Geger Sinetron Pacarku Dari Langit, Kostum Star Trek Bikin Netizen Berang!

Pacarku-Dari-Langit-1

KPI: Awas! Hati-hati Kalo Kamu Nonton Film Kartun Ini….

Terus... film kartun yang bisa kita tonton, apaan dong?
Baca Juga

Masih ingat beberapa waktu lalu, pasca Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI mengumumkan beberapa sinetron Indonesia yang dianggap tidak berkualitas karena dinyatakan tidak membentuk watak & jati diri bangsa, memiliki konten horor, mistis, dan juga kekerasan. Imbasnya, banyak netizen yang mendukung keputusan KPI tersebut, meskipun di sisi lain sebelumnya KPI juga sempat diprotes ketika memberikan peringatan pada beberapa film kartun dan game online yang dianggap berbahaya. Berhubungan dengan sinetron, mulai awal November 2015 ini kita mendapatkan sinetron baru berjudul Pacarku Dari Langit. Sekilas memang tidak ada yang salah dengan judulnya, dan mungkin kita berpikir sebuah tema fantasi, yang jelas bukan untuk anak-anak, karena sudah jelas menggunakan kata “pacar.” Namun sebelum sinetron tersebut ditayangkan mulai 2 November 2015 lalu (kini telah menginjak episode yang keenam) melalui stasiun televisi SCTV, sudah banyak yang mengecamnya. Khususnya, dari komunitas penggemar Star Trek di Indonesia. Bahkan, melalui situs change.org, sebuah petisi juga masih aktif dengan target 150 tanda tangan lainnya untuk mencapai goal-nya, serta diajukan kepada Direktur Program Siaran SCTV dan KPI agar sinetron tersebut dihentikan penayangannya.

Pacarku-Dari-Langit-2

Petisi change.org yang diajukan oleh Marchel Sudarsono tersebut berisikan tuntutan sebagai berikut:

  • Hentikan sinetron Pacarku dari Langit karena penggunaan atribut yang telah dikenal sebagai atribut film dan atau serial Star Trek.
  • Kami, para Trekkie, fan Star Trek, menghendaki serial tersebut dihentikan
  • Meminta Paramount Studios, dan CBS Television, untuk membantu mendesak penghentian serial ini.

Dari isi petisi tersebut sudah jelas, apa yang membuat sinetron ini mendapat kecaman, karena menyangkut serial Star Trek. Bukan masalah sinopsis ceritanya, yang tidak ada hubungannya dengan Star Trek sama. Namun ketika kita melihat kostum para pemainnya, para trekkies Indonesia (sebutan untuk penggemar Star Trek) langsung bergejolak dan bereaksi keras. Kostum yang digunakan beberapa pemainnya dalam sinetron Pacarku Dari Langit tersebut sangat mirip dengan seragam para perwira Starfleet yang kalian temui dalam setiap seri Star Trek. Seragam Starfleet yang resmi sendiri hanya bisa diperoleh melalui outlet-outlet resmi berlisensi, kecuali jika dibuat untuk digunakan sendiri (biasanya oleh para cosplayer), yang seharusnya tidak untuk dikomersilkan seperti melalui sinetron remaja ini.

Pacarku-Dari-Langit-3

Sejauh ini memang KPI yang namanya juga dicatut dalam petisi tersebut belum bersuara. Mereka hanya akan meninjau isi tayangan apakah tidak sesuai dengan garis-garis yang telah ditetapkan. Seperti dengan kriteria terkait relevansi cerita, penghormatan keberagaman, pembentukan watak & jati diri bangsa, norma sosial, non seksual, dan non kekerasan, untuk menilai indeks kualitas sinetron ini. Penulis sendiri yang sekilas melihatnya, memang belum menemukan beberapa hal yang mengganggu sesuai dengan kriteria KPI. Namun yang jelas tidak diragukan jika nilai edukasinya memang sangat minim.

Pacarku Dari Langit menceritakan Mars, yang diperankan oleh Randy Martin, yang ternyata bukanlah manusia, melainkan alien yang datang ke bumi bersama dua orang temannya dari Planet Zamuth. Mars kemudian tinggal di bumi setelah pesawat kapsul mereka terbakar karena mengalami kecelakaan di angkasa. Mars mempunyai kekuatan mentransfer bahasa dari manusia ke dirinya. Sedangkan dua teman alien-nya, bernama Kaesa yang diperankan Nadya Arina dan Shaga yang dimainkan Bio One. Kehidupan ketiga alien tersebut sebagai manusia Bumi penuh lika liku, mulai dari fase lahir, sedih, bahagia, kehilangan, dan kematian termasuk jatuh cinta. Kehadiran ketiganya pun menimbulkan kecurigaan manusia di bumi.

Pacarku-Dari-Langit-8 Pacarku-Dari-Langit-7

Skenarionya jelas jauh dari sebuah Star Trek. Namun kembali pada kostum mereka, siapa pun yang pernah mengikuti Star Trek pasti langsung mengenalinya. Semoga saja nantinya tidak sampai ada episode bangsa Klingon menyerang Indonesia yah! Oh ya, ternyata bukan hanya kostumnya lhu yang mirip banget dengan seragam para Starfleet (dan ikat pingganggya seperti milik para Kamen Rider), karena sekilas ceritanya (alien turun ke bumi dan terlibat kisah cinta, minus kostum Star Trek tentunya) sepertinya juga mirip dengan salah satu drama Korea yang berjudul Love From Another Star, atau You Who Came from the Stars.

Lihat saja di bawah beberapa tanggapan netizen atas sinetron baru ini. Namun jika kalian pengen lebih ngakak lagi, baca saja semua tanggapan mereka di halaman Facebook berikut ini!

Pacarku-Dari-Langit-4 Pacarku-Dari-Langit-5 Pacarku-Dari-Langit-6

Pacarku Dari Langit 

Sumber


SHARE
Previous articleSerunya Pertarungan Titan dan Interaksi Survey Corps dalam Game Attack on Titan
Next articleChloe Moretz Akan Membintangi Live Action Little Mermaid
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.