Tahu Banyak tentang Animanga? Ikuti Tantangan Kuis Tebak Animanga dari Dicoding dan Duniaku Ini!

cover-tebakanime

Suka main tebak-tebakan? Punya pengetahuan tinggi terhadap anime dan manga? Jago coding atau nggambar? Ikuti tantangan Kuis Tebak Animanga dari Duniaku dan Dicoding ini!

Sebagai hub developer nomor satu di Indonesia, Dicoding terus menghadirkan tantangan-tantangan menarik untuk diikuti. Kali ini, Dicoding bekerja sama dengan Duniaku untuk menghadirkan tantangan menarik bagi kamu yang mengaku jago membuat game, sekaligus memiliki pengetahuan tinggi terhadap anime dan manga (animanga) lewat tantangan Kuis Tebak Animanga.

Dalam tantangan ini, kamu diharuskan membuat sebuah aplikasi kuis untuk mobile yang berisi tebak-tebakan mengenai karakter animanga yang ditampilkan. Ada alasan mengapa Dicoding dan Duniaku mengadakan tantangan Kuis Tebak Animanga ini. Salah satu masalah utama ratusan game developer adalah discoverability. Bagaimana sebuah game bisa mendapatkan awareness pengguna? Duniaku sendiri adalah media game dan budaya populer lainnya. Duniaku memiliki hampir 2 juta pengunjung (unik) dan hampir 3 juta session setiap bulannya. Duniaku memiliki audience yang masif dari generasi millenial yang sangat menyukai karakter animanga.

kuis tebak animanga

Dengan adanya tantangan ini, diharapkan game kuis yang dihasilkan bisa menarik minat para pembaca yang memiliki interest tinggi terhadap animanga ini. Untuk itu, diharapkan developer bisa merancang sebuah game tebak animanga yang cocok dengan audience duniaku. Game harus mengkombinasikan karakter animanga dan karakter game buatan developer Indonesia. Bila pengguna tidak dapat menjawab pertanyaan terkait karakter game lokal, maka akan ada link yang navigasi ke store untuk download game tersebut. Namun jika tidak bisa menjawab pertanyaan karakter animanga, maka akan ada link yang mengarah ke website Duniaku.

Tertarik mengikuti tantangan ini? Berikut adalah syarat dan ketentuannya.

  • Game bertipe kuis dimana pengguna diharuskan menjawab karakter animanga dan tokoh karakter yang ada di game buatan developer Indonesia.
  • Jika pengguna tidak dapat menjawab nama tokoh karakter game buatan developer Indonesia, maka game akan memberikan link ke store agar pengguna dapat download game tersebut.
  • Pengguna harus bisa submit pertanyaan kuis (termasuk upload karakter) ke dalam game.
  • Game boleh menggunakan tools apapun (gratis maupun berbayar).
  • Game harus publish di Google Play Store (wajib), Apple Store (opsional), atau Windows Store (opsional)
  • Juri terdiri dari tim Dicoding dan Duniaku, serta keputusan juri adalah final.
  • Penggunaan karakter animanga sebaiknya redraw untuk menghindari copyright claim. Sedangkan untuk submitted quiz disarankan menggunakan DMCA.
kuis tebak animanga
Coba tebak, karakter ini berasal dari game Indonesia apa?

Sedangkan kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut.

  • Quality, komponen UX, UI, dan sound effect.
  • Gameplay, kualitas gameplay yang disajikan.
  • Social Effect, kemampuan membuat jadi viral dengan social media.
  • Kemampuan untuk submit pertanyaan kuis karakter game buatan Indonesia (link, gambar, dan jawaban).
  • Banyaknya jumlah karakter game lokal dan animanga yang diikutkan pada saat penjurian menjadi pertimbangan penilaian.

Sebagai referensi, kamu bisa coba mainkan tiga game buatan developer Indonesia ini, antara lain Kuis Tebakan Garing, Icon Pop Quiz atau Tebak Gambar.

Apa hadiahnya? Dicoding dan Duniaku menyediakan 20.000 Dicoding Points dan promosi eksklusif di website Duniaku bagi juara pertama tantangan ini. Selain itu, tiga aplikasi terbaik lainnya (juara 2, 3, dan 4) akan mendapatkan total 2.000 Dicoding Points. Points ini bisa kamu tukarkan dengan berbagai rewards yang bisa kamu lihat daftarnya di website resmi Dicoding.

Tertarik? Kamu bisa mengikuti tantangan ini dengan mengunjungi halaman Challenge resminya di Dicoding berikut ini.

Challenge Kuis Tebak Animanga


SHARE
Previous articleMengenang Weapon XI, Deadpool Palsu Dari X-Men Origins: Wolverine
Next article[Teori] Sanji vs Jack! Pertempuran yang Mengungkapkan Masa Lalu Sanji!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.