3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Sudah nonton Digimon Adventure Tri. : Reunion? Bingung atau lupa dengan istilah-istilahnya? Lupa storyline Digimon Adventure? Semuanya kami bahas disini!

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Digimon Adventure tri. : Saikai (Reunion) baru saja dirilis beberapa hari yang lalu. Setelah menanti cukup lama, akhirnya movie yang paling dinantikan para penggemar Digimon bisa kita saksikan. Berikut beberapa hal yang wajib kalian pahami dari Digimon Adventure Tri jika kalian ingin memahami alur ceritanya!


[page_break no="" title="Digimon, DigiVolve, DigiDestined, Digivice"]


3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!![read_more id="231415"]

Sebelum membahas sesuatu yang rumit kita bahas dulu istilah-istilah sederhana yang akan banyak kita jumpai di film ini. Digimon merupakan makhluk hidup beruwujud monster yang muncul dari kumpulan data di internet. Para Digimon ini hidup dalam Dunia Digital, sebuah tempat dalam jaringan komputer. Setiap Digimon memiliki kemampuan unik yang berbeda satu sama lain. Para Digimon ini juga mampu berkembang melalui DigiVolve atau yang lebih kalian kenal dengan nama Evolution atau Shinka. Para Digimon yang telah berevolusi akan memiliki wujud yang berbeda dan semakin kuat.

Umumnya para Digimon dapat berevolusi secara mandiri. Namun bagi beberapa Digimon yang memiliki partner manusia mereka membutuhkan partner kehadiran partner dan Digivice yang mereka bawa untuk dapat berevolusi ke tingkat yang lebih tinggi atau melakukan evolusi khusus.

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

DigiDestined atau yang lebih kalian kenal dengan istilah "Anak-anak yang Terpilih" (Erabareshi Kodomo). Merupakan sekumpulan anak-anak yang terpilih untuk menjalankan suatu misi tertentu. Misi ini umumnya terkait dengan keselamatan Dunia Digital dan Dunia Nyata.

Para DigiDestined akan memiliki satu partner Digimon, para Digimon ini akan berevolusi paling tidak hingga In-Training/Baby II secara mandiri. Walaupun setelah bertemu partnernya mereka akan mampu bertahan dalam wujud Rookie/Child selama mereka tidak terlalu kelelahan. Untuk mencapai Champion/Adult stages mereka harus bersama partnernya yang membawa Digivice. Tailmon adalah satu-satunya Digimon dalam timeline Digimon Adventure yang telah tumbuh hingga Adult Stages sebelum bertemu partnernya.

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Hal ini disebabkan saat masih berbentuk Digi-Egg ia terpisah dari Gennai dan Digi-Egg lainnya. Kendati awalnya terhubung dengan DigiVice dan Crest of Light (Medali Cahaya) Digi-Egg dari Tailmon yang telah menetas menjadi Nyaromon dan kemudian berevolusi menjadi Plotmon kehilangan DigiVice, Crest dan ingatannya. Saat berkelana mencari partnernya Plotmon justru bertemu dengan Vamdemon. Oleh Vamdemon Plotmon dijadikan bawahannya, Vamdemon pun sering menyiksa Plotmon hingga akhirnya Plotmon secara natural berevolusi menjadi Tailmon. Itulah kenapa dalam timeline Digimon Adventure kalian tidak akan pernah melihat Tailmon melakukan DigiVolve ke Adult stage karena ia sudah berada pada Adult stages. Jangan heran juga jika dalam movie Digimon Adventure tri. bagian pertama ini Tailmon satu-satunya Digimon yang tidak melakukan DigiVolve.


[page_break no="" title="Storyline"]


Timeline dari Digimon Adventure tri. masih terhubung secara langsung dengan Digimon Adventure dan Digimon 02. Digimon termasuk salah satu anime yang menyertakan tidak hanya series tapi juga cerita yang ada dalam movie kedalam satu timeline yang sama. Tenang, kalian tidak perlu menonton kembali seluruh serial dan movie dari Digimon Adventure dan 02 karena berikut akan kami berikan rangkuman ceritanya!

Hikarigaoka & Odaiba Incident (Digimon Adventure)

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Pada part ke-3 dari movie ini Nishijima yang menyamar sebagai guru di sekolah Taichi dan Yamato mengatakan bahwa agensi tempat ia bekerja terbentuk setelah insiden yang terjadi di Hikarigaoka dan Odaiba. Insiden Hikarigaoka terjadi 4 tahun sebelum Digimon Adventure dan diceritakan dalam Digimon Adventure Movie. Delapan anak yang nantinya menjadi DigiDestined dalam Digimon Adventure menjadi saksi peristiwa ini. Walaupun Taichi dan Hikari yang menjadi saksi utama kemunculan Digi-Egg hingga menjadi Agumon dan akhirnya harus bertarung melawan Parrotmon. Agumon pun untuk pertama kalinya berubah menjadi Greymon demi mengalahkan Parrotmon. Ke-6 anak lain yang berada disekitar kejadian pun ikut menyaksikan pertarungan tersebut dan terpilih sebagai DigiDestined beberapa tahun berikutnya.

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Insiden Odaiba merupakan salah satu pertarungan dengan Vamdemon yang terjadi pada Digimon Adventure. Sesuai namanya kejadian ini terjadi di Odaiba, kota asal ke-8 DigiDestined. Vamdemon dan ke-7 DigiDestined berlomba untuk saling menemukan DigiDestined ke-8 terlebih dahulu. Setelah terungkap jika Hikari merupakan DigiDestined ke-8 dan Tailmon merupakan partnernya, pertarungan pun tak bisa lagi dielakkan. Vandemon pun mengeluarkan kabut yang memutus kontak Odaiba dengan daerah lainnya. Di Odaiba sendiri Vandemon dan para Digimon yang menjadi bawahannya pun mulai mengamuk dan menyerang seisi kota. Seluruh warga Odaiba pun menjadi tawanan Vandemon, beruntung ke-8 DigiDestined berhasil mengalahkan Vandemon.

Digimon 02

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

3 tahun setelah peristiwa Digimon Adventure. Tiga orang DigiDestined baru pun terpilih untuk kembali menyelamatkan Dunia Digital dari serangan Kaisar Digimon (Digimon Emperor). Daisuke menjadi DigiDestined baru pertama yang masuk ke Dunia Digital dan bertemu V-mon. Dengan DigiVice type baru yang disebut D-3, para Digimon dapat melakukan Armor DigiVolution. Yaitu sebuah type DigiVolve yang membutuhkan Digimental untuk dapat berubah. DigiVolve ini dianggap setara dengan Champion/Adult stages. Satu Digimon bisa memiliki lebih dari satu Digimental. Selain Daisuke, juga ada Miyako yang berpartner dengan Hawkmon dan Iori yang berpartner dengan Armadimon. Selain itu, Takeru dan Hikari kembali terpilih sebagai DigiDestined sehingga DigiVice mereka pun ikut berubah menjadi D-3 type. Kaisar Digimon yang awalnya menjadi musuh pun ternyata juga merupakan salah seorang DigiDestined, Ken dengan partnernya Wormon.

Digimon Adventure tri.

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Pada awal chapter pertama Digimon Adventure tri. : Reunion terlihat siluet dari Daisuke, Miyako, Iori dan Digivice milik Ken yang tergeletak dan diikuti oleh bayangan dari Alphamon. Bisa diduga keempat DigiDestined dari 02 ini telah bertarung dengan Alphamon sebelum Alphamon menyerang Dunia Nyata.

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Takeru dan Hikari pun juga menggunakan DigiVice tipe D-3 yang menegaskan bahwa Digimon Adventure tri. berlangsung satu tahun setelah kejadian di Digimon Adventure 02: Diaboromon no Gyakushuu (Revenge of Diablomon). Hal ini juga diperkuat dengan dialog Koshiro pada chapter ketiga yang mengatakan bahwa gerbang menuju Dunia Digital telah tertutup selama satu tahun.

Bukan tidak mungkin jika Digimon Adventure Tri. akan dikembangkan dengan alur mundur, dimana pertarungan para DigiDestined dari 02 baru akan dijelaskan pada Digimon Adventure tri. 2 atau seri lainnya.


[page_break no="" title="New Characters"]


Pada website resmi Digimon memang tidak disebutkan data-data mengenai karater baru yang muncul pada Digimon Adventure tri. Tapi kami sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber lain mengenai karakter-karakter ini.

Alphamon

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Inilah musuh utama pada Digimon Adventure tri.: Reunion. Alphamon sendiri merupakan salah satu dari Royal Knight yang terdiri atas 13 Digimon Mega-Level yang melindungi Dunia Digital. Royal Knight sendiri tunduk pada Yggdrasill yang merupakan server utama dari Dunia Digital. Royal Knight dan Yggdrasill pertama kali dikenalkan pada Digital Monster X-Evolution. Sebuah movie spin-off yang menceritakan para Royal Knight dan Yggdrasill. Ini berarti untuk pertama kalinya dikenalkan Royal Knight dan Yggdrasill pada timeline Adventure. Bukan tidak mungkin jika Demiurge yang disebut pada narasi awal chapter pertama merujuk pada Yggdrasill.

Mochidzuki Meiko

3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Inilah DigiDestined baru yang muncul pada movie ini. Tidak banyak yang bisa diketahui dari gadis berkacamata yang sepertinya cukup pendiam ini. Berdasarkan [outbound_link text="artikel" link="https://static.duniaku.net/2015/11/Meicoomon.jpg">3 Hal yang Wajib Kalian Pahami Dari Digimon Adventure Tri.!!

Meicoomon merupakan Digimon partner dari Meiko. Nama digimon ini diambil dari jenis kucing Maine Coon. Belum terungkap apa kekuatan dan kemampuan dari Digimon ini. Digimon ini merupakan karakter baru yang belum pernah muncul pada seri anime maupun game Digimon manapun. Tapi dari movie ini terlihat jika Meicoomon memiliki kemampuan psikis dan bukan kemampuan fisik. Ini terlihat ketika Alphamon menyerangnya dengan Meko, Ia terlihat membuat sebuah barrier untuk melindungi Meiko.

Selain itu belum ada detail jelas mengenai organisasi tempat Nishijima Daigo (guru Taichi) dan Himekawa Maki bekerja. Selain fakta bahwa organisasi ini memiliki nama yang cukup panjang dan mengetahui mengenai Digimon dan anak-anak terpilih melalui Gennai.


Apakah masih ada hal lain yang kalian pertanyakan dari movie yang rasanya lebih pantas disebut sebagai OVA ini? Masih banyak hal misterius dari film yang secara keseluruhan direncanakan dirilis dalam 6 seri ini. Jika ada yang menantikan bocoran mengenai Digimon Adventure tri. 2, jangan khawatir karena kami juga telah memiliki bocoran awal dari movie yang akan direncanakan dirilis pada tahun 2016 mendatang.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU