Backward Compatibility Xbox One Dibuka dengan 104 Game Xbox 360!

Backward-Compatibility-2

Xbox One Backward Compatibility? Sony Punya Pasukan Game Remastered untuk PS4!

Bukannya tidak mau, menurut Sony backward compatibility susah diterapkan untuk PS4. Dan jelas lebih mudah (dan menguntungkan) bikin game port, remake, remastered untuk PS4!
Baca Juga

Selama E3 2015 lalu, Microsoft akhirnya memamerkan senjata terbaik mereka untuk Xbox One. Mereka mengkonfirmasikan kabar yang cukup mengejutkan (sekaligus menggembirakan?) bagi para pemilik Xbox One: Xbox One bakal memiliki kemampuan backward compatibility dengan game-game Xbox 360! Yang artinya, bagi para pemilik Xbox One, jangan buang dulu DVD game Xbox 360-mu, karena sebentar lagi kamu bisa memainkannya kembali di Xbox One, tanpa perlu membayar biaya tambahan lagi atau upgrade hardware! Selain bisa memainkan game-game yang berbasis DVD, fitur backward compatibility ini juga bisa digunakan untuk memainkan game-game dengan format digital. Nantinya, game-game yang berbentuk digital akan langsung muncul di bagian “Ready to Install” di Xbox One.

Kemarin Microsoft membeberkan detail 104 game awal yang bisa kalian mainkan menggunakan fitur Backward Compatible Xbox One tersebut. Mulai besok, 12 November, update New Xbox One Experience with Xbox One Backward Compatibility mulai didorong, dan semua gamer Xbox One bisa memainkan 104 game Xbox One Backward Compatibility. Beberapa diantaranya termasuk game terbaik pada masanya, seperti semua seri Gears of War untuk X360, Assassin’s Creed II, Fallout 3, Borderlands, dan Castle Crashers. Daftar yang lebih lengkap bisa kalian lihat melalui tautan berikut: Xbox.com/BackCompat, atau gambar di bawah. Selain itu, semua game X360 yang kalian unduh dan mainkan melalui layanan Games with Gold setelah 12 November, bisa juga dimainkan melalui Xbox One.

Microsoft mengatakan jika total 104 game itu sekadar langkah awal. Mereka mengatakan bakal mengumumkan Xbox One Backward Compatible lainnya secara kontinyu, termasuk di sana, kalian bisa temukan nanti Halo Reach, Halo Wars, Call of Duty: Black Ops 1, Bioshock, Bioshock 2, Bioshock Infinite, dan Skate 3.

Backward Compatibility on the New Xbox One Experience

Sebelum diberikan untuk semua gamer Xbox One, fitur backward compatibility versi beta ini sudah bisa dimainkan sejak pertengahan tahun oini bagi mereka yang ikut serta dalam Xbox Preview Program. Microsoft juga memenuhi janjinya selama E3 2015 lalu, bahwa hanya sekitar 100 judul saja yang diluncurkan awalnya mendukung program ini.

Bagi developer game Xbox 360 yang ingin game-nya bisa dimainkan di Xbox One pun tidak perlu melakukan coding atau penyesuaian lagi. Mereka cukup mendaftarkan game-nya, dan menunggu persetujuan dari Microsoft saja. Selain itu, gamer juga bisa request game Xbox 360 yang mereka inginkan bisa menikmati fitur ini melalui situs feedback yang sudah disediakan secara khusus. Di situs tersebut, Microsoft juga sudah menyediakan daftar game awal yang bisa menikmati fitur backward compatibility ini.

Xbox-One-2

Video Game Bakal Dijual Resmi Secara Luas di Tiongkok! Indonesia Kapan?

Sama seperti Tiongkok, saat ini di Indonesia lebih populer game-game mobile dan PC. Sudah saatnya produsen konsol game juga lebih serius meluaskan target pasarnya ke Indonesia. Prospek dan peluangnya besar!
Baca Juga
[clearboth]

Dengan dibukanya akses ke belakang untuk Xbox One menerima game-game Xbox 360, jelas ada implikasi Microsoft melakukannya. Bisa jadi, mereka ingin gamer yang masih tidak mau beranjak dari Xbox 360 segera membeli Xbox One saja, karena bisa juga memainkan game lawas. Yang kedua, jelas untuk menambah bargaining power patform game Microsoft tersebut, karena sejauh ini Sony masih belum bisa melakukannya untuk PlayStation 4. Bahkan salah satu fitur sofwtare yang sudah diberikan Microsoft sejak Agustus 2014 lalu untuk Xbox One, yaitu memutar banyak file multimedia, ternyata Sony baru sanggup mewujudkannya selama E3 2015 melalui aplikasi Media Player.

Kini dengan XOne yang mampu memainkan game X360, pasti menjadi satu senjata ejekan fanboy Xbox pada gamer PlayStation. Dan tinggal langkah Sony saja bagaimana mereka membela kehormatan para pendukungnya dengan sebuah backward compatibility. 

Sayangnya, Sony tidak ada rencana untuk menerapkan fitur tersebut, menurut pernyataan bos Sony Computer Entertainment Worldwide Studios, Shuhei Yoshida. Saat ini pihaknya ingin lebih terfokus dalam membuat fitur baru dan juga layanan untuk PS4. Namun Yoshida tidak mengesampingkan backward compatibility sepenuhnya, hanya saja memang untuk fitur tersebut akan susah diterapkan, mengingat memang antara platform sebelumnya dengan yang sekarang (PS4) berbeda arsitektur.

Backward-Compatibility-3


SHARE
Previous articleHanya untuk Gamer Indonesia, Hadiah Eksklusif dengan Pesan Awal Bloodborne The Old Hunters
Next articleTrailer Terakhir Jessica Jones Dirilis oleh Netflix!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.