
Baca Juga

Indonesia Board Game Challenge 2015 yang digelar atas hasil kerja sama Harian KOMPAS dan Kummara terpilih menjadi finalis Gamification World Award 2015 untuk 2 kategori berbeda: Best Non-Software Innovation dan Best Theoretical Contribution. Gamification World Award sendiri adalah sebuah penghargaan internasional bergengsi di bidang gamification (atau penerapan konsep game secara luas di berbagai bidang).

Penganugrahan Gamification World Award sendiri akan menjadi satu event utama di Gamification World Congress 2015, sebuah konferensi tahunan para profesional di bidang gamification, yang pada tahun ini akan dilaksanakan di Barcelona Spanyol pada tanggal 10-13 November 2015. Dimulai dari tahun 2012, Gamification World Congress setiap tahunnya dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta dari berbagai perusahaan global yang tertarik untuk menerapkan konsep gamification.

indonesia board game challenge
Waroong Wars

Dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2015 lalu, Indonesia Board Game Challenge 2015 diikuti oleh 340 desainer muda dan menghasilkan 96 purwarupa board game yang mengangkat konten lokal terkait 5 kota besar Indonesia: Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta. Pelaksanaan Grand Final pada tanggal 6-7 Juni 2015 yang lalu di Jakarta menampilkan 25 finalis terpilih dan menjadi salah satu pameran board game terbesar di Indonesia.

Waroong Wars yang mengangkat tema kuliner khas Surabaya dan Pagelaran Yogyakarta yang mengangkat ragam pertunjukan seni di Yogyakarta terpilih sebagai pemenang pertama dan kedua Indonesia Board Game Challenge 2015. Keduanya sekaligus juga menjadi 2 judul board game pertama yang diproduksi oleh Harian KOMPAS untuk dipasarkan di Indonesia. Sejak mulai dipasarkan pada awal Oktober 2015 lalu, Waroong Wars dan Pagelaran Yogyakarta mendapat sambutan positif dan berhasil menghadirkan warna baru untuk industri game Indonesia.

indonesia board game challenge

GDG Prime 2015 Bakal Hadirkan Area Khusus Bermain Board Game!

Ingin bermain board game bareng teman-teman baru? Datang saja ke GDG Prime 2015 di Bandung! Kamu bisa main sepuasnya dan GRATIS!
Baca Juga

Indonesia Board Game Challenge 2015 sudah terbukti menjadi sebuah pendekatan efektif untuk memperkenalkan potensi game dalam mengangkat berbagai konten lokal sekaligus menjadikan game sebagai sebuah media untuk menyampaikan berbagai pesan positif.
Eko Nugroho, Lead Game Designer Kummara dan inisiator Indonesia Board Game Challenge 2015, mengungkapkan bahwa terpilihnya Indonesia Board Game Challenge 2015 sebagai finalis Gamification World Award 2015 menjadi salah satu bukti bahwa industri game/gamification Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Eko juga berharap hal tersebut akan semakin memotivasi lebih banyak pihak untuk terlibat aktif dalam upaya menghadirkan game Indonesia yang berkualitas dan mampu memberikan perubahan positif.

Semoga sukses untuk Indonesia Board Game Challenge 2015! Semoga bisa meraih hasil yang maksimal di ajang Gamification World Award 2015. Bagi kamu yang penasaran dengan board game yang menjadi pemenang dalam Indonesia Board Game Challenge 2015 ini, kamu bisa mencicipinya di area khusus board game yang akan hadir di GDG Prime 2015 besok tanggal 7 November 2015 di Universitas Telkom, Bandung. Di sana, kamu juga bisa membeli kedua board game tersebut agar bisa memainkannya bersama keluarga di rumah.