Why Table Top Games? Kenali 8 Trading Card Game yang Eksis di Indonesia

Trading Card Game TCG

Tabletop game adalah sebuah istilah yang mengacu pada boardgames, cardgames, dicegames, miniatures, wargames, tile based games dan permainan lainnya yang dimainkan di atas meja atau bidang datar lainnya.

Dengan  berkembangnya jaman, tabletop games  tradisional seperti remi, catur dan monopoly mulai ditinggalkan dan beralih pada permainan elektronik atau video games dan table top modern.

Salah satu jenis dari tabletop games adalah trading card games (TCG) dan living card games (LCG).

Perbedaan keduanya terletak pada konten yang diberikan.

Untuk TCG, sesuai dengan namanya kartu yang terdapat di dalam kategori ini dapat ditukar dengan kartu lain dengan harga yang sebanding. sehingga untuk koleksi, seorang kolektor dapat menukarkan kartu yang dia miliki dan berlebih dengan kartu lain yang dia butuhkan.

Untuk LCG, sedikit berbeda dengan TCG, LCG memiliki system yang disebut “core set” atau set pertama yang menjadi acuan player. Dari core set tersebut player dapat membeli set berikutnya sesuai kebutuhan dia. Isi dari tiap set tersebut memiliki kesamaan dalam komposisi dan juga isi, sehingga sistem tukar menukar kartu jarang terjadi dalam LCG.

Bentuk tabletop lain adalah board game, suatu bentuk permainan yang di dalamnya terdapat pion, papan permainan dan terkadang kartu. Boardgame umumnya memiliki tema tertentu sebagai acuan, seperti tema fantasi, tema ekonomi dan lain-lain.

Board game cenderung lebih lama dalam waktu permainan dibandingkan dengan card game, selain itu boardgame juga cenderung harus dimainkan lebih dari dua orang agar permainannya menarik.

Beberapa keunggulan dari tabletop games, terutama Card  games terletak pada interaksi sosial antara pemainnya dan juga interaksi pemain dengan produk.

Beberapa keunggulan cardgame untuk anak:

  1. Bergantian

Dalam CardGame, pemain bergantian dalam giliran permainan. Ini mengajarkan agar dapat memberikan kesempatan pada orang lain untuk melakukan sesuatu. Untuk anak-anak ini mengajarkan untuk menghargai orang lain terutama ketika berbicara dan tidak memotong pembicaraan tersebut.

  1. Keahlian Berhitung

Bermain cardgame dapat membantu anak dalam belajar berhitung dasar seperti penambahan dan pengurangan.

  1. Kemampuan Berpikir

Bermain cardgame dapat membantu anak untuk mengembangkan pola pikir mereka agar dapat berkembang dengan baik.

  1. Mengambil Keputusan

Cardgame merupakan salah satu cara yang baik dalam melatih anak dalam mengambil keputusan. Dikarenakan dalam cardgame keputusan yang diambil dapat mengubah jalannnya permainan. Selain itu anak juga dapat mengerti hasil dari keputusan yang dia ambil.

  1. Membangun Relasi

Dengan bermain cardgame , anak dapat membangun relasi dengan orang tua maupun dengan teman-temannya.

Saat ini TCG sudah berkembang sangat pesat dan beberapa yang hingga saat ini masih tumbuh subur komunitasnya di Indonesia di antaranya :

Magic-The-Gathering-1

Biasa disingkat MTG, permainan TCG pertama dan tertua di dunia ini diciptakan oleh Richard Garfield, seorang professor matematika dan pada akhirnya game ini di-publish oleh Hasbro dengan anak perusahaannya Wizard of The Coast.  TCG ini memiliki organized play terbesar di dunia dan paling konsisten hingga saat ini.  Tournament berkelas dunia sudah berkali-kali diadakan dengan hadiah cash yang tidak sedikit, apalagi dalam dollar.  Storyline yang dimiliki oleh MTG berkisar tentang para Planeswalker di berbagai dunia pararel dan multi dimensi yang disebut Multiverse.  Semua player berperan sebagai Planeswalker yang akan bertarung satu dengan yang lain dengan memanfaatkan mana untuk men-summon creature, spell, dan lain sebagainya.

Magic-The-Gathering-2

TCG ini akan menarik bagi mereka yang menyukai TCG yang mengandalkan skill baik dalam deck building maupun dalam strategi permainan.  Juga akan lebih menarik bagi mereka yang menyukai gaya-gaya gambar fantasi western.  Dan untuk mereka yang bahkan ingin terjun ke dunia pro dalam bidang TCG, tentunya organized play MTG memang sangat menjanjikan.  Dibutuhkan cukup banyak waktu untuk berlatih sehingga terbiasa dengan strategi yang akan diterapkan dalam MTG.

Bagi yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Magic The Gathering dapat mengakses group Facebook di https://www.facebook.com/groups/160417610675187/

Lanjut ke halaman 2…

1
2
3
4
5

SHARE
Previous article10 Game Xbox One Terbaik 2015
Next articleLightning Jadi Model Louis Vuitton, Makin Kelihatan Seperti Cewek Tulen Lho!
Sudah sejak jaman TCG pertama kali diperkenalkan hingga puluhan title TCG atau pun boardgame diperkenalkan, OP memainkan hampir seluruh table top yang beredar di Indonesia. Turut serta juga dalam event-event besar TCG atau pun boardgame dan hingga kini masih aktif dalam bermain dan mengajarkan TCG di berbagai kota maupun komunitas. Table top game yang masih aktif dimainkan hingga saat ini: MTG, VG, BF, FOW, Yo-kai Watch, Gundam Duel Company, Gundam Cross War, Animal Kaizer, Aikatsu, Gundam Nex-A, Games Workshop, Avarium, dan Krossmaster.