Jepang Kembali Dihancurkan dalam Disaster Report 4 Plus!

Disaster-Report-4-Plus-4

Game Paling Ditunggu yang Batal dan Tertunda Perilisannya

Dukungan nama studio besar bukan jaminan suatu game akan selesai dan dirilis di pasaran. Berikut kita beberkan beberapa game perilisannya dibatalkan dan beberapa yang masih ditunda karena meleset dari penetapan waktu rilis pertamanya.
Baca Juga

Serial Zettai Zetsumei Toshi atau lebih dikenal sebagai Disaster Report cukup populer di Jepang. Dan sekuel keempatnya yang bertajuk “Summer Memories,” yang seharusnya bakal menjadi versi pertama yang akan dirilis untuk konsol PlayStation 3, terpaksa ditunda karena gemba dan tsunami yang melanda Tohoku, Jepang Maret 2011 lalu. Untuk menjaga perasaan para korban, mengingat game ini memang mengangkat perjuangan hidup di tengah setting saat bencana alam, akhirnya Disaster Report 4 dibatalkan pengembangannya oleh developernya Irem. Padahal seharusnya ditargetkan rilis pertengahan 2011 lalu. Irem mengambil langkah tepat, karena game ini bisa saja membuat publik Jepang, khususnya mereka para korban yang menderita Posttraumatic Stress Disorder (PTSD, suatu keadaan trauma pasca bencana), makin parah keadaannya jika mungkin memainkan Disaster Report 4.

Disaster-Report-4-Plus-3

Game bergenre adventure ini sebelumnya direncanakan akan mendukung penggunaan PlayStation Move. Di sini kalian akan bermain dengan tujuan melarikan diri dari kota yang telah hancur akbiat bencana gempa, menemukan jalan aman melalui reruntuhan bangunan, dan menghadapi orang-orang lain yang sedang panik dan ikut berlarian menyelamatkan diri. Game ini direncanakan memiliki 60 karakter yang dapat dipilih, dan itu menjadi jumlah terbanyak diantara semua prekuelnya.

Disaster-Report-4-Plus-1

Berlanjut Desember 2014 lalu, publisher baru Granzella melalui produsernya, Kazuma Kujo mengumumkan jika mereka mendapatkan hak atas franchise Disaster Report dari Irem, dan sudah memastikan jika Disaster Report 4 dilanjutkan pengembangannya dengan target perilisan akhir tahun 2015. Kemudian meskipun belum diungkapkan tanggal rilisnya, namun ketiga game prekuelnya juga akan dirilis ulang sebagai game digital untuk PlayStation 3 dan PSP (serta juga bisa dimainkan melalui PS Vita):

  • Disaster Report (dirilis di Jepang sebagai Zettai Zetsumei Toshi; dirilis ulang sebagai PS2 Classics di PS3)
  • Raw Danger (dirilis di Jepang sebagai Zettai Zetsumei Toshi 2: Itetsuita Kiokutachi; dirilis ulang sebagai bagian PS2 Classics di PS3)
  • Zettai Zetsumei Toshi 3: Kowareyuku Machi to Kanojo no Uta (awalnya dirilis hanya untuk wilayah Jepang, nantinya tersedia untuk PSP/PS Vita melalui PSP download release)

Disaster-Report-4-Plus-2

Selama event TGS 2015 September 2015 lalu, Granzella juga mengumumkan jika versi remake Disaster Report 4, yang kini berjudul Disaster Report 4 Plus: Summer Memories, bukan satu-satunya game bertema survival dari mereka yang akan hadir akhir tahun ini. Mereka bersama Bandai Namco juga diketahui terlibat pengembangan game lainnya berjudul Project City Shrouded in Shadow untuk PlayStation 4 dan PS Vita. Hanya saja Disaster Report 4 Plus: Summer Memories yang sudah dipastikan bakal segera dirilis untuk PlayStation 4.

Detail awal yang dirilis Granzella menyebutkan jika Disaster Report 4 Plus mereka kembangkan dari awal, namun menggunakan basis Disaster Report 4 PS3 yang dibatalkan. Settingnya sebuah kota besar, kalian mengendalikan seorang remaja (bisa dipilih cowok atau cewek) yang mengadu nasib di kota tersebut. Selain opsi jenis kelamin, kalian bisa kustomisasi  wajah, gayarambut, dan bajunya – mungkin itu aspek game online yang sempat disebut-sebutkan oleh sang produser sebelumnya. Seperti Disaster Report sebelumnya, karakter berjalan di sekeliling kota, bertemu dan berinteraksi dengan penduduk yang panik karena menjadi korban bencana alam (gempa bumi), sembari bertahan dari masalah yang dihadapi, seperti rasa lapar dan haus, dan juga asingnya lingkungan kota yang baru dia datangi tersebut. Karakter juga perlu memanfaatkan apa saja yang mereka temukan di sepanjang perjalanan untuk membantu membuka jalan yang mungkin tertutup. Sekilas, Disaster Report 4 Plus menawarkan unsur survival yang lebih dalam, lingkungan kota yang lebih realistis dan open world, serta juga menitikberatkan perubahan waktu yang mempengaruhi permainan.

Sejauh ini belum disebutkan kapan Disaster Report 4 Plus bakal dirilis.

Sumber


SHARE
Previous article7 Karakter Anime dengan Teknik Pukulan Terkuat yang Mematikan!!
Next articleMau Ikut Exclusive Test Tree of Savior Indonesia? Ini Caranya!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.