Inilah Identitas Asli Riot Control Stormtrooper, Karakter Favorit Baru Para Fans Star Wars!

riot control stormtrooper tr-8r

Siapa sebenarnya Riot Control Stormtrooper, alias TR-8R yang menjadi buah bibir di kalangan fans Star Wars pasca kemunculannya dalam The Force Awakens? Disney sudah membuka identitas rahasianya!

Riot Control Stormtrooper – Karakter yang Mengundang Banyak Meme!

Walau cuma tampil sebentar, karakter yang satu ini berhasil mencuri perhatian fans!
Baca Juga

Lupakan dulu Captain Phasma. Yap, Captain Phasma yang diperankan oleh Gwendoline Christie sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi satu karakter favorit baru di universe Star Wars, bahkan dianggap sebagai “Boba Fett” baru di kalangan fans. Namun sayang, perannya yang cukup “minor” di Star Wars The Force Awakens membuat banyak fans kecewa, dan melupakan fakta bahwa dia adalah trooper dengan armor paling keren di film ini.

Para fans pun lantas mengalihkan perhatian ke salah satu stormtrooper baru yang muncul di film ini: Riot Control Stormtrooper atau yang bahkan dinamai oleh fans dengan TR-8R. Nama TR-8R sendiri bukanlah nama resmi, dan hanya didasarkan kepada satu kata “Traitor!” yang keluar dari mulutnya untuk menarik perhatian Finn dalam pertempuran di Takodana. Karakter baru dengan senjata stun baton ini pun lantas menjadi favorit baru para fans Star Wars, hingga memunculkan banyak meme-meme kreatif di dunia maya. Bahkan, trooper ini juga memiliki lini mainan Hot Toys-nya sendiri!

Stormtrooper Riot Control - Toys

Namun siapa sebenarnya TR-8R alias Riot Control Stormtrooper ini?

Disney rupanya sudah paham bahwa TR-8R ini sudah menjadi buah bibir di kalangan fans, dan akhirnya merilis identitas resmi dari stormtrooper ini di website resmi Star Wars. Ternyata, nama asli dari TR-8R ini adalah FN-2199, yang awalnya merupakan salah satu stormtrooper “standar” seperti Finn. Ada kisah di balik mengapa FN-2199 tampak sangat marah dan menganggap Finn sebagai pengkhianat di film ini. Ternyata, FN-2199 adalah salah satu sahabat dekat Finn ketika dilatih oleh First Order!

Hal ini terungkap dalam kisah pendek Finn yang bisa kamu temukan di buku Star Wars: Before the Awakening. FN-2199 yang dikenal dengan nama Nines di kalangan anggota skuadnya adalah stormtrooper dengan rambut merah (duduk di belakang) yang bisa kamu lihat dalam artwork di bawah ini.

riot control stromtrooper tr-8r

Meskipun FN-2199 dan Finn berlatih secara bersama-sama, namun FN-2199 akhirnya bergabung dengan Riot Control, sebuah pasukan elit yang dibentuk oleh First Order untuk menumpas pemberontakan di planet-planet yang mereka kuasai, dan mendapatkan “keistimewaan” untuk menggunakan senjata spesial stun baton yang berkode Z-6 seperti yang kita lihat di dalam film. Mungkin ini sedikit menjawab pertanyaan kita mengapa Finn bisa menggunakan lightsaber saat bertarung dengan FN-2199 ini, karena memang sebelumnya mereka pernah berlatih dengan menggunakan stun baton saat digembleng oleh First Order.

Lantas, siapa sosok yang memerankan FN-2199 di Star Wars The Force Awakens? Dia adalah Liang Yang, seorang stuntman yang sebelumnya berkontribusi untuk banyak film Hollywood seperti Skyfall dan 47 Ronin.

Jadi sebenarnya, Riot Control Stormtrooper selain FN-2199 masih ada banyak lagi, dan mungkin kita akan melihat “teman-teman” FN-2199 (dengan senjata yang lebih keren?) di Star Wars Episode VIII atau IX mendatang.

Sumber


SHARE
Previous articleSiap Berburu Mammoth? Intip Dulu Spesifikasi PC untuk Main Far Cry Primal Ini!
Next articleTrailer Terbaru Daredevil Season 2 – Stylish dan Misterius!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.