Ini yang Perlu Kalian Ketahui dari Private Actions dalam Star Ocean: Integrity and Faithlessness

Star-Ocean-Integrity-22

Square Enix Konfirmasikan Karakter Star Ocean 5, dan Bonus Musik Valkyrie Profile

Hanya musiknya, padahal penggemar Valkyrie Profile lebih mengharapkan ada seri game barunya...
Baca Juga

Private Action merupaka fitur yang selalu muncul dalam setiap seri Star Ocean. Private Action memperlihatkan pada kalian adegan khusus antara karakter utama dan anggota party, dan selama event yang terjadi, kalian bisa mendapati beberapa hal, seperti, ikatan antar anggota party yang semakin kuat, menentukan ending karakter tertentu di akhir permainan, dan banyak hal lainnya yang dipengaruhi selama berlangsungnya Private Action. Selain itu, terkadang kemampuan tertentu karakter, dan item langka, juga hanya bisa kalian dapatkan selama Private Action. Dalam setiap seri Star Ocean, bagaimana Private Action terjadi mengalami perkembangan. Selama game pertama dan keduanya, Private Actions terjadi secara otomatis, di luar kota atau dungeon. Dalam Star Ocean: The Second Story/Second Evolution, bahkan lebih banyak scene kalian temui, serta melibatkan NPC. Perkembangan pertama Private Action dalam Star Ocean: Blue Sphere, adegannya otomatis terjadi, namun hanya karakter yang berada di luar tim aktif party yang bisa memicunya, dengan adegannya terjadi baik di kota, field map, bahkan di tengah dungeon. Dalam dua seri terakhir Star Ocean, Private Action justru mengalami kemunduran. Selama Star Ocean: Till the End of Time justru lebih jarang, dan hanya terjadi otomatis selama karakter berada di tengah kota. Sedangkan dalam Star Ocean: The Last Hope, Private Actions hanya bisa dipicu di Calnus, serta bisa terjadi selama perjalanan jauh karakter mengarah ke suatu tujuan. Bagaimana Private Action terjadi dalam seri Star Ocean terbaru, Star Ocean: Integrity and FaithlessnessSquare Enix sudah menjelaskannya.

Star-Ocean-Integrity-11 Star-Ocean-Integrity-12

Kali ini Private Action dipicu berdasarkan progress cerita kalian, dan juga Affection Rating antar karakter. Topik yang diangkat selama Private Action juga bervariasi, bergantung pada Affection Rating. Mulai dari yang berhubungan dengan subyek cerita, percakapan ringan sehari-hari, atau bahkan sampai membahas rahasia satu karakter. Dengan melakukan Private Action, kalian bisa saja membuka role baru, dan juga ability untuk karakter.

Star-Ocean-Integrity-17 Star-Ocean-Integrity-16

Star Ocean 5 Bakal Kembalikan Momen Pertarungan Terbaik dalam Dunia RPG

Lupakan pertarungan membosankan saling menunggu giliran dalam tipikal RPG klasik, di sini semuanya berjalan sangat cepat dan instan...
Baca Juga

Mengenai Affection Rating, fitur ini mengubah dan mempengaruhi Private Action yang terjadi. Affection Rating setiap karakter berbeda-beda terhadap karakter utama, yaitu Fidel. Ratingnya bakal berubah antar anggota party seiring kalian memainkan game ini, serta sudah menjalankan Private Action lain sebelumnya. Rating ini dengan karakter lain, akan mempengaruhi topik pembicaraan dan pengembangannya selama Private Action, sampai event, pertarungan, serta bahkan ending game ini. Misalnya, selama pertarungan, karakter dengan Affection Rating tinggi kepada karakter lain bakal lebih berpotensi mendukungnya. Ketika karakter yang didukung tersebut KO, mereka bisa marah, dan meningkat kekuatan serangannya, dengan mengubah aksi mereka selama pertarungan.

Star-Ocean-Integrity-18 Star-Ocean-Integrity-15

Bagaimana Private Action bisa diakses dalam Star Ocean: Integrity and Faithlessness? Kalian bisa mendapati simbol peluit di mini-map selama permainan, serta ketika kalian mencapai lokasi simbol tersebut berada, dan memasuki lingkaran dimana peluit itu eksis, maka Private Action bakal dimulai. Terkadang, bakal muncul ikon pesan pada mini-map. Ketika kalian dekati lokasi tersebut, di sana ada karakter tertentu yang bisa kalian dekati dan memicu Private Action. Selama Private Action, respon kalian bakal mempengaruhi Affection Rating, sekaligus juga isi dari Private Action yang akan mengiringinya nanti. Melalui Private Action, kalian bisa menyelami lebih dalam seorang karakter secara pribadi, bahkan kalian bisa saja membangkitkan sifat aslinya.

Star-Ocean-Integrity-19 Star-Ocean-Integrity-20

Private Action tidak hanya terjadi di tengah kota saja. Seiring perjalanan dan perkembangan cerita, meningkatnya Affection Rating, dan entah apakah karakter tertentu ada di lokasi tersebut, tidak seperti Private Action yang umumnya di kota, kalian bisa saja memicu Private Action selama perjalanan.

Skill Miku, Reserve Rush (Arcadia), mampu pulihkan HP dan sttaus merugikan untuk semua tim.
Skill Miku, Reserve Rush (Arcadia), mampu pulihkan HP dan sttaus merugikan untuk semua tim.

Lebih Dekat dengan Fiore Burnelli, Penyihir Montok Star Ocean 5

Muda, cantik, cerdas, dan montok... inikah wanita paling sempurna di dunia Star Ocean?
Baca Juga

Pertengahan April 2015 lalu tri-Ace resmi mengkonfirmasikan Star Ocean Integrity and Faithlessness untuk PlayStation 4, dan juga PlayStation 3. Bahkan tri-Ace sendiri mengaku jika game ini dikembangkan dengan basis PS3, sedangkan versi PS4-nya justru menjadi port saja. Game yang secara timeline duduk di posisi keempat setelah Star Ocean: The Second Story dan sebelum Star Ocean: Till the End of Time berlangsung ini disebutkan bakal membawa nostalgia pada penggemar lama serial ini. Dan karena itulah logo gamenya mengingatkan penggemar pada logonya Star Ocean 3. Selama TGS 2015, Square Enix memastikan kapan Star Ocean: Integrity and Faithlessness di pasar Barat ini bakal dirilis. Square Enix sudah mematok tanggal 31 maret 2016 di Jepang untuk PS4 dan PS3 (bukan akhir tahun ini seperti kabar sebelumnya). Sedangkan untuk versi Baratnya, seperti yang kita tahu Square Enix hanya bakal merilis versi PS4-nya saja. Sayangnya, Star Ocean: Integrity and Faithlessness di Barat belum mendapatkan tanggal rilis yang pasti. Hanya saja, sebelumnya Square Enix sudah mengkonfirmasikan bahwa versi translasi dari game ini akan hadir pada tahun 2016 juga.

Skill Miki lainnya, Guard Counter (Overwhelm), menggunakan tongkatnya, Miki mengempaskan musuh dengan gelombang energi, yang menciptakan jarak dengannya. Dia bisa ikuti dengan serangan berbasis sihir Spellmark (baca ulasan kami sebelumnya mengenai Spellmark ini).
Skill Miki lainnya, Guard Counter (Overwhelm), menggunakan tongkatnya, Miki mengempaskan musuh dengan gelombang energi, yang menciptakan jarak dengannya. Dia bisa ikuti dengan serangan berbasis sihir Spellmark (baca ulasan kami sebelumnya mengenai Spellmark ini).

Selama TGS 2015, selain trailer barunya yang cukup panjang, Square Enix juga memberikan sedikit penjelasan untuk 5 orang karakter utama game ini, serta juga setting, dan sistem pertarungannya. Kalian bisa membuka ulasan kami sebelumnya mengenai setting-nya, kemudian juga informasi baru untuk karakternya (yang desainnya diserahkan pada Akira “Akiman” Yasuda, desainer karakter Brave Story: New Traveler, Red Dead Revolver, X-Men vs. Street Fighter), serunya sistem pertarungannya, dua karakter baru lainnya dan juga mengenai sistem Role selama pertarungandan terakhir mereka juga memberikan tambahan informasi mengenai Lilia, salah satu karakter yang selalu nongol di tengah material promo game ini, namun dia bukanlah karakter playable, mengindikasikan pentingnya peranannya di tengah cerita.

Star-Ocean-Integrity-21 Star-Ocean-Integrity-14 Star-Ocean-Integrity-13 Star-Ocean-Integrity-10 Star-Ocean-Integrity-7


SHARE
Previous articleSerunya Video Terbaru RPG Luar Angkasa Star Ocean: Integrity and Faithlessness
Next articleTeaser Anime Itachi Shinden Ini Tampak Solid!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.