The Force Awakens Sukses Memecahkan Rekor Box Office!

Star Wars The Force Awakens Kylo Ren - Rekor Box office dunia

Baru beberapa bulan lalu Jurassic World memecahkan berbagai rekor box office di Amerika, menunjukkan kalau para dinosaurus masih bisa menyerap penonton dengan mudah. Belum 2015 berakhir, para makhluk prehistoris itu ternyata harus menghadapi kekuatan yang lebih besar: para pengguna lightsaber dari Star Wars: The Force Awakens!

Gambar Konsep Civil War Ini Menampilkan Pertempuran Epik Antara Superhero!

Begini sepertinya duel-duel besar yang akan terjadi di Captain America: Civil War nanti!
Baca Juga

Kabar ini berdasarkan informasi dari situs paling terpercaya untuk urusan rekor box office: Box Office Mojo. Sejak penayangan di Amerika hari Kamis pekan lalu, The Force Awakens sudah sukses mencetak rekor dengan meraup 57 juta dolar, dengan mudah melebihi pemegang rekor sebelumnya: Harry Potter and the Deadly Hallows Part 2 yang sempat bertahan lama dengan pendapatan 43.5 juta dolar.

Dari sana, The Force Awakens tak terhentikan. Film ini kemudian berhasil meraih juga rekor box office Amerika untuk pendapatan pekan pertama dengan memperoleh 238 juta dolar! Bahkan Jurassic World pun hanya dapat memperoleh 208.8 juta dolar di pasar Amerika, jadi kekuasaan Star Wars di negeri Paman Sam itu pun benar-benar tak terbantahkan.

Selain dua rekor tersebut, The Force Awakens juga berhasil memecahkan rekor box office  untuk film tercepat yang berhasil mencapai angka pendapatan 100 juta dolar lebih. Yang dihitung untuk angka ini adalah pendapatan sejak hari pertama, tanpa menghitung penayangan Kamis. Dan di hari pertama saja The Force Awakens berhasil memperoleh 120.5 juta dolar, melampaui pemegang rekor pertama yakni Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 yang hanya kurang sedikit saja dari rekor tersebut: 91 juta dolar.

Trailer Star Wars The Force Awakens - Han SoloAlan Horn, pimpinan dari studio Walt Disney, langsung mengucapkan terima kasih kepada fans untuk pencapaian ini. Terutama untuk mereka yang berhasil menutup mulut untuk meminimalisir jumlah spoiler sebelum filmnya tayang.

“Our sole focus has been creating a film that delivers that one-of-a-kind Star Wars experience, and director J.J. Abrams, Lucasfilm President Kathleen Kennedy, and the Lucasfilm team have outdone themselves… to all of the fans around the world who not only came out in Force to make this such an exciting and astronomical debut but who treated this film as their own and helped preserve the experience for their fellow fans by not spoiling it – thank you, we do.”

Itu baru pendapatan The Force Awakens secara domestik di Amerika. Bagaimana dengan dunia? Sebenarnya pendapatan The Force Awakens secara global pun sangat fantastis yakni 517 juta dolar. Namun itu berarti Finn dan Rey masih kalah tipis dari popularitas para dinosaurus Jurassic World, yang masih memegang rekor di kategori dunia lewat pendapatan 524.9 juta dolar.

Tapi selisih itu sendiri sangat tipis dari Jurassic World. Jadi, bila film ini mampu bertahan dengan kokoh di tangga box office, mungkin The Force Awakens masih punya harapan meraih rekor box office tertinggi: pendapatan terbesar secara global dan domestik, dua-duanya dikuasai oleh Avatar.


SHARE
Previous articleSummon Night 6: Lost Borders, Ajang Reuni Para Karakter Game Summon Night
Next articleSeperti Apa Peran Kanjiklub di Star Wars: The Force Awakens?
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.