Kompetisi Capoeira Pertama di Indonesia Segera Digelar!

kompetisi capoeira

Gamers yang menyukai genre fighting pastinya nggak asing dengan karakter Eddy Gordo. Karakter yang muncul pertama kali di game fighting Playstation, Tekken. Apa yang membuat Eddy Gordo menarik, jawabnya ada di gerakan atau style beladiri yang dimilikinya, yaitu Capoeira. Sebentar lagi, Kompetisi Capoeira pertama di Indonesia akan segera digelar di Yogyakarta!

Sesuai tempat kelahirannya di Brazil, Capoeira berkembang pertama kali di Bahia oleh seorang legenda bernama Mestre (Master) Bimba yang memiliki nama asli Manoel dos Reis Machado. Lahir pada 23 November 1899, Mestre Bimba memperkenalkan Capoeira ke kaum budak yang dikirim dari Angola oleh tentara Portugis di Brazil. Banyak versi yang menyebutkan asal-usul Capoeira, salah satunya adalah sebuah upaya menyamarkan beladiri melalui gerakan yang mirip tarian. Kombinasi gerakan yang kompleks nan indah ini merupakan perpaduan antara tarian, gerakan akrobatik dan musik.

kompetisi capoeira

Capoeira di Tanah Air masuk pada tahun 1999 tepatnya pada 18 Oktober 1999, berkat program pertukaran pelajar Australia-Indonesia di kota pelajar Yogyakarta pada saat itu. Kemudian dua orang pecinta beladiri Wushu, Yudhi “Leao” & Albi Kustaman merasa tertarik dengan gerakan yang mereka temui ketika berlatih di area Boulevard Grha Saba UGM.

Itulah cikal bakal Capoeira di Indonesia. Selanjutnya pada perkembangannya, Capoeira mulai dikenal luas di seluruh Indonesia dan para pelajar yang telah berlatih bertahun-tahun pun direkrut oleh berbagai perguruan (Grupo) luar kota hingga luar pulau, yang berafiliasi langsung dengan Grupo Capoeira Brazil.

kompetisi capoeira

Satu sosok yang merupakan antusias Capoeira sejak awal bergabung di Capoeira Jogja Club (nama awal Grupo pertama di Indonesia), bernama Hendro “Abhela” Saputra. Bertahun-tahun mempelajari gerakan Capoeira, menjadikan sosok Hendro sebagai seorang instruktur Capoeira kenamaan di Indonesia.

Capoeira

Melalui afiliasinya Capoeira Brasil Hendro ingin mengajak para praktisi Capoeira di seluruh Tanah Air untuk berpartisipasi di Kompetisi Capoeira yang menurut agenda akan diselenggarakan di Ambarrukmo Plaza – Yogyakarta, pada tanggal 10 Januari 2016. Kompetisi Capoeira ini akan diresmikan secara langsung oleh Bapak Ir.Eddy Wahyudi yang merupakan Kepala Dinas Disdikpora Balai Pemuda dan Olahraga.

Capoeira
Kepala Dinas Disdikpora Balai Pemuda Ir. Eddy Wahyudi M.P.d dan Olahraga. DIY yang akan membuka dan memberikan sambutan Kompetisi Capoeira di atrium Ambarrukmo Plaza, Yogyakarta

Dengan diadakannya Kompetisi ini, Hendro berharap kedepannya dapat memunculkan Capoeirista (sebutan untuk praktisi Capoeira) di seluruh Tanah Air dan berprestasi di kancah kompetisi Capoeira Internasional.

Pengumuman Kompetisi Capoeira


SHARE
Previous articleBegini Jadinya Jika Naruto x Hinata Bertukar Gender!
Next articleCosplay Tatsumaki “One-Punch Man” Ini Benar-Benar Imut! (NSFW)
Wing Chun Practitioner | Street Journalist | Administrator of Some Action Figure Communities | Former Water Polo Player | Former Soccer Player | Simple |Naturalist | Animal Care