Kampanye Kickstarter dan Greenlight ChemCaper Dimulai, Inilah RPG Edukasi Kimia Pertama di Dunia!

ChemCaper RPG Edukasi Kimia Kickstarter

ChemCaper, RPG edukasi Kimia pertama di dunia ini sudah memulai kampanye Kickstarter dan Steam Greenlight-nya!

IGS 2014: Indonesia dan Malaysia Berkolaborasi untuk Membuat Belajar Kimia Lebih Menyenangkan!

Takut dengan pelajaran Kimia? Dengan ChemQuest yang dikembangkan developer Indonesia, Artoncode dengan developer Malaysia, Ace Adventure ini akan membuat belajar Kimiamu menjadi lebih menyenangkan. Bagaimana caranya?
Baca Juga

Benci dengan pelajaran Kimia? Atau malah pusing (bahkan mau muntah?) kala diharuskan menghafalkan tabel unsur periodik dan reaksi dalam Kimia? Semua itu tidak akan terjadi lagi jika kamu memainkan game RPG kimia pertama di dunia yang berjudul ChemCaper ini. Kabar baiknya, kini ChemCaper yang dikembangkan oleh studio asal Malaysia, Ace EdVenture Studio ini tengah berkampanye di Kickstarter dan Steam Greenlight!

Pertama kali kami mendengar berita mengenai ChemCaper adalah saat konferensi pers yang dilakukan Ace EdVenture bersama dengan Artoncode Indonesia di Indonesia Game Show (IGS) 2014 lalu. Pada saat itu, Ace EdVenture mengkonfirmasikan bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah game edukasi kimia berjudul ChemQuest, dengan bantuan Artoncode Indonesia. Lambat laun, ChemQuest pun akhirnya berubah judul menjadi ChemCaper, dan mulai aktif dipamerkan di berbagai event, mulai dari Game Developer Conference 2015 hingga Tokyo Game Show 2015 lalu.

ChemCaper sendiri memang merupakan buah dari kerja sama Ace EdVenture dengan Artoncode Indonesia yang berbasis di Jakarta. Bagi Artoncode Indonesia sendiri, kampanye Kickstarter dari ChemCaper ini menjadi kampanye Kickstarter kedua mereka dalam kurun waktu satu tahun terakhir, setelah sebelumnya di pertengahan tahun lalu kampanye game mereka, Winterflame: The Other Side sukses menembus target pendanaan dan juga berhasil menembus Steam Greenlight.

ChemCaper RPG Edukasi Kimia

Untuk mengembangkan ChemCaper ini, Ace EdVenture dan Artoncode pun tidak main-main. Mereka sampai menggandeng beberapa guru berpengalaman di bidang Kimia untuk menjadikan game ini sesuai dengan target pembelajaran untuk anak usia 10 hingga 14 tahun. Bukan hanya itu, dari segi sound game ini sendiri, mereka pun menggandeng sosok Norihiko Hibino, komposer legendaris yang sudah berpengalaman menggarap musik untuk game AAA dari Konami, seperti Zone of Enders dan Metal Gear Solid!

Seperti apa sih ChemCaper ini? Dengan tagline sebagai RPG edukasi Kimia pertama di dunia, ChemCaper tampak ingin menggabungkan unsur-unsur dari gameplay RPG dengan mata pelajaran Kimia yang sangat kental. ChemCaper sendiri dimainkan seperti tipikal RPG. Kamu akan bertualang, bertarung melawan boss (menggunakan sistem turn-based Active Time Battle ala Final Fantasy), menaikkan level, dan mendapatkan skill yang akan membantu dalam memulihkan dunia Reac Ta yang menjadi setting dari game ini.

Nuansa pelajaran Kimia benar-benar terasa di setiap aspek dari game ini. Contohnya saja, dunia dari ChemCaper sendiri dibuat menyerupai model dari tabel periodik, yang mungkin akan sangat membantumu dalam menghafal tabel tersebut. Selain itu, ada juga berbagai mini game seperti membuat ramuan yang dijanjikan bisa membuatmu belajar mengenai berbagai reaksi kimia yang ada di bumi ini, dengan cara yang lebih menyenangkan tentunya.

ChemCaper RPG Edukasi Kimia
Sekarang tidak perlu pusing lagi hafalin tabel periodik!

chemcaper rpg edukasi kimia

Ace EdVenture sendiri mengadakan kampanye Kickstarter ChemCaper ini untuk versi PC-nya, yang diharapkan bisa didistribusikan via Steam dan juga box eksklusif untuk mengakomodasi siswa siswi yang tidak memiliki koneksi internet. Untuk itu, selain menggelar kampanye Kickstarter, ChemCaper juga menggelar kampanye Steam Greenlight, dimana kamu bisa memberikan vote YES di halaman Steam Greenlight resminya agar game ini nantinya bisa dirilis di Steam.

Selain dirilis untuk PC, bagian pertama dari ChemCaper yang bertajuk Petticles in Peril ini juga akan dirilis untuk platform Android dan iOS. Rencananya, untuk dua platform mobile ini akan dirilis pada bulan Maret 2016 yang akan datang.

chemcaper rpg edukasi kimia

Sampai artikel ini ditulis atau memasuki hari pertama kampanye Kickstarter-nya, RPG Edukasi Kimia ini sudah menarik minat lebih dari 100 backer untuk mendukung mereka. Total, sampai saat artikel ini ditulis ChemCaper sudah mendapatkan US $6.442. Kampanye Kickstarter dari ChemCaper ini akan berjalan selama kurang lebih satu bulan dengan target pendanaan US $50.000. Kamu juga bisa memberikan dukunganmu untuk ChemCaper melalui widget Kickstarter yang ada di bawah ini.