PES 2016 Free to Play Disiapkan, Versi Gratis untuk Tantang FIFA Online?

pes 2016 free to play

Versi gratis PES 2016 kabarnya tengah disiapkan Konami bertitel PES 2016 Free to Play. Apakah ini usaha dari Konami untuk menantang dominasi FIFA Online 3 di ranah game free to play?

Setelah sempat diisukan tidak memiliki seri tahun ini, pada September 2015 lalu PES Productions dan Konami menyangkal isu tersebut dengan merilis Pro Evolution Soccer (PES) 2016. PES 2016 membawa banyak inovasi baru yang memanjakan para penggemarnya, namun sayang dari segi penjualan game ini tidak terlalu memuaskan. Bayangkan saja, sampai artikel ini ditulis atau kurang lebih dua bulan setelah perilisannya, game ini baru terjual sekitar 610.000 kopi saja di seluruh dunia (berdasarkan data dari VGChartz).

Bandingkan dengan seteru abadinya, FIFA 16 yang tahun ini kembali memukul telak PES dengan penjualan lebih dari delapan juta kopi di seluruh dunia!

pes 2016 free to play

Mungkin hal inilah yang mendasari Konami untuk membuat satu seri baru untuk PES 2016 yang gratis untuk dimainkan. PES 2016 gratis? Yap benar, jika berita yang pertama kali tercium dari badan klasifikasi game Australia ini benar, maka bersiaplah untuk memainkan PES 2016 gratis!

Berdasarkan data dari badan klasifikasi Australia (Australia Classification Board), tampak ada satu judul baru yang didaftarkan Konami bertitel PES 2016 Free To Play. Judul ini didaftarkan pada tanggal 19 November 2015 lalu, dan mendapatkan rating G.

pes 2016 free to play

10 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang PES 2016

Mulai dari fitur-fitur baru, hingga improvisasi yang diberikan dibandingkan seri sebelumnya. Ingat, nomor 10 yang paling penting!
Baca Juga

Melihat dari judulnya, memang nampak sekali bahwa PES 2016 Free to Play disiapkan untuk menjadi PES 2016 versi gratisan, dengan opsi in app purchase di dalamnya. Sayang, tidak ada keterangan untuk platform apa game ini akan dirilis, pun dengan apakah game ini nantinya akan dirilis untuk multiplatform. Apakah bakal menjadi game mobile? Ataukah untuk memuaskan gamer PC yang sebelumnya sedikit kecewa dengan porting PES 2016 untuk PC yang kurang memuaskan? Kita tunggu saja!

Bisa jadi, ini juga bakal menjadi jawaban Konami atas FIFA Online 3 yang selama ini merajai game sepak bola Free to Play di kawasan Asia, termasuk Asia Tenggara dan Indonesia. Meskipun dari segi pemain tidak bisa menyaingin versi FIFA reguler, namun FIFA Online 3 sudah memiliki fanbase yang cukup kuat mengingat game ini sudah memasuki seri ketiganya.

PES 2016 free to play

Bagaimana menurutmu? Jika memang PES 2016 memiliki versi free to play seperti yang disampaikan badan klasifikasi Australia tersebut, apakah nantinya bisa bersaing dengan FIFA Online 3?

Sumber


SHARE
Previous articleTeori Ini Membuktikan Bahwa Saitama Bukan Manusia
Next article[Review] Jessica Jones Episode 7 – Top Shelf Pervert
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.