RESMI! Hideo Kojima Tinggalkan Konami, Kini Gabung dengan Sony!

Hideo Kojima Tinggalkan Konami

Resmi! Hideo Kojima tinggalkan Konami. Kini dia membentuk tim indie baru dan mengembangkan game untuk PS4!

MGS V Dinobatkan Sebagai Best Action/Adventure Game, Konami Larang Kojima Untuk Terima Penghargaan!

MGS V berjaya pada The Game Awards 2015, tetapi sayangnya sang kreator Hideo Kojima dilarang oleh Konami untuk menerima penghargaan pada event tersebut.
Baca Juga

Kisruh yang terjadi antara Hideo Kojima dengan Konami memang sudah bergulir selama beberapa bulan terakhir. Diawali dengan dihilangkannya eksistensi Kojima Productions di semua materi promosi Metal Gear Solid (MGS) V, hingga yang masih hangat Konami melarang Kojima untuk menerima penghargaan saat MGS V didapuk menjadi Best Action/Adventure game dalam The Game Award 2015 kemarin adalah beberapa contohnya.

Namun, semua “kisruh” yang terjadi antara Konami dan Kojima akhirnya berakhir kemarin. Per tanggal 15 Desember 2015, Konami sudah resmi memutus kontraknya, dan resmi Hideo Kojima tinggalkan Konami. Hal ini disampaikan Kojima dalam salah satu posting di akun Twitter resminya dan juga sudah dikonfirmasikan secara resmi oleh Konami lewat press release yang mereka kirim ke media. Kabar mengenai Hideo Kojima tinggalkan Konami dan bergabung dengan Sony ini sendiri sebenarnya sempat bocor sehari sebelumnya, sebelum akhirnya dikonfirmasikan sendiri oleh kedua belah pihak.

Hal ini memunculkan tanda tanya besar di kalangan penggemar: Ke mana selanjutnya Kojima akan berlabuh?

Hideo Kojima Tinggalkan Konami
Logo baru Kojima Productions

Tidak perlu waktu lama untuk mengetahui tujuan selanjutnya dari Hideo Kojima. Hanya berselang beberapa jam setelah konfirmasi “putus hubungan” Konami dan Kojima, Sony pun mengkonfirmasikan bahwa mereka sudah menggandeng Kojima untuk menggarap game eksklusif untuk PS4! Hal ini disampaikan secara langsung oleh bos Sony Computer Entertainment, Andrew House dalam sebuah video berikut.

Dan di video ini, Kojima pun juga muncul!

Kojima muncul dalam video ini dan mengkonfirmasikan bahwa dia sudah membentuk sebuah tim indie baru (masih dalam bendera Kojima Productions) untuk bekerja, dan judul pertama yang dikembangkan ini akan menjadi judul eksklusif untuk PS4. Apakah seri MGS baru?

Ternyata tidak! Meskipun dalam video ini Andrew House mengungkapkan bahwa MGS merupakan salah satu bagian penting dari sejarah PlayStation, namun Kojima sudah memastikan bahwa judul yang tengah dikembangkannya ini merupakan franchise baru dan tidak ada hubungannya dengan MGS sama sekali.

hideo kojima tinggalkan Konami
Kojima (kiri) dan Guillermo del Toro. Keduanya bakal berkolaborasi lagi?

Sony sendiri sangat antusias dalam menyambut kerja sama dengan salah satu maestro di dunia game ini. Yang menarik untuk ditunggu tentu akan seperti apa game yang dikembangkan Kojima dan timnya untuk PS4 ini? Apakah mungkin akan melanjutkan proyek Silent Hills bersama Guillermo del Toro yang sebelumnya sempat booming dan akhirnya dibatalkan pengembangannya oleh Konami?

Selamat menempuh hidup baru, Kojima!


SHARE
Previous articleNASA dan Sony Bekerjasama Membawa PlayStation VR ke Luar Angkasa
Next articleTahu Gak, Manga OPM Sebenarnya Adalah Sebuah Animasi!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.