Final Fantasy VI Masuk Steam, Lagi-Lagi Square Enix Ajak Kita Bernostalgia

Final-Fantasy-VI-2

Review Final Fantasy VI Android: Cukup Membuat Kami Mau Menekan “Buy” dan “New Game”

Seperti yang dikonfirmasikan pertama kali awal Oktober 2013 lalu, Square Enix meremake Final Fantasy VI yang sudah dirilis pertama kali untuk Android.
Baca Juga

Seperti yang dikonfirmasikan pertama kali awal Oktober 2013 lalu, Square Enix yang lagi getol-getolnya meremake Final Fantasy klasik mereka mengkonfirmasikan Final Fantasy VI untuk mobile. Remake, port cross platform atau remastered menjadi cara mudah developer Jepang mendapatkan pemasukan tanpa perlu usaha yang besar. Termasuk Square Enix menerapkan strategi tersebut, dan terbukti penerimaan publik begitu antusias menunggu banyak game klasik mereka yang memorable dibangkitkan ke platform yang baru, khususnya mobile. Saat itu disebutkan Final Fantasy VI hingga X akan mendapatkan kesempatan baru mengisi iOS dan Android, dan satu yang sudah dirilis adalah Final Fantasy VI, hadir pertama kali untuk Android pada 15 Januari 2014, dan menyusul kemudian versi iOS-nya awal Februari 2014. Selanjutnya, Final Fantasy VII juga sudah dirilis untuk platform mobile, yaitu iOS di Jepang sejak akhir Agustus 2015 lalu. Kita masih belum mengetahui kapan versi Android-nya, atau translasinya hadir luar Jepang. Sedangkan untuk Final Fantasy VIII sampai X, sepertinya kita masih perlu berpikir logis apakah beneran bakal ada dalam waktu dekat ini, mengingat pasti resource untuk memainkannya sangat besar. Kini nyaris dua tahun sejak remake Final Fantasy VI kita nikmati di smartphone dan tablet, Square Enix kembali memberikan port lainnya. Final Fantasy VI bakal diluncurkan kembali untuk PC melalui platform Steam pada 16 Desember 2015 nanti.

Final-Fantasy-VI-3Walaupun belum diberikan material terbaru seperti screenshot, namun Square Enix mengklaim untuk port PC ini mereka memberikan sentuhan baru untuk grafisnya. Desainer karakter Final Fantasy VI versi PlayStation dan Game Boy Advance, serta Final Fantasy IV: The After Years, Kazuko Shibuya, bertanggung jawab memoles grafisnya. Belum diketahui apakah sebatas karakternya saja, atau memang keseluruhan grafisnya diperbaiki untuk rilis pertama kalinya di platform PC ini. Kemudian Square Enix juga memperbaiki kontrol (yang pastinya tidak dioptimalkan untul layar sentuh seperti versi Android dan iOS-nya) dan sistem pertarungan active-time battle, menyesuaikan hardware PC yang menjalankannya. Tidak ketinggalan, mereka juga menyiapkan achievement Steam dan Trading Card untuk kalian yang menuntut kesempurnaan bermain.

Final-Fantasy-VI-4

Final Fantasy VI sendiri pertama kali dirilis untuk Super Nintendo tahun 1994 lalu. Remake pertamanya diberikan untuk Sony PlayStation One lima tahun kemudian. Berlanjut untuk GameBoy Advance pada tahun 2006, lalu mobile pada tahun 2014, dan kini berakhir di PC. Belum diketahui bakal dijual berapa oleh Square Enix, mungkin, akan setara seperti versi mobilenya, sekitar Rp. 150 ribuan. Penulis yakin, siapa pun yang mengenal Final Fantasy VI, tidak akan ragu memainkannya kembali walaupun harus merogoh kocek cukup dalam. Ini adalah Final Fantasy dengan jalan cerita terbaik, dan yang paling menggugah emosi.

Dissidia-Final-Fantasy-A-5
Kami masih menunggu Terra dibangkitkan kembali dengan visual 3D proporsional seperti ini!

Final Fantasy VI PC Remake


SHARE
Previous articleAssassin’s Creed Chronicles: India dan Russia Rilis Awal 2016, Juga untuk PS Vita!
Next article10 Teori Gila Star Wars The Force Awakens dari Fans!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.