OPPO R7s, Android Metroseksual dengan Spec Gahar dan Gak Bikin Ribet!

Oppo-R7s-1

Sukses seri OPPO R7 tergambar jelas melalui hadirnya beberapa keluarga barunya di pasar Android Indonesia. OPPO R7 berhasil mendobrak pakem Android dengan konsep perpaduan tubuh yang sangat tipis dengan casing premium berbahan metal aluminium, menghasilkan desain yang sangat cantik dan elegan. Gebrakan ini termasuk dengan hadirnya OPPO R7s yang menjadi Android pertama OPPO yang menggunakan memori RAM 4GB.

Bagi kalian yang hobi ngoprek Android dengan mengunduh banyak aplikasi dan memaksimalkan gadget, kinerja OPPO R7s terbilang bebas dari istilah lemot. Prosesornya termasuk kelas unggulan, yaitu Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan 8 core prosesor, yang terbagi kecepatannya melalui empat inti 1.5 GHz Cortex-A53 dan empat inti 1.0 GHz Cortex-A53.

Oppo-R7s-8

Prosesor tersebut didukung dengan pengolah grafis alias GPU Adreno 405, serta memory RAM LPDDR3 dengan kapasitas 4GB dengan kecepatan 800 MHz. OPPO kemudian memadukannya dengan internal storage yang sangat lega, mencapai 32GB, yang pembagian partisinya cukup memadai. Disediakan sekitar 19GB terbebas untuk kalian manfaatkan menyimpan aplikasi, foto, musik, video, hingga data-data game!.

Oppo-R7s-12

Yup, jika kalian sudah cukup puas dengan kapasitas 19GB, maka kalian dapatkan fasilitas dual SIM yang kedua slot-nya mendukung konektivitas seluler 4G LTE yang kecepatannya bisa mencapai 150/50 Mbps untuk aktivitas unduh dan unggah datanya.

Smartphone ini juga menawarkan fitur unggulan yang dijamin memikat hati, yaitu user interface. Tanpa ragu OPPO memberikan Android 5.1.1 Lollipop untuk di seri OPPO R7s, atau selangkah lebih baik dibandingkan kakaknya OPPO R7 yang masih bertahan di Android 4.4.2. Seperti produk-produk lainnya, Lollipop tersebut makin manis dan penuh warna berkat polesan antar muka ColorOS 2.1.

Oppo-R7s-7

Secara sederhana, teknologi ColorOS 2.1 antar muka dikenal sangat mudah pengoperasiannya. Sederhana, namun jika diselami, kalian bisa temukan banyak fitur yang sangat berguna dan tidak ditawarkan launcher dari Android lainnya. Salah satu favorit penulis adalah gesture layar. Dengan layar dalam kondisi off, kalian bisa melakukan banyak hal, seperti mengatur aplikasi tertentu (atau default-nya Messaging) langsung dijalankan dengan sekadar menggambar huruf ‘M’, atau membuka kamera dengan menggambar huruf ‘C’.

Tampilan home screen yang simple dan banyak efek animasi menarik.
Tampilan home screen yang simple dan banyak efek animasi menarik.

Ketika layar off, kalian bisa dengan mudah mengaktifkan layarnya dengan hanya mengetuknya dua kali. Nggak perlu ribet tekan tombol ‘power’ yang ada di sisi kanan tubuhnya. Bukan hanya ketika layar off saja, gesture saat layar on juga mungkin dilakukan. Seperti gambarkan garis diagonal ke atas kiri, dari sisi kanan bawah layar untuk dengan cepat mengecilkan ukuran antar muka OPPO R7s ini dan masuk pengendalian one-handed mode.

Beberapa fitur ColorOS 2.1 lainnya yang mungkin kalian sukai, seperti opsi mengunduh tema, kemudahan mengganti font tulisan, beragam widget yang menarik dan dianimasikan selama di home screen, keseluruhan akses pengaturan yang mudah dipahami.

Gesture yang lengkap. ColorOS menjadi pionir interface Android yang menerapkan kustomisasi gesture.
Gesture yang lengkap. ColorOS menjadi pionir interface Android yang menerapkan kustomisasi gesture.

Keseluruhan, ColorOS 2.1 memberikan antar muka terbaik, cakep nggak membosankan, dan cepat. OPPO memaksimalkan Android 5.1.1 dengan sangat baik di sini. Menjalankan banyak aplikasi pun tidak membuat OPPO R7s kehabisan nafas (tentu saja, berkat RAM 4GB). Bahkan secara default, hidup kalian dibuat sederhana karena di antara opsi fungsi power-saving ColorOS 2.1 adalah otomatis mematikan aplikasi yang tidak digunakan / berjalan di background selama 10 menit.

Dengan adanya RAM 4GB sendiri juga sangat menunjang aktifitas multi-tasking, mengurangi loading ulang aplikasi yang sudah berjalan, menghemat waktu dan juga daya baterai tentunya. Menjalankan banyak aplikasi bersamaan, plus memainkan game yang membutuhkan memori besar sama sekali tidak ada kendala di sini.

Main game dan menjalankan banyak aplikasi, tidak akan membuat OPPO R7s kehabisan nafas.
Main game dan menjalankan banyak aplikasi, tidak akan membuat OPPO R7s kehabisan nafas.

Sudah keren teknologinya, fisik OPPO R7s pun memikat hati. Didesain unibody dan sasis metal dengan ketipisan tubuh sekitar 7.5mm didukung dengan layar yang sedikit melengkung, membuatnya cantik dan elegan. Profil yang tipis ini memudahkan kalian menggenggamnya dengan lebih nyaman. Dimensi layarnya 5.5-inchi, dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixel yang menggunakan material AMOLED juga menjadi poin plusnya, karena karakter AMOLED yang nyaman di mata.

Dilengkapi dengan kamera utama yang menggunakan sensor 13-megapixel dengan lensa Schneider Kreuznach berdiafragma f/2.2, smartphone ini layak dijadikan aset pendukung hobi fotografi kalian. Beberapa fitur ala kamera profesional seperti fokus dengan teknologi phase detection autofocus (PDAF), bisa kalian temukan di sini. Efeknya, kamera OPPO R7s begitu sigap dalam menentukan fokusnya, cukup 0,1 detik saja!.

Layar AMOLED-nya adem, dan tetap terlihat jelas digunakan di luar ruangan. Kameranya juga memiliki fokus yang cepat!
Layar AMOLED-nya adem, dan tetap terlihat jelas digunakan di luar ruangan. Kameranya juga memiliki fokus yang cepat!

Buat kalian yang doyan foto selfie, OPPO R7s dilengkapi dengan kamera depan yang menggunakan sensor 8 megapixel yang menjamin kejernihan hasil jepretan. Selfie di ruangan gelap pun bisa kalian lakukan dengan hasil yang jernih dengan mode pemotretan yang disebut Screen Flash.

Last but not least adalah ketahanan baterainya. Dengan segudang fitur yang diusung, tentu OPPO R7s membutuhkan tenaga baterai yang kuat. OPPO sudah mengantisipasinya dengan memberikan kapasitas baterai yang besar, mencapai 3,070-mAh. Didukung layar AMOLED yang irit, serta manajemen memori antar muka ColorOS yang begitu baik.

OPPO R7s mampu menemani kalian seharian dengan penggunaan normal tanpa kuatir kehabisan baterai. Namun untuk kalian pengguna dengan intensitas lebih dan butuh men-charge baterainya lebih dari sekali juga tidak perlu kuatir kehabisan waktu. Fitur VOOC Flash Charge OPPO menjauhkan kalian dari powerbank. Cukup luangkan waktu 5 menit untuk membuat baterai OPPO R7s ini bisa digunakan untuk bertelepon selama 2 jam. Charge 30 menit pun sudah cukup mengisi baterainya sampai 75%. Penulis sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mengisinya penuh dari kondisi 0%! Bener-bener smartphone yang nggak bikin ribet.

Ingin merasakan the best user experience dari OPPO R7s untuk menunjang kegiatan sehari-hari? Segera ikutan#TukarKadoR7s sebagai hadiah di tahun baru 2016 untuk mendapatkan OPPO R7s. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut cara mengikuti event ini!

Official Unboxing: OPPO R7s

Spesifikasi

* VOOC Flash Charge Battery
* Android 5.1.1 Lollipop dengan ColorOS 2.1
* 5.5-inchi FHD curve screen
* 0.1s new flash shot camera
* Premium metal unibody
* Dual SIM 4G LTE & 5G Wifi

– Dimensi: 151.8 x 75.4 x 7 mm
– Berat: 155 g
– Ukuran Layar: 5.5 inches 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
– Dual SIM 4G (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
– Memory 32 GB
– Eksternal microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
– Ram 4 GB RAM
– Color OS 2.1 Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
– Batere Non-removable Li-Po 3070 mAh
– Processor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
– Camera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase detection autofocus, LED flash
– Camera Depan 8 MP
– Fast battery charging: 75% in 30 min
– Active noise cancellation with dedicated mic
– MP4/H.264 player


SHARE
Previous articlePembuat Bioshock Memberikan Bocoran Ide Game Terbarunya!
Next article10 Game 3DS Terbaik 2015
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.