Rie Fu Hipnotis Penonton Lewat Alunan Merdu Musiknya

rie fu

Rie Fu sukses mengadakan konser solo pertamanya pada hari Sabtu, tanggal 7 November 2015 kemarin. Konser yang diselenggarakan oleh KONSAATO tersebut bertempat di Yamaha Music Auditorium, Jakarta, dan merupakan konser intim, di mana tiket yang dijual terbatas hanya untuk 200 orang saja. Sebelum konser, Rie Fu juga menyempatkan diri untuk menyapa para media, termasuk tim duniaku dan berbincang-bincang sejenak.

Rie Fu yang sangat fasih berbahasa Inggris ini mengungkapkan bahwa Ia senang bisa mengadakan konser pertamanya di Indonesia, dan telah menyiapkan diri dengan belajar bahasa Indonesia sedikit, sekedar untuk menyapa para penonton. Sebelum datang ke Indonesia, Rie Fu juga belajar mengenai sejarah Indonesia dan juga relasi Indonesia dengan Jepang.

Konser dimulai pada pukul enam sore. Hujan yang turun tidak mengurungkan niat para penonton untuk hadir di konser Rie Fu pertama di Jakarta ini. Tak lama, Rie Fu keluar dan menyapa penonton dengan lambaian tangannya, lalu mulai duduk dan memainkan piano seraya menyanyikan lagu pembuka untuk konser ini, yaitu 2cm, yang lalu dilanjutkan dengan lagu berjudul 5000 Miles. Suara Rie Fu yang merdu dan juga alunan piano yang mengisi ruangan mampu menghipnotis para penonton yang dengan kagum menyaksikan Rie Fu. Selesai menyanyikan lagu, tepukan tangan pun terdengar. Rie Fu lalu juga membawakan lagunya yang pernah digunakan sebagai lagu penutup anime D.Gray-man, yaitu Anata ga Koko ni iru Riyuu.

rie fu

Tidak hanya pandai memainkan piano, Rie Fu juga bisa memainkan gitar akustik. Kali ini dengan gitar, Rie Fu membawakan lagu lamanya, yang berjudul decay. Rie Fu kembali menyapa penonton, dan mengucapkan rasa terimakasih pada para penonton karena telah meluangkan waktu untuk menghadiri konsernya, dengan bahasa Indonesia yang terbata-bata. Setelah membawakan beberapa lagu lain seperti Tiny Tiny Melody dan Let It Curl, Rie Fu juga membawakan lagu penutup dari anime Gundam SEED Destiny yang berjudul I I Wanna go to a Place. Rie Fu pun berinisiatif ingin membuat musik video bersama dengan para penonton yang hadir, dan lalu memasang kamera di gitarnya, dengan sesekali mengarahkannya ke penonton ketika sedang bernyanyi, yang lalu disambut dengan lambaian tangan penonton.

Selesai memainkan gitar, Rie Fu kembali memainkan pianonya, dan membawakan lagu berikutnya yang juga merupakan lagu penutup dari anime Darker Than Black, yang berjudul TSUKIAKARI. Penonton yang sedari tadi hening, kali ini mulai larut dalam suasana dan lalu ikut bernyanyi bersama dengan Rie Fu. Lagu berikutnya yang dibawakan oleh Rie Fu berjudul Present, dan Rie Fu mempersembahkan lagu ini untuk para penonton. “Present ini adalah lagu yang saya bawakan untuk kalian semua yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di sini, terimakasih.”.

Rie Fu juga membawakan lagu yang berjudul Singapore, karena sejak tahun 2014, Rie Fu memang tinggal di Singapura. “Setelah ini saya juga akan menulis lagu tentang Jakarta.”, ujarnya, yang langsung disambut hangat oleh para penonton yang hadir. Sebelumnya, Rie Fu juga berkata bahwa dia sudah menulis lagu tentang Bali. Ketika akan membawakan lagu Singapore, Rie Fu bertanya kepada para penonton apakah ingin dibawakan versi Jepang atau Inggris, dan para penonton menginginkan campuran dari kedua bahasa tersebut.

Sebagai lagu terakhir, Rie Fu membawakan lagu yang mungkin bisa dibilang sebagai lagu yang paling dikenal oleh fansnya di Indonesia, yaitu Life is Like a Boat, yang merupakan lagu penutup dari anime Bleach. Para penonton kembali menyanyi bersama dengan Rie Fu, hanya saja kali ini lebih semangat. Setelah selesai membawakan lagu terakhirnya, Rie Fu kembali ke belakang panggung, sebelum akhirnya muncul kembali untuk terakhir kalinya, membawakan lagu encore yang berjudul I Met You. Selesai konser, standing ovation dan juga tepukan tangan dilakukan oleh para penonton untuk mengakhiri konser intim yang indah tersebut.

rie fu

Rie Fu mengakui bahwa setlist untuk konser kali ini dia buat berdasarkan request yang diminta oleh para penggemarnya di social media. Berikut ini setlist untuk konser kali ini:

1. 2cm

2. 5000 Miles

3. For You

4. Until I Say

5. Anataga kokoniiru Riyuu

6. decay

7. Tiny Tiny Melody

8. Let it Curl

9. I Wanna go to a Place…

10. Dreams be

11. TSUKIAKARI

12. Present

13. Singapore

14. Butterfly

15. Romantic

16. Life is Like a Boat

– ENCORE –

17. I Met You

Selesai konser, dilanjutkan dengan sesi meet and greet dengan Rie Fu bagi mereka yang sudah membeli CD lagunya. Rie Fu ingin sekali mengadakan konser di belahan lain Indonesia dan juga Asia, serta berterimakasih atas semua penonton yang hadir dan meluangkan waktu untuknya.

Photo credit by KONSAATO


SHARE
Previous articleInilah Para Pemenang GDG Awards 2015!
Next articlePoster Star Wars: The Force Awakens Menampilkan Karakter Idola Fanboy
Merupakan penggemar anime sejak SMP, dan terus berlanjut hingga sekarang bekerja. Belakangan ini suka memperhatikan dan ikut dalam konser-konser dari artis Jepang favorit. Saat ini bekerja sebagai Graphic Designer, yang menurutnya cukup asik dilakukan karena seperti bekerja sambil bermain. Kairi juga seorang gamer dan genre favoritnya adalah RPG. Sebagai salah satu kontributor untuk majalah Zigma dan Omega, menulis merupakan caranya membagi informasi kepada orang lain tentang hal-hal yang disukainya dengan lebih informatif, dari segi pandang seorang penggemar.