Facebook Bikin Shock Secara Virtual Reality, Oculus Rift Beneran Sampai 20 Jutaan!

Oculus-Rift-1

Oculus Rift Pamer Game VR Terbaru, Udah Siap Nge-Game Secara Virtual?

TGS 2015 mungkin menjadi milik PlayStation VR, namun Olucus VR tidak mau membuat Sony senang terlalu lama. Berikut deretan game virtual reality terbaru untuk Oculus Rift. *masih nunggu Sword Art Online*
Baca Juga

Dan akhirnya, Oculus VR memastikan kapan dirilisnya, dan berapa harga perangkat virtual reality pertama mereka, Oculus Rift, yang saat ini juga resmi menjadi milik Facebook sejak Maret 2014 lalu. Sebelumnya mereka hanya mengatakan headset virtual reality ini mulai dijual kuartal pertama 2016 ini. Namun melalui press release mereka kemarin, akhirnya kita mengetahui jika untuk pemesanan awal Oculus Rift dilakukan mulai 28 Maret 2016. Berapa harganya? US $599, atau sekitar Rp. 8 jutaan! Dan ya, itu dua kali lipat dari perkiraan kami sebelumnya, yang hanya sekitar Rp. 4 jutaan! Kalian bisa memesannya melalui Oculus.com dan bakal dikirimkan ke 20 negara mulai 28 Maret 2016 mendatang. Oculus Rift juga bakal dijual melalui terbatas melalui beberapa retailer online dan offline mulai April 2016 mendatang. Belum diungkapkan retailer apa saja yang menjualnya.

Lucky's-Tale-6

Ini Masa Depan, Oculus Medium Mungkinkan Dua Orang Bersentuhan di Dunia Virtual!

Ingat adegan dalam film Ghost, ketika Demi Moore membuat patung tanah liat bersama si om hantu? Ya, kalian bisa mewujudkannya nanti melalui virtual reality dari Oculus Rift ini!
Baca Juga

Kami yakin kalian langsung terkejut dengan hargaya. Ya, memang benar, jauh lebih tinggi dari ekspetasi. Lebih dari dua kali lipatnya! Lantas apa saja isinya kok bisa sampai semahal itu ya!? Paket standar Oculus Rift ini menyertakan headset virtual reality itu sendiri, yang sudah built-in headphone dan mic, kemudian sensornya yang akan menjembatani headset ini berhubungan dengan sistem PC, kemudian juga sebuah kontroler Xbox One, seperti yang juga sudah kami ulas sebelumnya. Menurut produsennya, Oculus VR, kontroler tersebut paling pas digunakan untuk memainkan game dari beragam genre. Ya, kami juga setuju kok… hanya harganya saja yang tetap bikin shock secara virtual reality! Bisa jadi mahalnya harga jual Oculus Rift ini karena dipaketkan juga satu game gratisan virtual reality, Lucky’s Tale, game action platformer yang dikembangkan oleh Playful. Game ini digadang-gadang sebagai Super Mario 64-nya Oculus Rift. Seperti apa sih game yang mungkin bikin mahal harga Oculus Rift tersebut? Lihat videonya di bawah:

Lucky’s Tale – Coming for the Rift!

Dan screenshotnya:

Oke, jika Lucky’s Tale dirasa kurang worth it membuat mahal paketan oculus Rift ini, ternyata Oculus VR juga memberikan Oculus Remote (atau sebelumnya disebut Oculus Touch, lihat halaman selanjutnya seperti apa bentuknya), kontroler lainnya yang didesain khusus untuk membantuk kalian selama navigasi antar muka headset ini secara virtual reality. Dengan Oculus Remote, dengan mudah kalian bisa melihat isi Oculus Store, melihat konten video 3600 dalam Oculus Video, atau juga merasakan banyak game serta konten hiburan berbasis virtual reality dengan lebih mendalam.

Oculus-Rift-2

Oculus-Rift-1 Virtual Reality

Harga Oculus Rift dan PlayStation VR Bisa Bikin Shock Secara Virtual Reality!

Tenang, harganya masih lebih murah dibandingkan motor matic generasi terbaru kok!
Baca Juga

Oke, masih kurang worth it? Oculus VR juga menawarkan tambahan lainnya, seperti akses dini pada versi virtual reality dari game EVE: Valkyrie (lihat cuplikan gameplay-nya dalam video di bawah) melalui Founder’s Pack, yang mendapatkan konten tambahan eksklusif, mendapatkan status sebagai founder di Valkyrie, dan lebih banyak lagi. Selain Lucky’s Tale, EVE: Valkyrie merupakan dua game diantara lebih dari 100 lainnya yang diklaim tersedia sebelum akhir 2016 untuk Oculus Rift, termasuk itu Minecraft. Sementara itu Rockband VR dari Harmonix, Edge of Nowhere dari Insomniac, dan The Climb dari Crytek juga bakal menyusul.

Oculus Rift Kickstarter Update

Oke, harga Rp. 8 jutaan itu masih belum membuat kalian shock secara virtual reality, masih ada kejutan lainnya. Seperti yang kami ungkapkan sebelumnya, kalian membutuhkan sistem PC yang mumpuni untuk menjalankan game virtual reality, dan terhubung dengan Oculus Rift. Memang Oculus VR memberikan beberapa penawaran, yang harganya bisa bikin gamer yang kantongnya pas-pasan langsung jantungan, karena setidaknya sistem tersebut ditawarkan dengan harga di atas Rp. 10 jutaan! Lantas jika sudah punya PC sendiri, minimal sekuat apa sih standarnya? Kami berharap ada revisi dibandingkan spesifikasi minimalnya sebelumnya. Namun ternyata…. sama!

Oculus-Rift-9

Oculus-Rift-5

Menurut Oculus VR, pihaknya menyarankan spesifikasi setidaknya GPU sekelas GTX 970, yang harga barunya saat ini masih di rentang Rp. 4 jutaan. Ya, kalian mutlak harus meng-upgrade PC untuk mendapatkan kenyamanan sistem yang mumpuni dalam mengeksekusi gamenya. Namun dengan PC yang sudah siap menerima Oculus, kalian bakal dimudahkan, dengan membayar lebih mahal tentunya. Berikut spesifikasi sistem yang disarankan oleh Oculus VR:

  • NVIDIA GTX 970 / AMD 290 yang setara, atau lebih tinggi
  • Intel i5-4590 yang setara, atau lebih tinggi
  • 8GB+ RAM
  • Kompatibel dengan HDMI 1.3 video output
  • 2x USB 3.0 port
  • Windows 7 SP1 64 bit atau yang lebih baru

Oculus-Rift-5

Pastikan saja kalian mengecek apakah sistem tersebut sudah memenuhi syarat untuk diajak masuk dunia virtual reality menggunakan Oculus compatibility tool.

Dan ya, jika kalian masih belum punya PC, bisa melirik tawaran Oculus VR lainnya, Oculus Ready PC. Ini merupakan bundel PC yang dijamin bisa menjalankan game Oculus Rift, lengkap dengan headset tersebut dalam paket pembelian, yang bisa dipesan mulai Februari 2016 mendatang. Harganya….. paling murah Rp. 20 jutaan gan!

Oke Oculus, kalian sukses membuat kami shock secara virtual reality!

Untuk ulasan lainnya mengenai Oculus Rift, pastikan kalian membuka artikel kami sebelumnya melalui tautan berikut ini.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articleAwas Tersihir, atau Nyasar ke Dimensi Lain dalam Ruang Kerja Doctor Strange!
Next articleDi GGJ 2016 Surabaya Kamu Bisa Coba Bikin Game Pakai Kinect atau Google Cardboard!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.