Snapdragon 820, Prosesor Gahar Galaxy S7, Benchmark AnTuTu 80 Ribuan!

Snapdragon-820-5

Qualcomm kemarin mengkonfirmasikan chipset mobile terbarunya, yang dikabarkan bakal digunakan Samsung untuk Galaxy S7, yaitu Snapdragon 820. Menurut Qualcomm, silikon baru mereka ini menawarkan kualitas audio dan visual yang lebih baik, dan prosesor yang lebih cepat juga menunjang aktivitas gaming yang lebih efisien ketika berinteraksi dengan keseluruhan perangkat yang menggunakannya, keamanan yang bisa diandalkan, konektivitas lebih kuat, dan sekaligus juga ketahanan baterainya diklaim lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Selama konfirmasinya kemarin, Qualcomm mendemokannya dalam bentuk video (lihat video di atas) yang begitu detail grafisnya, yang pasti dicapai berkat penerapan versi baru CPU custom Kryo 64-bit (diklaim 2x lebih cepat dan lebih hemat dibandingkan Snapdragon 810), Adreno 530 GPU, dan juga dukungan Unreal Engine 4 dari Epic. Efek-efek grafis kelas atas mampu dihasilkan dengan baik, seperti High Dynamic Range Rendering, Dynamic reflections, Temporal anti-aliasing, hingga space reflection, menghasilkan warna dan pencahayaan yang realistis. Disebutkan juga Snapdragon 820 memiliki fitur Low Light Vision, yang berguna dalam memperbaiki hasil foto dengan cara menerapkan noise reduction dan adaptive brightness ketika diambil dalam kondisi minim cahaya.

Snapdragon-820-3

Snapdragon-820-4

Fitur lain dari prosesor Kyro disebut sebagai Snapdragon Scene Detect, yang menganalisa dan mengelompokkan gambar ke dalam tipe dan kategori di dalam kategori. Di sisi audio, chipset ini juga mendukung dihasilkannya Immersive Audio, sehingga kualitas surround sound bisa dicapai di semua perangkat mobile yang menggunakannya, meskipun tanpa speaker atau headphone. Dan yang kerap disebut-sebut sebelumnya, Snapdragon 820 yang dikembangkan menggunakan teknologi 14nm FinFET ini dilengkapi dengan beberapa chip baru lainnya, seperti modem X12 LTE (menghasilkan kecepatan data mobile paling kencang, mencapai 600 Mbps untuk download melalui LTE Cat 12, dan uploadnya melalui LTE Cat 13 mencapai 150Mbps), Adreno 530 GPU, mendukung Qualcomm MU-MIMO WiFi (mempercepat koneksi WiFi hingga 3-4 kali, serta juga mendukung WiFi – 802.11ad untuk kelancaran aktivitas streaming tanpa buffer), Hexagon 680 DSP dengan Hexagon Vector eXtensions, platform Qualcomm Zeroth, Qualcomm Snapdragon Smart Protect dan 14-bit Qualcomm Spectra ISP.

Snapdragon-820-2

Snapdragon-820-1

Meskipun belum ada yang menerapkan chipset ini (mengingat chipset ini pun baru tersedia awal tahun 2016 mendatang), namun rumor sebelumnya melalui hasil benchmark AnTuTu, Snapdragon 820 yang kabarnya bakal digunakan untuk Samsung Galaxy S7 mampu mencapai nilai hingga melebihi 70 ribuan, atau jauh melebihi Snapdragon 810 dan Exynos 7420 yang digunakan dalam smartphone seperti Xperia Z5 dan Galaxy Note 5. Yang lebih gila lagi, melalui ada satu perangkat Android lainnya yang masuk data AnTuTu beberapa waktu lalu menggunakan Snapdragon 820, dan berhasil mencapai nilai mencapai 83 ribuan!

Snapdragon 820 with X12 LTE demo: exhilarating LTE speeds

Snapdragon 820 with X12 LTE: a first with LTE-U


SHARE
Previous articleCloud Strife Hajar Mario dan Pokémon dalam Super Smash Bros.
Next articleUji Pengetahuanmu dengan Kuisaku, Game Trivia Terbaru dari Bali!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.