Apple Kecolongan? Pocket Master Saga, Game Tiruan Pokémon, Dijual di App Store!

Pocket-Master-Saga-1

Baru-baru ini sebuah game pertarungan monster berjudul Pocket Master Saga dirilis di Apple App Store. Membaca judulnya, kalian mungkin sama seperti kami, langsung teringat pada Pokémon, yang tidak lain menjadi kependekan dari Pocket Monster. Melihat studio yang mengembangkannya, yaitu DNA Games, kita mungkin juga langsung terbesit dengan DeNA, perusahaan game mobile yang awal tahun ini diketahui berpartner dengan Nintendo untuk mengembangkan game mobile. Namun eksistensi Pocket Master Saga di App Store ini membuat kami bertanya-tanya, apakah Apple memang sengaja meloloskannya masuk ke App Store mereka, meskipun jelas-jelas (walaupun genrenya berbeda sih!) banyak sekali kemiripannya dengan Pokémon, khususnya desain monsternya, dan juga para karakternya. Memang ada banyak game mobile yang mengkloning Pokémon eksis di Apple App Store dan Google Play Store. Entah sekadar menggunakan kata Monster pada judulnya, antar muka gameplay-nya, konsep mengumpulkan monster untuk bertarung, atau bisa juga beberapa desain monsternya yang agak mirip dengan Pokémon. Namun belum ada yang segamblang ini.

Pocket-Master-Saga-4

Baik judul, ide ceritanya, dan desain karakter serta monsternya. Bayangkan saja, kalian melihat Charmander, Haunter, Bulbasaur, hingga Sandshrew di sini. Bahkan para karakter dari seri game / anime Pokémon juga kalian temui di sini, sampai Professor Oak pun juga eksis, dengan sedikit variasi pada penampilannya. Setidaknya kalian penggemar Pokémon pasti mengenali karakter seperti Ash / Red, Gary / Blue, julukan Team Rocket, bahkan Brock, dan Misty ada di sini. Variasi mereka dengan ikon alsinya dalam serial Pokémon sangat minim (profesor di sini memiliki kumis).  Siapa pun akan salah mengenali mereka sebagai karakter dari seri game aslinya, Pokémon. Desain Pokeball-nya pun juga kalian temui di sini lho!

Pocket-Master-Saga-5

Jika Apple sendiri meloloskan game yang sangat mirip dengan Pokémon ini ke App Store mereka, maka tinggal publik yang mendengar suara Nintendo yang bakal menindaknya. Mengingat baru seminggu lalu game ini dirilis di App Store, sepertinya masih menunggu waktu saja. Apa yang menyelamatkan Pocket Master Saga hanya deskripsinya di App Store, yang memang tidak akan membuat kalian teringat pada Pokémon, plus juga ikon game ini. Dan oh ya, pertarungannya juga berbeda dari tipikal game Pokémon. Ketika kalian tidak berkeliling di hub world (seperti tipikal game mobile online gratisan lainnya yang berbasis mengumpulkan monster) berbicara dengan NPC untuk mendapatkan quest, maka kalian kemungkinan besar berada di field map dan bertarung. Selama pertarungan, monster tersebut menyerang bersamaan, tidak satu-per-satu bergantian seperti pada Pokémon pada umumnya. Serangan mereka sekadar serangan biasa, atau, sentuh kartu di sisi bawah layar untuk melancarkan serangan yang lebih kuat.

Pocket-Master-Saga-3

Untuk sebuah kloningannya Pokémon, developer Pocket Master Saga terkesan malas mendesain karakter dan monster sendiri. Bahkan ide cerita dan settingnya sangat mirip dengan Pokémon. Gameplay-nya pun terlalu generik, banyak kloningan Pokémon lainnya yang lebih adiktif, seperti Beastie Bay, Bulu Monster, atau Zenforms. Namun jika kalian ingin sekadar mencoba saja, agar tahu seperti apa kloning terparah Pokémon ini, langsung saja mengunduh Pocket Master Saga melalui Apple App Store.

Pocket-Master-Saga-6


SHARE
Previous articleTrailer Fantastic Beasts And Where To Find Them – Petualangan Terbaru di Universe Harry Potter!
Next articleSD Gundam G Generation Baru Diumumkan Untuk PS3, PS4, dan PS Vita!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.