Sambut Global Game Jam 2016, Gelaran Ketiga “Akar” Kolaborasi Industri Game Indonesia

Global Game Jam

Kurang lebih sekitar dua bulan lagi, genderang Global Game Jam (GGJ) 2016 akan kembali ditabuh. Seperti dua tahun sebelumnya (2014 dan 2015) sangat besar kemungkinan berbagai regional di Indonesia akan kembali turut serta dalam event membuat game rame-rame selama 48 jam non stop ini.

Gong Global Game Jam 2015 Indonesia Resmi Ditabuh!

Global Game Jam 2015 resmi digelar! Simak liputan lengkap Duniaku dari berbagai jam site Indonesia di artikel ini!
Baca Juga

Sebelum mulai mengulas persiapan masing-masing regional dalam menyambut GGJ 2016 ini, ada baiknya kita kilas balik dulu penyelenggaraan GGJ dalam dua tahun ke belakang. GGJ pertama kali diadakan di Indonesia pada tahun 2014, atas inisiatif dari komunitas developer game Yogyakarta alias Gamelan. Komunitas yang dikenal sangat aktif dalam menggelar event dan meetup ini mulai menggulirkan wacana untuk menggelar GGJ 2014. Gayung pun bersambut, dimana enam regional lain di Indonesia meliputi Surabaya, Jakarta, Bandung, Bali, Semarang dan Depok pun akhirnya mengikuti jejak Yogyakarta untuk menggelar GGJ 2014.

Jadilah GGJ 2014 pun diikuti oleh tujuh regional berbeda, dan berhasil menelurkan banyak ide-ide game potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Karena masih tahun pertama penyelenggaraan, masih banyak kekurangan di sana sini, mulai dari keterbatasan fasilitas yang ada di jam site (lokasi) penyelenggaraan hingga jumlah peserta yang tidak terlalu banyak. Belum lagi bencana alam banjir yang sempat melanda Semarang, yang menghambat para peserta untuk menghadiri jam site diselenggarakannya GGJ 2014.

Global Game Jam 2014
GGJ 2014 Yogyakarta

Meskipun masih banyak kekurangan, namun GGJ 2014 pun bisa dikatakan cukup sukses digelar. Karena pembentukan tim dilakukan secara random (tidak ada teman satu studio dalam satu tim), maka banyak potensi kolaborasi pun terbentuk.

Global Game Jam 2014
GGJ 2014 Surabaya

Maju satu tahun ke penyelenggaraan GGJ 2015, tampak beberapa regional sudah belajar banyak dari pengalaman pertamanya. Beberapa regional ini pun menyiapkan GGJ 2015 satu hingga dua bulan sebelumnya, sehingga bisa menyediakan jam site dan fasilitas yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Beberapa regional menyelenggarakan GGJ dengan menggandeng universitas, seperti Surabaya dan Bali. Selain untuk kebutuhan jam site, GGJ 2015 ini pun dijadikan sarana edukasi kepada Universitas mengenai perkembangan industri game dalam negeri saat ini.

Global Game Jam 2015
GGJ 2015 Surabaya

Bisa dibilang, GGJ menjadi salah satu akar kolaborasi antara industri dengan akademisi. Setelah bekerja sama dengan mengadakan GGJ 2015, beberapa institusi pendidikan mulai berkolaborasi dengan industri untuk menghadirkan event yang lebih besar. Salah satunya adalah Universitas Ciputra, yang menyelenggarakan GGJ 2015 Surabaya bersama komunitas developer game Surabaya, lantas melanjutkan dukungannya dengan menggelar GDG 2015 Surabaya bulan Juni lalu.

Global Game Jam 2015 Bali
GGJ 2015 Bali

Dari segi peserta dan jumlah regional yang ikut serta, ada peningkatan di GGJ 2015 dibandingkan GGJ 2014 sebelumnya. Untuk jam site, bertambah dua kota sehingga ada sembilan kota meliputi Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang dan Bali. Total ada sekitar 50 game yang lahir dari sekitar 100 developer game yang berpartisipasi di GGJ 2015. Peserta paling banyak datang dari Surabaya, dengan total lebih dari 60 developer. GGJ 2015 pun juga menandai hadirnya dukungan dari berbagai pihak, mulai dari Mobomarket, Megaxus, hingga Dicoding.

Global Game Jam 2015
GGJ 2015 Bogor
GGJ 2015 Malang
GGJ 2015 Malang
Bagaimana dengan Global Game Jam 2016 nanti?

GGJ 2016 menurut rencana akan digelar pada tanggal 29 hingga 31 Januari 2016 yang akan datang. Indonesia sepertinya akan kembali ikut serta, minimal dengan jumlah jam site yang sama dengan tahun 2015 sebelumnya. Inisiasi pertama untuk GGJ 2016 datang dari komunitas developer game Bali, dimana mereka sudah mengumumkan jam site mereka (masih di STMIK Primakara, seperti tahun-tahun sebelumnya) dan bahkan sudah terdaftar menjadi salah satu jam site di website resmi Global Game Jam. Untuk beberapa regional lain, masih dalam tahap persiapan dan penyusunan panitia.

GGJ 2016

Kabarnya, bakal ada beberapa regional lain yang akan ikut serta dalam GGJ 2016 mendatang, meneruskan tradisi penambahan jam site setiap tahun di Indonesia. Salah satunya adalah Makassar, yang dalam beberapa bulan terakhir mulai terlihat aktif di peta industri game Indonesia.

Semoga lewat GGJ 2016 bakal semakin banyak lagi potensi kolaborasi yang bisa tercipta, baik untuk mengembangkan sebuah game ataupun untuk menyelenggarakan event yang lebih besar lagi.


SHARE
Previous articleLagu Tema Baru Heavy Object Akan Dibawakan oleh All Off dan Yuka Iguchi
Next articleBuktikan yang Terkuat, Kakashi Hajar Obito dalam Naruto Shippuden Terbaru
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.