Mengintip Persiapan Jakarta Jelang Pelaksanaan GGJ 2016 Jakarta

ggj 2016 jakarta

Jakarta tidak ketinggalan akan ikut dalam kemeriahan Global Game Jam (GGJ) 2016. Seperti apa persiapan GGJ 2016 Jakarta ini?

Sambut Global Game Jam 2016, Gelaran Ketiga “Akar” Kolaborasi Industri Game Indonesia

Kurang lebih sekitar dua bulan lagi, genderang Global Game Jam (GGJ) 2016 akan kembali ditabuh. Indonesia kemungkinan besar akan kembali berpartisipasi.
Baca Juga

Sejak pertama kali penyelenggaraannya tahun 2014 lalu, Jakarta tidak pernah absen dalam menyelenggarakan Global Game Jam (GGJ) 2016. Tahun ini, GGJ 2016 Jakarta akan kembali digelar di markas Lyto, Jl. Panjang No. 8 Kebon Jeruk Jakarta Barat sama seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai tanggal 29 Januari hingga 31 Januari 2016. Bagaimana persiapan komunitas developer game Jakarta dalam menyambut game jam selama 48 jam penuh yang digelar secara serentak di seluruh dunia ini?

Untuk menggelar acara ini, panitia GGJ 2016 Jakarta dibantu oleh dua publisher game online papan atas Indonesia. Selain Lyto yang mendukung dalam menyediakan jam site (tempat penyelenggaraan), GGJ 2016 Jakarta juga didukung oleh Megaxus yang menyediakan konsumsi. Sedangkan untuk kepanitiannya sendiri, ada beberapa studio papan atas seperti Toge Productions, Arsanesia dan Touchten Games, yang dibantu oleh komunitas developer game Jakarta.

GGJ 2016 Jakarta

Mengenai persiapan sendiri, Jonathan Manuel Gunawan dari Toge Productions sekaligus salah satu panitia dari GGJ 2016 Jakarta mengungkapkan bahwa persiapan sudah selesai. “Persiapannya sih sudah beres semua, tinggal sosialisasi aja biar pesertanya banyak,” ungkap Jonathan saat dihubungi oleh Duniaku.net.

Mengenai format acaranya sendiri, Jonathan mengaku tidak ada banyak perubahan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perubahan hanya ada di sisi kepanitiaan saja, dimana kali ini lebih banyak developer Jakarta yang terlibat untuk menyusun dan menyiapkan acaranya. “Kalau sebelumnya yang handle 100% dari Kris Antoni (CEO dari Toge Productions) sendiri, tahun ini rekan-rekan komunitas (termasuk saya) mulai ikut bantu,” lanjutnya.

Karena konsumsi sudah mendapatkan dukungan dari Megaxus, maka pendaftaran GGJ 2016 Jakarta ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jika kamu berada di Jakarta dan sekitarnya, kamu bisa langsung mendaftarkan dirimu ke site Jakarta dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jonathan mengungkapkan, bahwa tahun ini mereka menargetkan ada 60 peserta yang terdaftar di site Jakarta ini, meningkat dari tahun sebelumnya yang diikuti 40 orang. Dari pantauan Duniaku, sampai artikel ini ditulis sudah ada sekitar 21 jammer (peserta) yang akan mengikuti GGJ 2016 Jakarta ini. Jangan ketinggalan untuk ikut keseruan GGJ 2016 Jakarta, daftarkan dirimu sekarang juga!

Jika kamu penasaran dengan suasana dan game hasil GGJ 2015 tahun lalu, kamu bisa menyimak artikel liputan dari Duniaku di bawah in.


SHARE
Previous articleLenovo LINK, Flash Drive yang Menjadi Jembatan Antara Smartphone dan PC
Next articleGodzilla Akan Alami Perubahan Wujud dalam Godzilla Resurgence! (Spoiler Alert!)
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.