[Review] Gravity Falls : Weirdmageddon Part I – Mungkin Episode Animasi Barat Paling Mengerikan

Gravity Falls - Weirdmageddon Part IGravity Falls memulai akhir season 2 dengan episode yang penuh dengan kengerian, namun tetap dibumbui humor dan ketegangan menarik!

Film X-Men Terbaru Akan Mulai Syuting Tahun 2017!

Film X-Men terbaru akan mulai syuting tahun 2017 nanti. Meski dirumorkan akan berhenti di Apocalypse, Bryan Singer akan kembali menjadi sutradara!
Baca Juga

Gravity Falls adalah serial animasi yang cukup unik. Sejak musim pertama dimulai, Disney seakan memberi kebebasan bagi tim di balik proses pembuatannya untuk menyajikan topik serius dan monster-monster mengerikan yang terkadang bahkan terasa terlalu horor untuk tontonan anak-anak.

Sekarang, memasuki penghujung musim kedua dan dihadapkan kemungkinan serial ini tidak akan dilanjutkan ke musim tiga… Alex Hirsch dan kawan-kawannya tak tanggung-tanggung dalam melepas kengerian.

Seperti yang sudah dilihat penonton episode sebelumnya, Bill Cypher akhirnya berhasil masuk ke dunia nyata. Makhluk dengan wujud simbol Illuminati ini pun menggunakan maksimum kekuatan pengubah realitanya untuk mengacaukan sekeliling. Ia menjadikan obyek-obyek di seluruh kota sebagai monster; mengubah sejumlah orang malang menjadi sofa dan patung; bahkan seenaknya mengatur wujud seseorang.

Gravity Falls - Body HorrorSepanjang episode, ada sejumlah pihak yang mencoba untuk menghentikan Bill. Di antaranya adalah Stanford Pines, sang penulis jurnal yang menjadi pedoman Dipper untuk mengungkap misteri Gravity Falls. Ada juga Time Baby, makhluk yang di masa depan akan menguasai dunia, ditemani oleh pasukan polisi waktu. Namun bahkan tokoh-tokoh berpengalaman ini pun tak berdaya di hadapan kemampuan manipulasi realita absolut yang Bill miliki.

Gravity Falls - Time BabyYang tersisa untuk menghadapi Bill hanya satu dari pasangan tokoh utama Gravity Falls: Dipper. Sebenarnya bahkan Dipper pun tak tahu apa yang harus ia lakukan menghadapi makhluk seperti Bill. Bahkan jurnal yang selama ini ia gunakan untuk menghadapi makhluk-makhluk aneh Gravity Falls pun hanya menyampaikan satu peringatan khusus untuk Bill: jika dia terbebas, maka segalanya berakhir.

Gravity Falls - Dipper WendyJadi, ditemani oleh Wendy Corduroy, Dipper pun mencoba untuk setidaknya menyelamatkan saudari kembarnya: Mabel. Mungkin jika dia berhasil, dia dan Mabel dapat menciptakan keajaiban yang mampu mengenyahkan Bill dan mengembalikan segalanya seperti sedia kala.

Namun usahanya tidak akan mudah, karena musuh lamanya, Gideon, pun terbebas dari penjara. Ditemani oleh geng yang menjadi pengikutnya di penjara, Gideon akan berupaya keras menghalangi Dipper menyelamatkan Mabel.

Walau, tentu saja, tak terlihat adanya mayat dalam episode Weirdmageddon ini, Bill bisa memberi banyak mimpi buruk dalam satu episode ini. Mulai dari body horror yang ia berikan ke sejumlah karakter, skala kehancuran yang ia ciptakan dalam tiga hari kekuasaannya, serta dengan mudah membuat ancaman terkuatnya menjadi abu, cukup ajaib Disney Channel tak berupaya untuk menyensor episode Weirdmageddon ini!

Hingga terbukti sebaliknya, sepertinya seluruh kehancuran ini akan pulih sendiri saat Bill berhasil teratasi. Tapi itu tak akan mengurangi fakta kalau ini adalah salah satu episode paling intens untuk animasi barat. Weirdmageddon akan mencengkeram penonton dari awal hingga akhir, lalu membuat kalian penasaran ingin cepat-cepat menonton bagian keduanya!

REVIEW OVERVIEW
Skor Episode
95 %

SHARE
Previous articleFilm Wonder Woman akan Mengambil Latar Perang Dunia I?
Next articleBukan Cuma Point Blank, AVA Pun Kini Pindah Rumah Jadi Game Mobile!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.