Vakum di 2016, Ubisoft Siapkan AC Empire dengan Setting Mesir di 2017?

ac empire 2017

Tidak ada game Assassin’s Creed (AC) baru tahun 2016 ini. Sebagai gantinya, AC Empire yang ber-setting di Mesir akan dirilis 2017 mendatang. Benarkah?

Selama enam tahun terakhir (termasuk 2015 kemarin), setiap tahun Ubisoft tidak pernah absen merilis judul Assassin’s Creed (AC) baru. Terakhir, kita disuguhi dengan AC Syndicate yang ber-setting di sejarah Victoria, London. Nah, kali ini beredar sebuah rumor menarik mengenai eksistensi serial AC di tahun 2016 ini. Rumornya, Ubisoft tidak akan merilis satu pun game AC di tahun 2016 ini, dan lebih memilih untuk mempersiapkan game yang lebih matang untuk 2017. Benarkah?

Dilansir dari Kotaku, beberapa sumber internal dari Ubisoft sudah mengkonfirmasikan hal tersebut. Ubisoft tidak akan merilis satu game AC di tahun ini, dan memilih untuk menunda perilisannya pada tahun 2017. Pada tahun 2017 nanti, Ubisoft sudah menyiapkan satu game AC baru dengan kode AC Empire, yang akan ber-settig di Mesir kuno. Sumber internal tersebut juga menyebutkan, awalnya Empire disiapkan untuk rilis tahun 2016 ini. Namun karena performa Unity yang sangat mengecewakan di tahun 2014 lalu, Ubisoft pun akhirnya menunda perilisan AC Empire hingga 2017 mendatang. Selain itu, penundaan ini juga dimaksudkan Ubisoft untuk memberikan waktu improvisasi yang lebih banyak kepada tim pengembang, dan juga menyegarkan kembali pasar yang sudah “jenuh” dengan kemunculan judul AC setiap tahunnya.

ac empire 2017
Kabarnya, kekecewaan gamer terhadap AC Unity berimbas kepada rendahnya pendapatan dari AC Syndicate…

Kabar ini bukan hanya didengar oleh Kotaku saja. Beberapa posting online seperti di NeoGaf juga mengkonfirmasikan rencana Ubisoft ini. Malah ada rumor yang lebih menarik lagi, dimana AC Empire bukan hanya ber-setting di Mesir saja, melainkan bakal menjadi trilogi yang juga akan ber-setting di Roma dan Yunani kuno. Ketiga trilogi ini akan mengangkat karakter utama yang sama. Sepertinya, Ubisoft ingin melakukan hal yang pernah dilakukan sebelumnya dengan trilogi Ezio dalam AC II, AC Brotherhood dan Revelations lalu.

Bagaimana gambaran AC Empire nantinya? Posting di NeoGaf dari 4Chan membeberkan sedikit detailnya. AC Empire sendiri akan dikembangkan oleh tim yang berada di balik pengembangan AC IV: Black Flag, dimana tiga tahun lalu sutradara Black Flag, Ashraf Ismail sendiri mengungkapkan bahwa dirinya ingin mengeksplorasi Mesir di game selanjutnya. Disebutkan, Empire akan mengusung gameplay yang mirip dengan The Witcher, dimana progresi pemain dan sistem pertarungan yang bebas akan menjadi dua titik fokus utamanya. Peta game ini akan tiga kali lebih besar dibandingkan Black Flag, namun didominasi dengan dunia open world di desa-desa, sehingga meminimalkan aksi parkour seperti ciri khas AC yang kita kenal. Untuk menjelajah dari satu tempat ke tempat lain, kamu bisa menggunakan kapal ataupun kuda, meskipun kabarnya naval battle tidak akan disediakan dalam judul kali ini. Kamu juga akan memiliki satu elang yang bisa kamu perintah untuk melakukan banyak hal. Karakter utamanya disebutkan merupakan mantan budak, namun belum ada detail lebih banyak mengenai siapa dia sebenarnya.

film assassin's creed
Salah satu adegan film Assassin’s Creed yang mengisahkan Aguilar (Fassbender), seorang swordman di abad 15

Meskipun baru sekedar rumor, namun bisa dibilang kabar ini sudah cukup kredibel mengingat sumber yang “membocorkannya” dan juga referensi sejarah Mesir yang sudah banyak muncul di serial AC, baik di AC Unity dan DLC Dead Kings-nya, hingga beberapa novelnya (seperti novel Hawk yang cover-nya bisa kamu lihat di thumbnail artikel ini). Lantas, apa yang dirilis Ubisoft untuk menggantikan keberadaan seri AC di tahun 2016 ini? Kabarnya, mereka siap merilis Watch Dogs 2 di slot waktu tahun 2016 yang ditinggalkan AC Empire.

Meskipun minus game baru, namun sepertinya tahun 2016 ini kita tidak akan “sepi” dari serial AC. Di Januari dan Februari saja, akan ada dua game side scrolling AC Chronicles Russia dan India yang siap dirilis. Belum lagi di akhir tahun 2016, tepatnya 21 Desember 2016, dimana tanggal tersebut merupakan jadwal rilis dari film AC yang dibintangi oleh Michael Fassbender.

Sumber,2


SHARE
Previous articleUji Mata Kamu di Find the Panda!
Next articleFakta Menarik Film Home Alone yang (Mungkin) Belum Kalian Ketahui!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.