Ribet Pake BlueStacks? Remix OS Ubah PC Menjadi Android Super Gahar dalam Sekejap!

Remix-OS-Android-2

Android ada dimana-mana, bahkan di dalam desktop atau laptop kalian. Yang mencari solusi hemat, biasanya memilih memaksimalkan PC menggunakan BlueStacks, sehingga masih bisa menjalankan aplikasi dan game android melalui PC. Namun kini ada solusi lainnya yang lebih sederhana (dan lebih maksimal pengoperasiannya) dalam menjalankan Android melalui PC, yaitu melalui Remix OS, sistem operasi baru yang berbasis pada Android-x86, yang bertujuan membawa sistem Android ke platform PC! Remix OS pertama kali dikenal Juni 2015 lalu, melalui sebuah kampanye Kickstarter PC mini yang dijuluki Remix Mini. Sistem PC mungil tersebut menjalankan OS berbasis Android. Sukses Kickstarter mengantarkan sistem tersebut dijual mulai Oktober 2015, dan bisa kalian temukan melalui banyak toko retailer online seperti Amazon. Spesifikasinya standar, seperti prosesor 1.2GHz quad core Cortex A53 64-bit dari Allwinner, storage 8GB atau 16GB dan 1 atau 2 of RAM, serta menjalankan Android Lollipop. Dan kini melalui event Consumer Electronics Show 2016 (CES 2016) yang berlangsung hingga akhir pekan kemarin, Remix OS yang memang OS terbuka yang bisa dikembangkan dengan bebas, dikonfirmasikan bakal dirilis mulai 12 Januari 2016 besok.

Remix OS 2.0 Demo

Remix-OS-Android-3

Baru versi alphanya yang bisa kalian unduh melalui lama developernya, Jide di www.jide.com/en/remixos-for-pc. Namun mereka memastikan jika OS tersebut akan menjadi wujud terbaik impian menjalankan antar muka Android (Lollipop) melalui PC. Kalian bisa menjalankan Remix OS 2.0 melalui PC dengan mengunduhnya ke dalam flash drive, dan kemudian booting sistem dari drive tersebut. Saat menjalankan OS-nya, kalian mendapatkan akses ke Google Play Store, memungkinkan kalian meng-install dan menjalankan ratusan game dan aplikasi. Kemudian tidak seperti kebanyakan versi Android, antar muka Remix OS menyertakan taskbar seperti layaknya Windows, ada opsi untuk , melihat beberapa aplikasi bersamaan dalam bentuk jendela fleksibel yang ukurannya bisa diperkecil, serta manajemen memory yang menjamin kalian tidak akan kehilangan data ketika berganti antar aplikasi ketika kekurangan memory.

Remix-OS-Android-5

Seperti tertulis melalui laman resminya, “Dengan merevitalisasi hardware kalian menggunakan Remix OS untuk PC, hembuskan nafas kehidupan baru dengan lebih dari 1.6 juta aplikasi Android. Entah untuk bekerja di sekolah, atau di kantor, menonton acara TV atau memainkan game favorit, ekosistem Android yang beraneka-ragam selalu memiliki sesuatu untuk apa yang kalian butuhkan dan ingin lakukan.

Remix-OS-Android-4

Keputusan Jide menawarkan Remix OS mereka untuk bisa kalian unduh gratis bisa jadi karena Remix Mini bukanlah konfigurasi hardware terkuat, dan dengan PC yang sudah lama kalian miliki saat ini, seharusnya Remix OS bisa berjalan lebih kencang. Syarat utamanya hanya satu, sistem PC kalian entah itu menggunakan chipset dari Intel atau AMD, dan kami rasa itu bukan suatu masalah mengingat mayoritas PC menggunakan entah itu Intel atau AMD sebagai penggerak utamanya.

Remix-OS-Android-6

Untuk kebutuhan spesifikasi minimalnya, Jide memang tidak mengungkapkan. Namun disebutkan jika PC dengan prosesor Core i7-4590 diklaim tiga kali lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S6 saat di-benchmark. Oke, Intel Core i7-4790 masih berkisar Rp. 4 jutaan. Namun dari hasil benchmark, hasilnya nyaris 3 kali lebih kencang dibandingkan Galaxy Note 5 lho! Bisa disimpulkan untuk hasil maksimal, mereka menyarankan minimal Core i3 untuk Remix OS ini berjalan seperti ketika kalian mengoperasikan Android Lollipop melalui Galaxy S6. Selama CES 2016 sendiri Jide mendemokan OS mereka ini melalui laptop yang menggunakan prosesor Core i5. Sedangkan untuk flash drive-nya, yang menjadi sarana utama untuk menyimpan data Remix OS, setidaknya dibutuhkan minimal USB 3.0 yang mendukung format FAT32, dengan kapasitas minimal 8GB dan writing speed 20MB/s. Selain itu, PC kalian juga mendukung opsi USB legacy boot untuk menjamin bisa booting Remix OS melalui flash drive.

Beberapa fitur antar muka dan aplikasi Remix OS:

Remix-OS-Android-7

Remix-OS-Multiple-Window
Mendukung multitasking banyak jendela bersamaan. Fleksibel karena layar PC yang lebar, sehingga pengoperasiannya menjadi lebih mudah.
Remix-OS-Resizeable-Window
Jika ada jendela yang terlalu besar, bebas kalian perkecil, atau perbesar.
Remix-OS-Minimize-Maximize
Juga mendukung memaksimalkan langsung tampilan jendela, atau minimalkan di system tray… seperti operasikan OS Windows biasanya!
Remix-OS-Start-Menu
Berasa di “rumah” sendiri… ada ikon dan jendela Start Menu-nya!
Remix-OS-System-Tray
System tray ini menggantikan kolom notification serta beragam shortcut yang biasa kalian temui di smartphone atau tablet Android.
Remix-OS-Notification
Jika menggunakan PC dengan layar sentuh, tinggal sapukan jari kalian dari kanan-ke-kiri pada sisi kanan layar, maka kolom notifikasinya muncul. Opsi lain, klik mouse pada system tray.
Remix-OS-Keyboard-Shortcut
Shortcut yang biasa kalian temui di keyboard PC desktop dan laptop juga kembali di sini… lagi-lagi, berasa ini bukan sebuah Android!
Remix-OS-File-Manager
File manager-nya ga bikin ribet, bisa drag-and-drop juga menggunakan mouse…
Remix-OS-OTG
Space storage-nya kurang? Juga mendukung OTG kok… semoga saja hard disk berkapasitas besar juga dengan mudah dideteksi!

Lebih jelasnya lagi mengenai Remix OS, lihat saja video di bawah ini!

Remix OS 2.0 Sneak Peek

Remix OS Demo: Notes app

Remix OS Demo: Picture-in-picture function

Remix OS Demo: Notification Center

Remix OS Demo: Notification Center

Remix OS Demo: Targeted Screenshot

Remix OS demo: Email client

Remix OS Demo: Taskbar


SHARE
Previous articleSamsung Akhirnya Sadar, Galaxy S7 Kembalikan Slot MicroSD, Bahkan Juga Anti Air!
Next articleResmi! Server Blade & Soul Amerika Diluncurkan 19 Januari 2016 Ini
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.