10 Game 3DS Terbaik 2015

Untuk kelas handheld, tidak ada yang mampu menandingi kedigjayaan Nintendo 3DS. Dan tahun 2015 pun dihiasi dengan puluhan game berkelas yang worth it dibeli, serta dimainkan dimana-pun dan kapan-pun juga!

10 Game 3DS Terbaik 2015

10 Game 3DS Terbaik 2015

Di ranah handheld, tidak ada yang menyangsikan kedigjayaan keluarga Nintendo 3DS. Platform portable Nintendo ini terus meningkat kepopulerannya sejak dilahirkan, bahkan sampai versi terbarunya, New 3DS XL (yang berhasil kembali menggairahkan pasar 3DS) selalu menjadi rujukan salah satu pilihan terbaik akhir tahun ini. Seperti saudaranya yang lebih besar, Wii U, 3DS juga didukung deretan software yang kuat untuk segala usia. Hal itulah yang menjadikan handheld ini selalu berada di daftar teratas para orang tua yang ingin membeli hadiah untuk anak-anaknya di masa liburan. Perpustakaan gamenya lengkap, meskipun yang masuk kategori Mature (dalam artian penuh kekerasan dan berdarah) sangat sulit didapatkan. Namun kalian pencinta RPG Jepang, game casual, yang berbasis mainan figure, adaptasi anime yang lagi ngetrend, hingga game unggulan kelas AAA dari fanchise Nintendo (Zelda? Star Fox? Mario?) bisa kalian dapatkan melalui 3DS ini. Dari ratusan game yang dirilis untuk 3DS sepanjang tahun 2015 ini, kami pilihkan 10 game 3DS terbaik yang bisa kalian jadikan pertimbangan bila memang ingin meminang handheld game terbaik ini.


[page_break no="1" title="The Legend of Zelda: Majora's Mask 3D (Greezo + Nintendo EAD Tokyo)"]


10 Game 3DS Terbaik 2015

Memang ini sekadar remake dari 10 Game 3DS Terbaik 2015

Kalian yang belum pernah mencoba memainkan Monster Hunter mungkin bingung bagaimana sebuah game yang repetitip bisa membuat penggemarnya setiap bermain puluhan bahkan ratusan jam setiap seri barunya keluar. Coba saja dulu dengan 10 Game 3DS Terbaik 2015

RPG Jepang terbaik, dan mungkin yang terakhir bisa kalian temukan saat ini! Xenoblade Chronicles X sendiri dibayangi prekuelnya ini, dan bahkan banyak gamer Xenoblade yang menganggap sekuelnya masih inferior dibandingkan Xenoblade Chronicles dalam hal cerita khususnya. Selain itu, jika kalian kecewa dengan kelinieran game-game RPG modern seperti Final Fantasy XIII, maka game ini bakal memberikan sesuatu yang berbeda. Konsep open world-nya (walaupun tidak seterbuka sekuelnya), juga disambut baik, khususnya oleh gamer yang sudah mengenal serial Xeno sejak lama.  Seperti yang pernah kami jelaskan dalam artikel mengenai 10 Game 3DS Terbaik 2015 10 Game 3DS Terbaik 2015

Seperti yang kami sebutkan di awal, 3DS adalah gudangnya RPG Jepang berkelas. Satu lagi yang layak kalian jadikan pilihan adalah 10 Game 3DS Terbaik 2015

Seperti Code Nama: S.T.E.A.M., game strategi dengan sedikit modifikasi gameplay, namun kami lebih menyukai yang ditawarkan developer indie Image & Form ini. SteamWorld Heist merupakan turn-based strategy yang memiliki unsur shooter, dengan kendaraan perang kalian berupa robot yang dikendalikan oleh mesin uap. Kalian mengendalikan karakter utama Captain Piper Faraday, penyelundup sekaligus pembajak pesawat luar angkasa seiring dia merekruit tim robot untuk tujuan petualangan di luar angkasa. Mekanis gameplay-nya unik, seperti kalian bisa memantukkan tembakan melalui dinding untuk mengenai musuh yang tidak terjangkau.


[page_break no="6" title="Etrian Odyssey 2 Untold: The Fafnir Knight (Atlus)"]


10 Game 3DS Terbaik 2015

10 Game 3DS Terbaik 2015

10 Game 3DS Terbaik 2015

Meskipun harus menunggu sampai 2 tahun, namun akhirnya versi translasi dari game 10 Game 3DS Terbaik 2015

Di tengah genre strategi/taktik, Intelligent Systems bukan nama kemarin sore. Mereka kerap mendukung Nintendo dengan serial Fire Emblem-nya. Namun salah satu game terbarunya, Code Name STEAM, ternyata keluar pakem setting fantasi abad pertengahan. Kalian justru mendapatkan setting yang lebih modern, ketika era mesin uap mulai dikenal, dan presentasi visual komik Silver Age yang mungkin agar game ini lebih diterima di Barat. Meskipun kenyataannya tidak begitu populer, namun banyak gamer dan media memberi penilaian lebih untuk game ini karena mekanis gameplay-nya yang tidak biasa. Memadukan turn-based strategy dengan third-person shooter, yang menawarkan tantangan lebih. Oh ya, ide ceritanya, presiden Amerika Abraham Lincoln melawan Alien itu pun juga termasuk unik lho!


[page_break no="10" title="The Legend of Legacy (Furyu)"]


10 Game 3DS Terbaik 2015

Role-playing game Jepang lainnya nih... seperti yang kami katakan di atas, 3DS gudangnya RPG berkelas! Jika nama asing Furyu dan judul game ini belum meyakinkan kalian, periksa saja tim pengembangannya. The Legend of Legacy ditangani oleh beberapa nama yang sebelumnya bekerja untuk Square Enix, meliputi: Tomomi Kobayashi (desain seri game SaGa) sebagai illustrator, Ryo Hirao (Final Fantasy XII) sebagai desain karakter, Masashi Hamauzu (SaGa, Final Fantasy XIII) sebagai komposer musik, dan juga melibatkan Masato Kato (Chrono Trigger) sebagai penulis ceritanya.  RPG berkarakter chibi ini memberikanmu pengalaman sebagai seorang petualang yang berusaha untuk “mengungkap seluruh agenda rahasia ketujuh petualang yang ada” ketika sebuah pulau misterius bernama Avalon muncul dari permukaan laut. Kamu bisa memainkan salah satu dari ketujuh karakter yang ada, tetapi satu sama lain dari mereka semua akan saling berhubungan.

Artikel Best of The Year Lainnya dari Duniaku:

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU