4 Teori Asal Usul Rey di Star Wars The Force Awakens

asal usul rey di star wars the force awakens

Bagaimana asal usul Rey di Star Wars The Force Awakens? Siapa orang tuanya? Berikut empat teori yang mungkin!

10 Pertanyaan Terbesar Star Wars The Force Awakens yang Belum Terjawab [SPOILER!]

10 pertanyaan terbesar Star Wars The Force Awakens yang masih belum terjawab sampai akhir film. Kemungkinan, semuanya bakal terjawab di film selanjutnya.
Baca Juga

Sudah menonton Star Wars The Force Awakens? Beberapa dari kamu yang sudah menonton film ini mungkin memiliki banyak pertanyaan di kepala. Sepuluh diantaranya sudah kami tuliskan di artikel kami sebelumnya. Wajar jika ada banyak pertanyaan di kepalamu setelah menonton film ini, karena memang masih banyak misteri yang akan dibuka pada sekuel film ini selanjutnya.

Dari sekian banyak pertanyaan yang ada di kepalamu, pertanyaan terbesar mungkin ada dalam sosok Rey, sang protagonis utama film ini yang diperankan oleh Daisy Ridley. Siapa dia sebenarnya? Mengapa dia memiliki Force yang sangat kuat di dalam dirinya, bahkan Kylo Ren saja sulit untuk menaklukkannya? Mengingat hubungan keluarga merupakan salah satu ciri khas dari Star Wars, asal usul Rey di Star Wars The Force Awakens kemungkinan besar tidak jauh dari karakter-karakter dari trilogi sebelumnya.

Misteri ini membuat banyak fans membuat berbagai macam teori mengenai asal usul Rey. Siapa sih sebenarnya orang tua dari Rey? Berikut adalah lima teori yang cukup masuk akal dari para fans, dan kemungkinan salah satunya akan jadi kenyataan di Episode VIII atau Episode IX nanti. Ingat, artikel ini mengandung SPOILER, jadi usahakan kamu menonton filmnya terlebih dahulu sebelum membacanya ya!

SPOILER ALERT!


1

Rey adalah Saudara Kembar dari Ben/Kylo Ren?


asal usul rey di star wars the force awakens

Dengan kata lain, Rey adalah putri dari Han Solo dan Leia. Keduanya sempat menjadi padawan (murid) dari Luke Skywalker saat masih kecil, sebelum akhirnya Ben jatuh ke dark side dan berubah menjadi Kylo Ren. Force yang dimiliki oleh Rey tentu didapat dari Leia, yang masih keturunan dari Anakin Skywalker alias Darth Vader.

Selain memiliki Force yang kuat dari Anakin, Rey juga tampak sangat mirip dengan Han Solo. Masih ingat dengan pembicaraan keduanya yang sangat “nyambung” saat membicarakan Millenium Falcon? Rey tampak benar-benar keturunan Han yang sempurna. Selain itu, saat bertemu dengan Leia di akhir film, tampak Rey yang memeluk Leia dengan erat, seolah-olah dia adalah ibunya.

asal usul rey di star wars the force awakens
Rey bersama ayahnya?

Yang jadi pertanyaan, mengapa Rey tidak mengenal Han dan Leia sebagai ibunya? Kemungkinan besar, saat Kylo Ren mulai jatuh ke dark side, Luke mengasingkan Rey ke Jakku dan menghapus ingatannya agar tidak terkena pengaruh dari Kylo Ren. Fakta bahwa Kylo Ren yang sepertinya sudah mengenal Rey semakin memperkuat dugaan ini. Lalu, mengapa Han dan Leia tidak mengenal Rey? Kemungkinan, Rey sudah dititipkan ke Luke sejak masih sangat kecil untuk dilatih menjadi Jedi, sebelum akhirnya Kylo Ren jatuh ke dark side dan Luke mengasingkan diri.

Kisah kembar keturunan Han Solo-Leia ini juga terjadi di Expanded Universe, dimana Han-Leia memiliki keturunan bernama Jacen dan Jaina Solo, dimana Jacen akhirnya jatuh ke dark side, dan Jaina di light side.


2

Rey adalah.. Putri dari Luke?


asal usul rey di star wars the force awakens
Tiga generasi Skywalker?

Tidak bisa dipungkiri lagi, sebagai Jedi terakhir Luke memiliki Force yang sangat kuat. Dan mungkin saja, hal tersebut diturunkan kepada putrinya, yang tidak lain adalah Rey. Fakta kedua, Rey mendapatkan “panggilan” dari Lightsaber Luke (yang sebelumnya milik Anakin) dan melihat banyak citra, salah satunya Luke dengan R2-D2. Ketiga, saat Rey datang, R2-D2 tiba-tiba langsung “hidup” dari tidur panjangnya, entah itu merasakan trah Skywalker tengah berada di dekatnya, ataupun hanya merasakan lightsaber yang dibawa oleh Rey. Dan fakta terakhir, di akhir film Rey-lah yang diutus untuk menemui Luke di pengasingannya.

Namun, teori ini memiliki banyak kelemahan. Force tidak melulu kuat di trah Skywalker saja. Mungkin Rey adalah salah satu padawan dari Luke, namun bukanlah putrinya. Kedua, R2-D2 mungkin merasakan kehadiran master-nya dari lightsaber yang dibawa, karena R2-D2 sendiri sebelumnya adalah milik Anakin, dan kemudian dimiliki Luke. Ketiga, yang “dipanggil” oleh Lightsaber tersebut adalah Rey, jadi sudah menjadi kewajibannya bukan untuk mengembalikannya?

asal usul rey di star wars the force awakens

Jika memang Rey putri dari Luke, siapa ibunya? Di Expanded Universe, Luke menikah dengan salah satu karakter populer, Mara Jade. Namun Expanded Universe tidak lagi kanon, dan sepertinya teori ini kemungkinannya sangat kecil. Kemungkinan terbesar, Rey hanyalah salah satu padawan dari Luke, bukan putrinya. Mungkin putri Han-Leia, ataupun putri orang lain.


3

Rey adalah.. Keturunan Kenobi?


asal usul rey di star wars the force awakens

Dengarkan baik-baik (jika masih belum mendengarnya, sepertinya kamu harus menonton film ini lagi!) suara saat Rey mendapatkan “panggilan” dari Lightsaber. Salah satunya, ada suara Obi Wan Kenobi (disuarakan oleh Ewan McGregor, pemeran Obi Wan muda) yang memanggil namanya, dan menyebutkan bahwa ini adalah langkah awalnya. Mungkinkah Rey adalah cucu dari Obi Wan?

asal usul rey di star wars the force awakens

Teori mengenai Rey yang keturunan Kenobi mungkin masih sangat samar, mengingat kita tidak pernah melihat atau mendapatkan cerita mengenai siapa istri Kenobi di dalam filmnya. Namun “panggilan” dari Obi Wan ini memperkuat teori nomor dua, bahwa Rey adalah putri dari Luke. Sudah sekian lama Kenobi adalah master dari trah Skywalker, mulai dari Anakin hingga Luke. Jadi, apakah ini adalah “panggilan” lain Kenobi kepada generasi ketiga Skywalker?


4

Rey Hanya Scavenger Biasa?


asal usul rey di star wars the force awakens

Yap benar, Rey bukanlah keturunan dari salah satu karakter generasi lama Star Wars. Dia hanyalah seorang scavenger biasa, yang hidup sederhana di Jakku, mengumpulkan rongsokan dan menjualnya untuk tetap bertahan hidup. Siapa orang tuanya memang masih misteri, namun bukan salah satu karakter yang kita kenal.

Lantas, darimana dia mendapatkan Force?

Sesuai judulnya The Force Awakens, Force dikisahkan “bangun” kembali untuk menyeimbangkan kehidupan di galaksi. Ketika galaksi terancam dengan kebangkitan dark side dan juga menghilangnya Jedi terakhir (Luke), Force pun melahirkan satu generasi baru yang diharapkan bisa menyeimbangkannya kembali. Seperti Anakin Skywalker, kemungkinan Rey lahir tanpa adanya figur seorang ayah. Dan Rey juga seperti Anakin, bukan keturunan dari siapa-siapa dan hanya seorang anak biasa yang memiliki Force kuat.

asal usul rey di star wars the force awakens

Rey pun akhirnya diangkat menjadi padawan oleh Luke dan mulai melatihnya menjadi Jedi. Lantas karena “terancam” dengan Knights of Ren, Luke pun mengasingkannya ke Jakku dan berharap suatu saat nanti saat Rey dewasa, Rey bisa kembali menyeimbangkan Force dan menghadirkan kedamaian di galaksi.

Cukup masuk akal bukan?

Ada teori lain yang kamu miliki mengenai asal usul Rey di Star Wars The Force Awakens? Silahkan share di kolom komentar ya!


SHARE
Previous articleKuasai Ilmu Kung Fu dari Game Mobile Age of Wushu Dynasty
Next article10 Game Xbox One Terbaik 2015
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.