Ini Lho Smartphone Selfie Terbaik dengan Kamera Depan Pakai Lampu Blitz!

Zenfone-Selfie-3 Smartphone Selfie

Selfie dan wefie telah menjadi tren tersendiri di tengah pengguna smartphone. Meskipun kerap dikonotasikan negatif sebagai aktivitas yang terlalu narsis dalam kaitannya dengan eksistensi di jejaring sosial, namun swafoto atau foto narsisi (bahasa Inggris: selfie) juga berkembang menjadi suatu keharusan dalam mengabadikan setiap momen yang dirasakan penting oleh pengguna smartphone. Pose yang digunakan umumnya bersifat kasual, dan diambil dengan menggunakan kamera yang diarahkan ke diri sendiri, atau bisa juga melalui cermin. Objek foto ini biasanya hanya si fotografer pemegang smartphone, atau beberapa orang yang bisa dijangkau oleh fokus kamera. Selfie yang yang melibatkan beberapa orang disebut dengan wefie. Pada perkembangannya, selfie bukan sekadar memanfaatkan kamera depan suatu smartphone saja. Kamera utama smartphone yang memang esensinya lebih baik dibandingkan kamera sekunder, juga menjadi mendia untuk ber-selfie, memanfaatkan bantuan alat yang disebut tongsis, atau tongkat narsis.

Zenfone-Selfie-5

Temuan tongkat tersebut dianggap sangat membantu penggemar selfie, walaupun banyak juga yang menganggap ribet. Dan pada akhirnya, selfie menggunakan kamera depan, kamera sekunder, atau bisa juga disebut kamera selfie suatu smartphone adalah cara terbaik. Sayang, hasilnya kerap tidak memuaskan. Bahkan ketika digunakan berfoto dalam kondisi ruangan minim cahaya, hasil foto selfie bisa saja berubah menjadi creepy! Karena itulah, produsen smartphone mengantisipasinya dengan menawarkan smartphone Android yang mengatasi masalah penerangan selfie di ruangan yang remang-remang tersebut, dengan cara memberikan pencahayaan berupa LED flash di sisi depan kamera. Alhasil, meskipun ceruk pasarnya masih kecil, namun makin banyak pilihan smartphone Android yang mencoba mengantisipasi kendala teknis foto selfie ruang gelap tersebut.

Berikut kami kompilasikan 5 smartphone selfie terbaik dengan kamera depan ber-LED flash! Penilaiannya berurutan, dengan yang pertama menjadi yang terbaik dalam penilaian kami, dengan mempertimbangkan keseluruhan fitur hardware smartphone selfie tersebut.

5

Samsung Galaxy J5 dan Galaxy J7


Samsung-Galaxy-J5-19

Samsung Galaxy J5, Fitur Galaxy Note 5 dan S6 Edge+ di Harga 2 Jutaan!

Fitur Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ dalam Android 2 Jutaan!? Tenang, ini bukan tiruan, kloningan, atau supercopy-nya. Asli kalian dapatkan dalam Galaxy-nya Samsung...
Baca Juga

Well, kami memasukkannya dalam satu bagian karena memang diantara kedua smartphone Samsung ini tidak banyak perbedannya. Namun keseluruhan Galaxy J5 dan Galaxy J7 menawarkan value for money yang cukup baik untuk kelas sebuah Android Samsung. Penulis menyebut spesifikasi yang ditawarkan sangat seimbang, karena sepertinya Samsung ingin menjaring banyak pengguna Android yang memang sudah aware dengan kualitas hardware yang digunakan. Sebut saja melalui layar Super AMOLED-nya, yang biasanya hanya diberikan Samsung untuk Galaxy varian teratasnya. Layar yang dikenal dengan karakteristik level kontras yang sangat tinggi tersebut membuat warna obyek pada layar menjadi kelihatan lebih hidup, memiliki tingkat keterbacaan yang baik ketika digunakan di luar ruangan, level warna hitam yang begitu dalam pada layar Super AMOLED juga nyaman di mata. Layar Super AMOLED pun juga memiliki ciri hemat energi baterai.

Kemudian di sisi fotografi, Android ini mengajukan sensor kamera yang cukup advance di kelasnya. Meskipun tidak diketahui modul yang digunakan, hanya disebutkan kamera 13-megapixel-nya tersebut berjenis CMOS BSI, yang memiliki bukaan lensa f/1.9. Cukup besar di kelasnya, serta bukaan lensa tersebut setara dengan apa yang diberikan Samsung untuk Galaxy S6 dan Galaxy Note 5. Efek aparture yang lebar, lebih banyak cahaya masuk ke dalam lensanya, sehingga “mata” utama Galaxy J5 tersebut bisa melihat lebih jelas dalam kondisi minim cahaya. Hasilnya, foto yang diambil bakal terlihat lebih terang, dalam kondisi cahaya redup sekalipun. Jika pencahayaan ruangan memang sangat kurang memadai, masih ada LED flash untuk membantu penerangan.

Samsung-Galaxy-J5-20

Ini Smartphone Inovatif dari Samsung yang Bikin Selfie Lebih Asyik

Android Lollipop termurah Samsung yang telah memiliki koneksi 4G LTE, ada fitur dual SIM yang fleksibel, kapasitas baterai besar dan irit, bahkan kamera selfie-nya dilengkapi LED flash. Benar-benar pilihan yang worth it!
Baca Juga

Kamera selfienya 5-megapixel, degan lensa wide angle sampai 85o. Hasilnya, kalian bakal lebih mudah mengambil foto group selfie, dengan beberapa orang sekaligus menjadi obyeknya. Samsung juga menambahkan modul LED di sisi depan, untuk mendukung kinerja kamera tersebut agar lebih mamsimal dalam mengambil foto di ruangan minim cahaya. Kami menyebutnya hanya LED saja, karena memang itu sebatas lampu LED. Akan menyala terus ketika kalian mengaktifkannya, bukan otomatis menyala (flash) ketika shutter kamera ditekan.

Fitur lainnya, kalian mendapatkan mesin utama 64-bit Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, dengan 4 core Cortex-A53 yang kecepatannya 1.2 GHz, dipadukan dengan GPU Adreno 306 dan 1.5GB RAM, lalu ada internal storage 8GB, dan slot microSD hingga 32GB, serta memiliki dukungan USB OTG jika kalian ingin menghubungkan flash disk dan dibaca melalui Galaxy J5. Koneksinya, mulai Dual SIM GSM, 4G LTE dengan koneksi LTE Cat. 4, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, USB 2.0, GPS dengan A-GPS dan GLONASS, serta baterai 2,600 mAh yang bebas digonta-ganti.

Galaxy J5 dan Galaxy J7 bak pinang dibelah. Keseluruhan fitur keduanya sama, khususnya, kamera dan layarnya. Pembeda hanya di sisi chipset, dimana Galaxy J5 menggunakan Snapdragon 410, dan Galaxy J7 sudah Snapdragon 615. Kemudian dimensi layarnya, jika Galaxy J5 hanya 5-inchi, maka Galaxy J7 sudah 5.5-inchi. Dan tentu saja, harganya. Galaxy J5 dibandero resmi Rp. 2,8 jutaan, sedangkan Galaxy J7 membengkak menjadi Rp. 3,7 jutaan. Keduanya cukup worth it untuk kelas Samsung. Keunggulan lainnya, baterainya tergolong irit.

Lanjut ke halaman 2…