RESMI: Tahun 2015 Tidak Ada Satupun Chapter Hunter x Hunter Yang Rilis!

hunter x hunter thumbsAkhir tahun 2015 ditutup tanpa adanya chapter Hunter x Hunter terbaru— memperpanjang rekor sebagai salah satu manga yang paling lama diserialisasikan!

Jam Kerja Eiichiro Oda Benar-Benar GILA!

Berbeda dengan mimin yang bisa tidur layaknya koala, sang kreator One Piece ini hanya tidur beberapa jam saja dalam sehari... sepanjang tahun!
Baca Juga

Edisi terakhir Weekly Shounen Jump yang terbit pada akhir tahun 2015 ini tidak menyertakan chapter terbaru dari manga Hunter x Hunter karya Yoshihiro Togashi. Hal ini, jika kalian cek pada kalender penerbitan Weekly Shounen Jump, maka kalian akan mendapati bahwa sepanjang tahun 2015 tidak ada satu pun chapter Hunter x Hunter yang rilis.

Benar-benar ‘sesuatu’ ketika sebuah serial manga jarang sekali muncul dalam majalah Weekly Shounen Jump dan menjadi bahan pembicaraan—dalam kasus ini: Hunter x Hunter. Sebenarnya ini juga bukan pertama kalinya—dan juga bukan yang terlama—bagi Hunter x Hunter untuk hiatus dalam Weekly Shounen Jump. Manga ini pernah mengalami hiatus terlama pada periode 2006-2007 lalu, yaitu sebanyak 79 edisi Weekly Shounen Jump! Kamu bisa melihat ‘jadwal hiatus’ dari Togashi-sensei melalui gambar dibawah ini:

hunter x hunter hiatus calendar
Secara keseluruhan, seluruh chapter yang rilis hanya sekitar 42.4% dari seharusnya semenjak diserialisasikan tahun 1998!

Togashi-sensei sendiri, meski dikenal sebagai seorang mangaka yang hebat dalam membuat cerita, juga terkenal atas ‘hobi’ hiatus-nya. Alasan dari hiatusnya Togashi-sensei ini dikabarkan karena penyakit, akan tetapi alasan sebenarnya mengapa Togashi-sensei sering hiatus tidak pernah jelas—beberapa bahkan mengatakan bahwa Togashi-sensei melarikan diri karena tidak kuat dengan periode kerja Shounen Jump yang sangat ketat.

Meskipun tidak pernah muncul, serialisasi dari Hunter x Hunter sendiri tidak dihentikan. Dan dengan begini, Togashi-sensei memecahkan rekor sebagai salah satu manga yang paling lama diserialisasikan oleh Weekly Shounen Jump, yaitu 25 tahun—dan masih berlanjut! Bahkan Akira Toriyama dengan Dragon Ball-nya yang sampai saat ini masih berlanjut tidak diserialisasikan selama ini oleh Weekly Shounen Jump. Satu-satunya mangaka yang mengalahkan rekor Togashi-sensei adalah Osamu Akimoto dengan manga Kochikame-nya yang telah diserialisasikan selama 39 tahun—dan masih berlanjut.

Masa hiatus Togashi-sensei dan Hunter x Hunter miliknya ini kini sudah dianggap biasa oleh fans setia. Meski begitu, ada juga beberapa pihak yang tampak kesal seperti beberapa toko buku di Jepang yang menjual 32 volume manga Hunter x Hunter menjadi satu set dengan tulisan ‘selesai’.

Hunter-x-Hunter-Manga-Is-Finished-According-to-Book-Stores-2hunter x hunterBagaimana denganmu, apakah kamu menyukai serial Hunter x Hunter dan berharap Togashi-sensei akan menyelesaikan manga-nya tersebut? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Sumber: Rocketnews, Hiatus-Hiatus (via Haruhichan)


SHARE
Previous articleGambar Star Wars The Force Awakens yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Lihat!
Next article10 Film Terbaik 2015!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.