Semangat Gamedev Bali Jelang Pelaksanaan GGJ 2016 Bali!

GGJ 2016 Bali

Bali menjadi salah satu regional yang paling semangat dalam menyambut GGJ 2016. Bagaimana persiapan GGJ 2016 Bali, dan juga bagaimana konsep acaranya nanti?

Sambut Global Game Jam 2016, Gelaran Ketiga “Akar” Kolaborasi Industri Game Indonesia

Global Game Jam tidak jarang menjadi awal mula terciptanya kolaborasi di industri game Indonesia. Bagaimana dengan Global Game Jam 2016 nanti?
Baca Juga

Jika di tahun sebelumnya komunitas developer game Yogyakarta alias GameLan yang “menabuh genderang” pelaksanaan Global Game Jam (GGJ) 2014, dan tahun 2015 ada komunitas developer game Surabaya alias GADAS yang “mengompori”, untuk tahun ini giliran Komunitas Gamedev Bali yang memulai kampanye dari GGJ 2016. GGJ 2016 sendiri menurut rencana akan digelar pada tanggal 29 hingga 31 Januari 2015 secara serentak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia yang sampai saat ini sudah terdaftar delapan site (lokasi GGJ) di website resminya. Delapan site yang sudah terdaftar antara lain Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Depok dan Makassar.

Bagaimana dengan persiapan Gamedev Bali sendiri dalam menyambut event membuat game secara bersama-sama selama 48 jam ini? GGJ 2016 di Bali akan digelar di tempat yang sama dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di STMIK Primakara. Sebagai salah satu regional dengan komunitas yang tengah “hot” dalam beberapa tahun terakhir, panitia berharap tahun ini GGJ 2016 Bali diikuti lebih banyak peserta lagi. Sebagai catatan, GGJ 2014 diikuti oleh sekitar 16 orang, dan tahun 2015 kemarin diikuti oleh kurang lebih 36 orang.

GGJ 2016 Bali

“Kampanye” dari GGJ 2016 Bali sendiri sudah didengungkan sejak kurang lebih satu bulan lalu, lebih awal dibandingkan regional lainnya. Selama kampanye, panitia memberikan banyak pengetahuan mengenai apa itu GGJ melalui berbagai posting unik di halaman Facebook mereka seperti di bawah ini.

“Konsep GGJ tahun ini kita mau buat event-nya pasti lebih fun. Kalau tahun 2015 kemarin peserta ada kurang lebih 36 orang, untuk GGJ 2016 besok kita targetkan kurang lebih 50 orang,” ungkap Orlando Nandito, ketua panitia GGJ 2016 Bali saat dihubungi Duniaku. “Tahun ini kita sounding-nya juga sudah lebih matang dari tahun lalu, karena tahun ini kita Gamedev Bali memang lagi giat-giatnya buat meetup dan sharing-sharing,” lanjut Nando, sapaan akrabnya.

Lantas, bagaimana konsep acara dalam GGJ 2016 bali nanti? “Di GGJ16 Bali pastinya bakal ada sharing tentang industri game (membuat game, game composer, dll). Kita bakal nyediain space game console di tempat nge-jam, dan di akhir acara rencanannya kita bakal mengundang orang umum juga untuk datang di sesi presentasi game. Ada pizza party juga, dan inginnya nanti kita mau adakan semacam reward kecil-kecilan,” papar Nando.

GGJ 2016 Bali
Suasana GGJ 2015 di Bali

Berdasarkan pantauan Duniaku di halaman resmi jam site-nya, sampai saat ini atau sekitar sebulan sebelumnya, tercatat sudah ada 14 jammer (peserta game jam) yang sudah mendaftar. Kamu berada di Bali dan ingin ikut keseruan GGJ 2016 Bali? Daftarkan dirimu dengan langkah-langkah berikut.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 26 Januari 2016 mendatang, atau tiga hari sebelum GGJ 2016 diselenggarakan. Kamu bisa menyimak bagaimana serunya GGJ di Bali tahun 2015 kemarin melalui tautan di bawah ini.


SHARE
Previous articleReview Ip Man 3, Akhir Trilogi yang Cukup Menyentuh Hati
Next articleAPES! Beli PS4 Buat Kado Natal, Ternyata Isinya Balok Kayu!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.