10 Game PC Terbaik 2015

game pc terbaik 2015

Berikut adalah daftar 10 game PC terbaik 2015 versi Duniaku!

Tahun 2015 akan segera berakhir. Selama satu tahun ini, para pemilik PC dimanjakan dengan berbagai game berkualitas, baik game-game yang multiplatform, maupun yang eksklusif hadir untuk PC. Jangan lupakan juga karya dari beberapa developer indie, yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan dengan karya developer-developer besar. Diantara sekian banyak game berkualitas yang hadir di PC, kali ini Duniaku memberikan daftar sepuluh game PC terbaik 2015 yang layak menyandang gelar Game of The Year versi kami. Oiya, kami tidak membuat daftar ini berdasarkan ranking yang terbaik. Jadi bukan berarti game yang bernomor kecil lebih baik dibandingkan game yang bernomor lebih besar. Apa saja game PC terbaik selama setahun terakhir? Yuk langsung kita simak!


1

Grand Theft Auto V (Rockstar Games)


game pc terbaik 2015

Salah satu game terbaik dekade ini. Di manapun platform perilisannya, Rockstar berhasil menyajikan pengalaman bermain yang maksimal untuk para gamer-nya. Termasuk saat dirilis untuk PC tahun 2015, dimana game ini memberikan banyak tambahan fitur baru seperti sudut pandang first person saat bermain, hingga Rockstar Editor dan Director Mode yang bisa membuat pemain serasa menjadi sutradara film Hollywood. Jangan lupakan juga, besarnya komunitas game PC pun membuat game ini memiliki banyak mod menarik, seperti mod grafis 4K yang membuat grafis game ini menjadi lebih nyata!


2

The Witcher 3: Wild Hunt (CD Projekt RED)


game pc terbaik 2015

Ekspektasi yang tinggi terhadap The Witcher 3: Wild Hunt akhirnya dibayar lunas oleh CD Projekt RED. Dunia yang sangat luas (30 kali lebih luas dibandingkan The Witcher sebelumnya!), grafis yang memukau, hingga side quest yang tidak kalah seru dibandingkan quest utamanya membuat game ini layak menempati salah satu game PC terbaik 2015. CD Projekt RED juga tidak main-main dalam menyediakan waktu gameplay yang cukup panjang untuk game ini, mencapai ratusan jam dan itupun belum termasuk ekspansi Hearts of Stone yang dirilis kuartal akhir 2015 kemarin.


3

Life Is Strange (Dontnod Entertainment)


game pc terbaik 2015

Dua tahun lalu, nama Dontnod Entertainment dikenal lewat Remember Me, dan Life is Strange ini merupakan karya kedua mereka. Mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengan menawarkan gameplay episodik ala game-game Telltale Games, Life is Strange benar-benar salah satu game PC terbaik 2015. Meskipun tidak menghadirkan puzzle seintensif game-game Telltale Games, namun narasi dan juga konsekuensi pengambilan keputusan dari Life is Strange benar-benar dipoles dengan sangat baik. Kisah yang membuat penasaran dari satu episode dan episode lain, dan juga soundtrack yang sangat sesuai dengan tema juga menambah nilai dari game ini.


4

Undertale (Tobyfox)


game pc terbaik 2015

Pertama kali melihat grafis game ini, mungkin kamu akan sedikit meremehkannya. Grafis minimalis, baik dari segi detail maupun warna. Namun jangan salah, Undertale merupakan sebuah RPG yang menawarkan banyak twist menarik selama permainan. Dengan mengusung jargon sebagai RPG dimana kamu tidak perlu membunuh siapapun, Undertale sedikit menyelesaikan masalah sistem pertarungan repetitif yang seringkali dihadapi oleh RPG-RPG kebanyakan. Bukan hanya itu, narasi pun digarap sangat baik oleh sang developer, penuh dengan humor-humor yang tidak “garing” dan bisa disebut salah satu game dengan narasi terbaik tahun ini.


5

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain (Kojima Productions)


game pc terbaik 2015

Sebagai karya terakhirnya bersama Konami, Kojima Productions pun benar-benar all out dalam menggarap game ini. Bahkan bisa disebut inilah karya MGS terbaik yang pernah dibuat oleh Kojima, dan juga game stealth terbaik sepanjang masa. Kebebasan dalam menjalankan dan menyelesaikan misi membuat strategi dalam bermain masing-masing gamer berbeda satu dengan lainnya. AI yang lebih pintar dan “awas” dalam mendeteksi kehadiranmu juga membuat game ini semakin menantang. Jangan lupakan juga, penggunaan FOX Engine yang memukau, dan bisa menjadi tulang punggung game-game Kojima selanjutnya bersama Sony kelak.


6

Ori and The Blind Forest (Moon Studios)


game pc terbaik 2015

Satu hal yang menyita perhatian saat pertama kali melihat game ini adalah grafis ala lukisan yang sangat indah plus efek-efek 3D yang tidak kalah memukau. Game ini juga berhasil “mencampur aduk” beberapa genre dengan sangat baik, mulai dari platformer Metroidvania hingga sedikit elemen-elemen RPG di dalamnya. Gameplay platformer dan elemen puzzle yang disediakan juga cukup susah, namun sangat menantang. Bermain game ini serasa bermain metroidvania klasik, namun dengan sentuhan yang lebih modern dan indah.


7

Pillars of Eternity (Obsidian Entertainment)


game pc terbaik 2015

RPG PC dengan sudut pandang isometrik pernah mencapai masa-masa jayanya di era 1990-an atau di era kemunculan Baldur’s Gate. Pillars of Eternity yang dirilis berkat kampanye di Kickstarter ini berhasil membawa gamer untuk kembali bernostalgia ke era tersebut. Sejak awal memainkan game ini saja, gamer sudah dipukau dengan sistem character creation yang sanggup memaku mereka berjam-jam. Meskipun banyak membawa nuansa nostalgia, namun Pillars of Eternity berhasil menyajikan banyak fitur menarik dan juga sistem pertarungan yang lebih modern dan menantang.


8

Fallout 4 (Bethesda Game Studios)


game pc terbaik 2015

Fallout 4 hadir dengan skala yang lebih besar dibandingkan Fallout 3, dan langsung menjadi bahan perbincangan saat dirilis kemarin. Dunia, elemen eksplorasi, fitur crafting dan juga kisah dari game ini dipoles dengan sangat baik, menjadikannya sebagai salah satu game RPG sandbox terbaik tahun 2015. Game ini juga memiliki elemen pemilihan keputusan yang digabungkan dengan baik melalui narasi-narasinya, sehingga membuat replay value dari game ini menjadi sangat tinggi.


9

Kerbal Space Program (SQUADTeam)


game pc terbaik 2015

Sebagai salah satu orang yang mengagumi dunia astronomi, Kerbal Space Program adalah salah satu game yang bisa penulis mainkan. Kerbal Space Program benar-benar mengingatkan kita akan ambisi manusia yang sangat tinggi untuk mencapai dan menjelajah luar angkasa, namun dikemas dengan cara yang sangat fun. Setengah game memiliki elemen konstruksi yang kental, dan setengah game lainnya menghadirkan simulasi luar angkasa membuat game ini tidak diragukan lagi adalah salah satu game PC terbaik 2015.


10

The Binding of Isaac: Afterbirth (Nicalis)


game pc terbaik 2015

Setelah tahun lalu Rebirth yang masuk jajaran game PC terbaik, kini giliran seri lainnya dari The Binding of Isaac, Afterbirth yang melengkapi daftar 10 game PC terbaik 2015. Ciri khas replay value yang tinggi masih dipertahankan Nicalis dalam game ini. Tidak banyak perubahan dari segi grafis, dan juga grafisnya mungkin tidak memukaumu. Namun, Afterbirth sanggup memainkan emosimu, antara senang, frustasi, hingga sedih kehilangan item di tengah permainan.

Kalau menurut citizen, apa sih game PC terbaik 2015 ini? Share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleSaingan Saitama, di DotA Juga Ada One Punch Tusk!!
Next articleTrailer Baru Deadpool Semakin Menjelaskan Plot Filmnya!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.