Ini Agenda Kemenperin untuk Industri Game Indonesia di Tahun 2016!

Kemenperin industri game indonesia
Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan (kiri)
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dikabarkan siap menggelar beberapa agenda untuk industri game Indonesia, dan satu agenda besar di bulan Maret 2016. Apakah itu?

Indonesia Kirimkan Wakil untuk Bertanding di Kejuaraan Dunia e-Sports!

Selamat bertanding, dan semoga bisa berhasil membawa pulang gelar juara!
Baca Juga

Industri kreatif saat ini menjadi salah satu primadona yang mendukung perekonomian negara. Game adalah salah satunya yang memiliki potensi pasar cukup besar. Oleh karena itu, beberapa pihak pun menyatakan siap untuk mendukung pertumbuhan industri game Indonesia, mulai dari elemen-elemen pemerintah, hingga pengusaha swasta.

Kali ini, dukungan datang dari Kementerian Perindustrian Indonesia (Kemenperin). Dalam pernyataan resmi yang disampaikan saat melepas keberangkatan para atlet e-Sports Indonesia untuk bertanding di kejuaraan dunia IeSF di Korea Selatan, Kemenperin mengungkapkan bahwa mereka siap menggarap ekosistem industri game Indonesia ini. Bahkan, mereka mengungkapkan bahwa tahun 2016 nanti, Kemenperin bakal mengadakan sejumlah agenda acara.

Sebagai tahap awal, Kemenperin akan bekerja sama dengan Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau IeSPA untuk mengadakan pertandingan eksibisi di Gedung Kementerian Perindustrian. “Setiap dua minggu biasanya ada acara di kantor. Kami tawarkan,” ungkap I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian seperti dikutip dari MetroTV. Untuk menggarap industri game ini, Kemenperin juga berencana untuk berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Berbeda dengan industri lain yang sekarang menghadapi krisis, industri game sekarang justru semakin berkembang,” ungkapnya lebih lanjut.

e-Sports World Championship 2015
Kontingen Indonesia yang akan bertanding di e-Sports World Championship

Kemenperin juga mengungkapkan, bahwa bentuk dari eksibisi yang akan digelar ini tidak mengikat, bisa kompetisi e-Sports ataupun ajang unjuk gigi para developer game. Kemenperin juga menyatakan siap membantu untuk sumber dayanya. “Kami akan mengalokasikan dana, apakah itu untuk peningkatan SDM, misalnya perlu mengundang pelatih, atau untuk mengembangkan sistemnya,” ungkapnya lebih lanjut.

Dukung Industri Game, Hary Tanoesoedibjo Gabung AGI?

Kabarnya, politikus sekaligus pengusaha multimedia Indonesia ini bakal menjadi Dewan Pembina AGI. Benarkah?
Baca Juga

Jika kolaborasi ini berjalan dengan lancar, kabarnya bulan Maret 2016 yang akan datang Kemenperin akan menyelenggarakan acara mengenai industri game di kantor mereka. Apa bentuk dari acara tersebut? Sampai artikel ini ditulis masih belum ada detail lebih rincinya.

Dukungan untuk industri game dari pihak pemerintah sendiri bukan kali pertama ini saja. Bagi yang sudah mengikuti berita perkembangan game dalam negeri, selain Kemenperin, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga beberapa kali terlibat aktif dalam mendukung perkembangan industri game ini, seperti saat pembentukan Indonesia Game Rating System (IGRS) dan juga ikut membantu pelaksanaan Game Developers Gathering (GDG) beberapa waktu lalu. Kemenperin sendiri sebelumnya juga sudah memiliki agenda tahunan untuk industri kreatif bertajuk Industry Creative Festival atau yang dikenal dengan INCREFEST.

Dengan semakin banyaknya dukungan untuk industri game ini, tentu kita harap bisa memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembangnya. Yang masih menjadi pertanyaan, masih ada satu pihak lagi yang belum terlihat kontribusinya untuk industri game, yaitu Badan Ekonomi Kreatif (BEK). Padahal, sebelumnya badan ini juga diharapkan kontribusinya untuk pertumbuhan industri kreatif di Indonesia.


SHARE
Previous articleReview The Flash Season 2 Episode 8 – Tim Arrow dan Flash Vs Vandal Savage!
Next articleIni Dia Bentuk Sokovia Accord Dari Captain America: Civil War!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.