Smartphone Project Tango dari Intel Ini Bisa Bikin Drone Berpikir Seperti Manusia!

Intel-Project-Tango-4

Google Project Tango Adalah Kinect Berwujud Smartphone, Bukan Sekadar Untuk Nge-Game!

Google mengkonfirmasikan inovasi baru, yaitu Project Tango. Teknologi ini mampu melacak jedalaman ruangan secara 3D, sehingga berguna untuk mengembangkan video game dengan efek yang realistis.
Baca Juga

Masih ingat dengan Project Tango? Perangkat mobile yang dikembangkan Google bersama divisi riset dan pengembangan Advanced Technology And Projects (ATAP) di Motorola yang memiliki sensor dan chip khusus untuk melacak pergerakannya di dalam sebuah area, sembari dalam waktu yang sama juga menciptakan peta 3D dari lingkungan di area tersebut. Konsep tersebut akan sangat berguna untuk kegiatan navigasi dalam ruangan, atau mengembangkan sebuah video game dengan efek yang lebih realistis hingga membuat pemainnya serasa masuk ke dalam lingkungan dalam game secara virtual reality. Awalnya, Google mengembangkan proyek tersebut sebagai sebuah smartphone saja, karena ukurannya yang ringkas. Namun kemudian berkembang juga menjadi Project Tango 3D, dalam bentuk tablet yang menggunakan spesifikasi gahar dari Google, chipset Tegra K1, RAM 4GB dan storage 128Gb. Dan berlanjut akhir pekan kemarin, melalui Event Consumer Electronics Show 2016 (CES 2016) yang mulai berlangsung besok, 6 Januari hingga 9 Januari 2016, Intel memperlihatkan pertama kalinya seperti apa bentuk smartphone Project Tango tersebut, Intel RealSense Smartphone Developer Kit.

Intel-Project-Tango-3 Intel-Project-Tango-1

Teknologi Pemetaan 3D Project Tango dari Google Dapatkan Tablet Bermesin Tegra K1

Masih ingat dengan Project Tango? Perangkat mobile yang dikembangkan Google dengan sensor khusus untuk menciptakan peta 3D dari suatu lingkungan, kini diumumkan mendapat tambahan versi tablet.
Baca Juga

Smartphone Intel yang menjadi bagian software Project Tango ini masih belum memiliki nama akhir, namun sudah dibuka kanal pemesanan awalnya. Memang bukan pilihan yang akan dilirik banyak pengguna gadget, namun jelas fitur pemetaan 3D-nya akan berguna bagi kalangan profesi tertentu yang memang pekerjaannya membuthkan pengukuran akurat suatu ruangan, atau juga selama mengembangkan game virtual reality. Smartphone Project Tango ini sendiri berukuran bongsor, dengan diagonal layar 6-inchi serta resolusi Quad HD (2560×1440-pixel), yang menggunakan mesin Intel Atom x7-Z8700. Bukan tipikal Atom yang kalian temui dalam smartphone Asus, ini lebih CPU dan GPU yang lebih kencang karena memang dikhususkan untuk tablet, dengan teknologi terbaru 14 nm. Kecepatan prosesornya 2.4Ghz, plus ada memory 2GB RAM dan storage 64GB. Google Tango memanfaatkan konfigurasi kamera Intel RealSense di sisi belakang smartphone ini untuk membuat hingga ratusan ribu kalkukasi kedalaman dan geometris keadaan sekitarnya secara 3D, sehingga menciptakan pemahaman sekelas manusia akan ruang dan gerak melalui sebuah perangkat mobile. Logika yang paling mudah, teknologi ini bisa membantu, misalnya drone, bergerak otomatis dan bermanuver lebih baik ketika menghadapi rintangan di sepanjang perjalanannya. Project Tango, dan teknologi Intel RealSense, menjadikan kamera gadget seperti mata manusia.

Intel menawarkan Peoject Tango mereka melalui laman resminya, dan dibanderol dengan harga sekitar Ro, 5,5 jutaan. Belum dipastikan kapan smartphone ini bakal dirilis.

2016 CES: Highlights of Intel CEO Brian Krzanich’s Keynote

Intel® RealSense™ Technology Helps Drone Dodge Obstacle

 

 

 

 

 


SHARE
Previous articleKalian Punya Nyali? Cobain Jalan di Atas Gedung Pencakar Langit Virtual Reality Ini!
Next articleSamsung Akhirnya Sadar, Galaxy S7 Kembalikan Slot MicroSD, Bahkan Juga Anti Air!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.