Mengenang Weapon XI, Deadpool Palsu Dari X-Men Origins: Wolverine

Deadpool-palsu-X-Men-Origins-WolverineSebelum film Deadpool rilis resmi, mari kita sejenak mengenang karakter Deadpool palsu dari X-Men Origins: Wolverine. Salah satu bukti nyata kalau 20th Century Fox memang suka menyia-nyiakan karakter bagus.

Tahun 2015 telah berlalu. Tanpa terasa, hanya tinggal sebulan lagi sebelum fans bisa menyaksikan penampilan sang Merc With a Mouth, Deadpool, di film solo perdananya. Tapi ingatkah kamu kalau ini bukan pertama kalinya Deadpool tampil di film produksi 20th Century Fox? Ya, sebelum ini karakternya sudah memperoleh cerita latar belakang dulu di X-Men Origins: Wolverine.

Deadpool Palsu - Wade Wilson X-Men Origins

Riot Control Stormtrooper – Karakter yang Mengundang Banyak Meme!

Riot Control Stormtrooper boleh saja hanya muncul sebentar di filmnya. Tapi penampilan kerennya tetap sukses mengundang banyak meme!
Baca Juga

Sebenarnya, di awal penampilannya tokoh ini memiliki potensi besar. Ryan Reynolds, yang juga akan memerankan Deadpool berbeda di film terbarunya nanti, sempat menyajikan karakter Wade Wilson yang sangat menarik. Selain jago menggunakan pedang ganda, ia pun sudah diperlihatkan memiliki selera humor ala Deadpool. (Contoh: “Great! Stuck in an elevator with 5 guys and a high-protein diet; dreams really do come true.”) 

Fans yang melihat X-Men Origins: Wolverine tanpa spoiler pun bisa optimis setelah melihat penampilan Wade Wilson. Kalau Reynolds sudah bisa memerankan karakter Wade dengan keren dan kocak seperti itu, bagaimana jadinya kalau ia lanjut mengambil peran Deadpool, yang benar-benar tak terkendali?

Alih-alih, fans yang menyaksikan filmnya sampai akhir disuguhkan karakter ini.

Deadpool Palsu 2 - X-Men Origins WolverineKarakter ini bahkan tidak benar-benar disebut sebagai Deadpool. William Stryker menyebutnya sebagai Weapon XI. Tapi, seperti Deadpool, karakter ini benar-benar diciptakan dengan eksperimen khusus terhadap Wade Wilson. Hanya saja, ia tidak sekedar memperoleh luka permanen mengerikan, peningkatan kemampuan bertarung, dan healing factor super. Deadpool palsu ini malah menjadi semacam monster Frankenstein dengan kemampuan berbagai macam mutan. Termasuk tembakan laser dari mata seperti Cyclops.

Sutradara X-Men Origins: Wolverine bahkan begitu bersemangat mengutak-atik Wade Wilson, hingga mereka memutuskan menjahit mulutnya. Karakter berjulukan Merc With a Mouth, disajikan tanpa mulut. Benar-benar pertimbangan yang “baik,” sesuai dengan reputasi Fox yang sering mengacaukan properti superhero selain X-Men.

5 Alasan mengapa Fantastic Four gagal
Ini salah satu contohnya

Comic Book Movie pernah mengatakan kalau produser X-Men Origins: Wolverine sudah tahu langkah mereka berisiko. Namun mereka tetap nekat maju, berharap kalau masyarakat awam akan menerima karakter ini. Untungnya tidak demikian. Fans Deadpool marah luar biasa terhadap interpretasi ini, sementara fans awam sepertinya mengabaikannya. Bagaimana tidak? Sulit untuk tertarik terhadap karakter yang disajikan seperti monster generik seperti itu.

X-Men Origins: Wolverine tetap sukses di Box Office, meski tidak sesukses film X-Men sebelumnya. Tapi film ini menuai banyak cercaan. Hanya 38% kritikus di Rotten Tomatoes menganggap film ini standar atau bagus. Sisanya menganggap film ini sampah.

Kalau melihat kejadian di film The Wolverine dan X-Men: Days of Future Past, cerita X-Men Origins: Wolverine sepertinya diabaikan sepenuhnya oleh Fox. Kemudian trailer film Deadpool memastikan kalau Deadpool palsu bersama seluruh isi film ini benar-benar dilupakan.

Ryan Reynolds masih memerankan Wade Wilson dan kemudian Deadpool, tapi latar belakangnya jauh berbeda. Sejauh ini William Stryker tak terlihat, demikian pula dengan Wolverine. Bahkan Ryan Reynolds, dalam wawancara yang disajikan IB Times, menegaskan kalau Deadpool di film Deadpool tak ada hubungannya sama sekali dengan Deadpool di X-Men Origins. Satu-satunya yang sama hanyalah karakter itu diperankan Reynolds.

Untungnya masa kegelapan dari Deadpool palsu ini sudah berlalu. Sejak bocornya test footage, terlihat jelas kalau Deadpool yang akan muncul nanti adalah Deadpool sejati, yang akan benar-benar memuaskan fans dan penonton awam. Lengkap dengan komedi yang menghancurkan fourth wall dan kostum merah.

Deadpool-Empire-MagazineFilm Deadpool akan tayang 12 Februari 2016 di Amerika.


SHARE
Previous articleIni Lho Arti Sesungguhnya Dari PDF, 3GP, PSD, dan Lainnya!
Next articleTahu Banyak tentang Animanga? Ikuti Tantangan Kuis Tebak Animanga dari Dicoding dan Duniaku Ini!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.