AGI Bersama Menkominfo Siap Kembangkan Industri Game Indonesia

menkominfo industri game indonesia

Asosiasi Game Indonesia (AGI) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Indonesia, Rudiantara siap bekerja sama untuk memajukan industri game Indonesia.

Begini Serunya Diskusi Uji Publik Sistem Rating Game Indonesia!

Untuk memantapkan RPM Sistem Rating Game Indonesia, dilakukan diskusi uji publik yang mengundang beberapa pihak. Sayang, KPAI walk out dari diskusi ini.
Baca Juga

Perkembangan industri game Indonesia dari tahun ke tahun semakin pesat saja, baik dari segi game-game yang dirilis, maupun dari segi aktivitas yang dilakukan. Developer Indonesia juga semakin aktif dalam mengikuti berbagai event internasional yang digelar, mulai dari Casual Connect Asia di Singapura, PAX di Australia, GDC di Amerika Serikat dan Tokyo Game Show di Jepang. Nah, di tahun-tahun mendatang, industri game Indonesia dipastikan akan berkembang lebih pesat lagi, karena Asosiasi Game Indonesia (AGI) akan bekerja sama penuh dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk lebih memajukan industri game Indonesia, dan membawa lebih banyak game untuk go internasional.

Beberapa waktu lalu, AGI mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan Menkominfo Indonesia, Rudiantara mengenai rencana ke depan dari pengembangan industri game Indonesia ini. Pertemuan tersebut akhirnya menghasilkan tiga poin penting untuk memajukan industri game Indonesia di tahun-tahun mendatang. Apa saja?

menkominfo industri game indonesia
Menkominfo Indonesia, Rudiantara

Poin pertama, AGI bekerja sama dengan Menkominfo untuk menyelenggarakan dua event besar industri game di Indonesia. Jika menengok kembali ke belakang, industri game Indonesia memiliki dua event besar setiap tahunnya. Pertama, ada Game Developers Gathering (GDG) yang tahun lalu diselenggarakan di empat kota Indonesia dan puncaknya di GDG Prime 2015 Bandung. Dan kedua ada event game yang lebih mengarah ke konsumen, Indonesia Game Show yang sayangnya tahun lalu sempat vakum. Apakah ini pertanda, bahwa kedua event tersebut akan kembali digelar tahun ini dengan dukungan AGI dan Menkominfo?

Poin kedua, Menkominfo akan memfasilitasi ke kementerian dan industri lain untuk dukungan kebutuhan terhadap industri game. Dan yang ketiga, Menkominfo juga akan mendorong AGI untuk membuat grand design dari industri game. Sebelumnya, blueprint dari grand design industri game Indonesia sudah pernah diinisiasi oleh Robbi Baskoro, CEO dari Duniaku bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Grand design ini tentu diharapkan bisa menyempurnakan blueprint tersebut dan benar-benar bisa menjadi acuan untuk mengembangkan industri game Indonesia ini.

menkominfo industri game indonesia

Secara terpisah, Rudiantara juga mengungkapkan bahwa pemerintah perlu membantu promosi game-game Indonesia ke luar negeri. “Meski skalanya masih kecil. Tapi banyak game dari Indonesia diminati oleh internasonal. Perlu adanya promosi ke luar negeri,” ungkap Rudiantara seperti dikutip dari Detik. Rudiantara juga menyebutkan, bahwa detail dari bentuk promosi tersebut akan dibahas secara bersama antara Kemenkominfo, Badan Ekonomi Kreatif dan AGI.

Semoga sinergi antara AGI dengan Menkominfo ini bisa membawa perubahan yang signifikan untuk industri game Indonesia agar semakin baik lagi ke depannya!


SHARE
Previous articleAkhirnya Candy Crush Jelly Saga Resmi Dirilis di Indonesia!
Next articleIngin Belajar Bikin Musik Game yang Benar? Ikuti Game Music Talk #5 Ini!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.