10 Game Wii U Terbaik 2015

Dipotong harganya bolak-balik, tetep aja ga laku-laku ya... Nasibmu Wii U!

Bicara kata eksklusif, Nintendo memang jawaranya. Platform konsol mereka, Wii U, masih sanggup bertahan menghadapi dua raksasa PlayStation 4 dan Xbox One berkat banyaknya game eksklusif yang sangat layak untuk dimainkan, dan bahkan dikoleksi karena memiliki keunikan tersendiri, selain tidak ada di platform lainnya. Dan ya, meskipun Wii U menjadi konsol yang penjualannya paling bontot, namun game-game eksklusifnya paling banyak. Nintendo terus berusaha mempertahankan konsol mereka ini sampai mereka mengeluarkan platform baru Nintendo NX tahun 2016 mendatang, seperti dengan merilis banyak DLC tambahan untuk game mereka yang eksis sejak tahun lalu, melalui Super Smash Bros. dan Mario Kart 8 misalnya, serta juga melalui dukungan figurine Amiibo, yang sanggup membuat gamer kembali ke dalam game hanya untuk mendapatkan fitur baru yang diberikan melalui Amiibo tersebut. Namun meskipun dibayangi ancaman “pensiun” dini karena minimnya dukungan developer pihak ketiga, Wii U tetap meenjadi konsol yang paling tepat untuk keluarga. Kontrolernya aneh, unik, dan menurut kami masih menjadi yang terbaik menjadi media hiburan bersama keluarga. Pilihan gamenya pun tergolong aman untuk segala usia. Mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai gamer di usia renta pun bisa kalian temukan game yang cocok. Kembali pada fokus artikel ini, apa saja game Wii U terbaik 2015, yang hanya bisa kalian dapatkan di platform ini?


1

Super Mario Maker (Nintendo EAD Group No. 4)


super smash bros Mario Maker 3

Tidak ada yang lebih asyik memainkan sebuah Super Mario Bros. selain dengan mendesain level kalian sendiri bukan? Nintendo mewujudkannya melalui Super Mario Maker ini. Variasi pemainan yang sangat fleksibel menjadikan Super Mario Maker sebuah game yang adiktif. Tidak heran selama event The Game Awards awal Desember ini juga dinominasikan sebagai pemenang, berhadapan dengan game besar lainnya seperti MGSV dan The Witcher 3. Di sini kreativitas kalian bakal diuji dengan cara mendesain level game Super Mario Bros. Itu bisa dilakukan dengan cara menggunakan GamePad Wii U selama menyalurkan ide membuat level yang bisa dilalui Mario nantinya, di atas empat theme game Mario yang berbeda. Empat “pondasi” game berbeda tersebut antara lain, Super Mario Bros., Super Mario Bros. 3, Super Mario World, dan New Super Mario Bros. Level kreasi kalian yang selesai bisa diunggah online agar bisa dimainkan dan dinikmati pemain lainnya. Bayangkan saja, sebuah game yang kalian ciptakan sendiri, dan desain dunianya menggabungkan dari keempat game Super Mario Bros. klasik? Nostalgia banget!


2

Splatoon (Nintendo EAD Group No. 2)


Splatoon-25

Bukan tanpa alasan Splatoon masuk nominasi beberapa kategori selama The Game Awards beberapa waktu lalu. Mulai game keluarga, multiplayer sampai shooter terbaik. Walaupun menjadi franchise baru Nintendo, namun game shooter yang sangat ramah temanya ini sukses menjadi contoh jika Nintendo memang mampu membuat game shooter dan multiplayer yang hebat. Aspek kompetisi multiplayernya begitu adiktif, dan anak-anak pun bisa memainkannya, karena tidak ada senjata atau peluru asli di sini. Hanya senjata mainan, dengan peluru berbentuk cat (paint gun) yang justru terlihat lucu ketika ditembakkan atau mengenai musuh. Komunitasnya memang sedikit di awal peluncuran game ini. Namun Nintendo terus mendukung, dan kini game shooter berbasis tim ini makin ramai, sehingga kalian yang baru masuk pun bisa menemukan dunia online multiplayer yang lebih hidup.


3

Xenoblade Chronicles X (Monolith Soft)


Xenoblade-Chronicles-X-25

Jika bertanya, apa satu game yang sudah cukup menjadi alasan untuk membuat seorang gamer PS4 dan XOne ke Wii U, maka jawabannya adalah Xenoblade Chronicles X ini. Oke, kalian yang mengenal judul Xeno mungkin sudah paham, ini seri game niche yang penggemarnya tidak sebanyak, katakankan, Final Fantasy. Namun karena ini sebuah Xeno, penggemar Xenogears dan Xenoblade khususnya, sudah pasti berpaling. Kemudian penggemar RPG umumnya, yang mungkin mencari RPG Jepang yang cukup besar untuk menyita waktu permainan, juga tidak ada pilihan sebaik game open-world ini. Dan ya, gamer Wii U tidak perlu kecewa tidak ada RPG open-world seperti The Wicther 3 atau Fallout 4 di sini, karena jika kalian menyukai setting fiksi ilmiah, karakter bernuansa anime, mecha, dan cerita kompleks (meskipun sudah tidak sensitif menyinggung agama seperti Xenogears), Xenoblade Chronicles X adalah satu-satunya pilihan!


4

Yoshi’s Woolly World (Good-Feel)


Yoshi's-Woolly-World-9

Sesuai judulnya, Yoshi’s Woolly World memperlihatkan aksi lucu dan imut dinosaurus favorit Nintendo, dalam penampilan yang benar-benar baru, membuatnya berbulu dengan balutan benang di tengah dunia bernuansa tekstil dan kain. Yoshi benang ini masih memiliki gerakan yang sama, namun dengan penampilan yang bervariasi. Ada beragam warna dan pola tubuhnya, termasuk pola mirip sapi, dan yang unik, balutan benang dengan tema konsol Nintendo jadul / Famicom. Ada 50 pola Yoshi yang bisa kalian temui, seperti Rainbow Yoshi, Piranha Yoshi, Winter Yoshi, Moo-Moo Yoshi, dan Famicom Yoshi. Meskipun menurut kami gameplay-nya tidak mendapatkan banyak perkembangan dari game-game sebelumnya, namun presentasi benang yang baru ini membuatnya tetap menarik dimainkan.


5

Runbow (13AM Games)


Runbow

Nih, salah satu game indie yang keren, dan hanya ada untuk Wii U. Runbow merupakan game racing platformer yang dirilis 27 Agustus lalu. Racing platformer? Bayangkan saja Mario Kart yang dipadukan dengan Smash Bros. mendukung multiplater hingga 9 pemain! Pasti crowded bukan. Bergantung pada mode permainan yang kalian mainkan di sini, game ini bisa sangat kasar, karena karakter berkompetisi saling menyerang untuk mencapai garis finish. Jangan pedulikan grafisnya yang memang sederhana, namun konsepnya unik, dan gameplay-nya terbukti sangat adiktif. Latar belakang setiap levelnya terus berganti warna, menimbulkan rintangan dengan warna sama seperti latar belakang juga ikut muncul atau menghilang, dan kalian harus jeli mengantisipasinya.


6

Swords & Soldiers II (Ronimo Games)


Swords-&-Soldiers-II

Sebelumnya Swords & Soldiers dirilis untuk mobile, PC, Wii serta PS3, namuntuk untuk sekuelnya Swords & Soldiers II Nintendo berhasil mengamankannya untuk Wii U. Game sidescrolling yang memadukan unsur real-time strategi ini. Kalian yang menyukai tipikal game tower defense pasti juga menyukainya karena kemiripan pola permainannya. Di sini kalian bisa bermain baik dalam mode single player campaign dan skirmish mode, serta multiplayer kompetisi secara split-screen. Disediakan banyak misi untuk setiap faksi yang kalian pilih dari awal permainan, dengan tujuan berkisar dari menguasai markas musuh, hingga berusaha selamat dari serangan musuh yang mencoba menembus pertahananan. Seperti tipikal tower defense, kalian juga dituntut cepat dalam membuat keputusan strategi selama membangun unit, dan segera mengirimnya untuk menghadang musuh.


7

Freedom Planet (GalaxyTrail)


Freedom-Planet

Game indie lainnya yang kami rekomendasikan untuk Wii U. Bukan eksklusif sih, namun setelah sukses dengan Kampanye Kickstarter serta dirilis untuk PC tahun lalu, Freedom Planet eksis untuk Wii U mulai awal Oktober 2015 lalu. Game ini mengisahkan tiga karakter binatang dengan wujud tubuh manusia, dragon Lilac, wildcat Carol, dan hound Milla dalam misinya mengalahkan Lord Brevon yang berambisi menguasai galaksi. Menarik mengetahui asal muasal game ini, yang sebenarnya menjadi konsep game Sonic the Hedgehog buatan penggemar. Sehingga tidak heran berakhir sebgaai game sidescrolling dengan unsur platforming yang cepat, namun adegan aksinya lebih lambat, tidak seperti dalam game Sonic. Bahkan dengan gaya visual 16-bitnya, game ini bisa menjadi satana bernostalgia bagi para penggemar game Sonic klasik.


8

Kirby and the Rainbow Curse (HAL Laboratory)


Kirby-and-the-Rainbow-Cur-2

Kirby and the Rainbow Curse tidak bisa kalian mainkan sembarangan. Untuk melalui setiap levelnya, gerakan Kirby di sini dipengaruhi dimana kalian menyapukan kuas (menggunakan GamePad Wii U ) dan membentuk rute / garis pelangi untuk karakter berjalan (lebih tepatnya, berguling, karena Kirby berwujud bola di sini). Di awal permainan mungkin garisnya mudah, namun seiring berjalannya permainan, kalian juga dituntut menggoreskan kuas melengkung bahkan sampai ke langit! Seperti Yoshi, aksi Kirby di sini juga terlihat fresh karena visualnya dibuat dengan gaya tanah liat. Jadi di sini bergantung padamu bagaimana menyiapkan rute gerakannya, jika Kirby melalui jalur pelangi yang melengkung atau memutar seperti jalur rollercoaster, maka itu bakal mempercepat gerakannya (ingat tipikal game Sonic, dimana karaktermu itu akan bergerak lebih cepat jika jalur yang dilaluinya berbentuk bundar), atau bahkan melontarkannya ke udara. Sedangkan dengan menyentuhkan stylush ke Kirby, maka itu bakal membuatnya melakukan serangan berputar ke depan untuk menyerang musuh atau menghancurkan suatu obyek.


9

Gunman Clive HD Collection (Hörberg Productions)


Gunman-Clive-HD

Gunman Clive berawal dari sebuah game side-scrolling action untuk Android dan iOS, kemudian menyusul dirilis untuk PC serta 3DS. Game indie dari developer Swedia ini mengisahkan seorang gunslinger di dunia Wild West futuristis, seirang dia berusaha menyelamatkan putri mayor dari sekelompok bandit berteknologi tinggi. Versi Wii U-nya mendapatkan upgrade visual HD awal September lalu, dan mempertahankan semua gameplay game aslinya, dan terutama, yang menjadikan game ini disukai, gaya visualnya (seperti gambar tangan) dengan pewarnaan yang mengingatkan pada film Wild West dari jaman baheula.


10

Fatal Frame: Maiden of Black Water (Koei Tecmo)


Fatal-Frame-V-1

Oke, kami tahu sebagian dari kalian memainkan Fatal Frame: Maiden of Black Water ini hanya karena ingin melihat aksi si ninja seksi Ayane saja, namun tidak bisa dipungkiri, inilah salah satu game survival horror terbaik, dan paling serem, serta hanya bisa kalian temukan di Wii U saja! Fatal Frame Maiden of Black Water menggunakan GamePad Wii U sebagai Camera Obscura, yang kemudian kalian manfaatkan untuk meliihat sesuatu yang secara normal tidak bisa dilihat mata manusia, karena kalian bakal menggunakannya untuk menemukan obyek tersembunyi, dan juga tentunya arwah penasaran. Namun yang paling menarik justru bukan para setan dalam game ini, melainkan fan service dari developer. Karena karakternya kebetulan cewek-cewek yang cukup seksi, kostum mereka ada yang sampai terkoyak dan memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tertutup selama permainan. Yah, ga jadi takut deh! Lihat saja gambar bawah… apakah ini game horor?

fatally-sexy-03

fatally-sexy-04


SHARE
Previous article10 Game PS4 Terbaik 2015
Next article5 Pemburu Harta Karun Terbaik dalam Video Game
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.