Tidak Kembali dari Cuti Panjang, Lead Developer GTA Tinggalkan Rockstar

leslie benzies developer gta

Sosok penting dan juga lead developer GTA, Leslie Benzies dikabarkan sudah meninggalkan Rockstar. Apakah dia akan membuat studio baru yang lebih kecil?

Salut! Seorang Anak Sisihkan Uang Saku Demi Membeli Versi Original GTA 5 PC

Salut! Seorang anak rela menyisihkan uang sakunya untuk membeli versi original dari GTA 5 PC. Masih pakai game bajakan? Gak malu nih?
Baca Juga

Tidak ada yang meragukan skala dan juga kualitas dari Grand Theft Auto (GTA) 5. Jadi, tidak mengherankan apabila pasca perilisan GTA 5 lalu, salah satu sosok yang sangat berpengaruh dalam pengembangan game tersebut, Leslie Benzies mengajukan cuti panjang. Namun sayangnya, cuti panjang Benzies dari Rockstar tersebut rupanya untuk selamanya, dimana Rockstar Games sudah mengkonfirmasikan bahwa Benzies sudah meninggalkan studio tersebut dan memutuskan untuk tidak kembali.

Hal ini disampaikan Rockstar Games dalam pernyataan resmi yang dirilis pertengahan minggu ini. Seperti dikuti dari Kotaku, awalnya Rockstar mengaku bahwa Benzies cuti panjang sejak bulan September 2014 kemarin. Namun, Rockstar selalu menolak mengatakan bahwa produser sekaligus lead developer GTA ini mengundurkan diri dari studio tersebut, dan menyebut dia hanya mengambil cuti panjang setelah lelah menggarap GTA 5. Akhirnya setelah 17 bulan tanpa konfirmasi, Rockstar mengungkapkan bahwa Benzies akhirnya mengambil keputusan untuk tidak kembali ke studio tersebut.

leslie benzies developer gta

Benzies sendiri merupakan presiden dari Rockstar North, studio cabang Rockstar di Skotlandia yang mendapatkan tanggung jawab penuh mengembangkan GTA 5 lalu. GTA 5 sendiri merupakan game pertama yang dikembangkan secara penuh oleh Rockstar North, setelah di GTA-GTA sebelumnya, Rockstar selalu “membagi” pekerjaan ke beberapa studio cabang mereka. Benzies pertama kali bergabung dengan Rockstar pada tahun 1999, dan mulai terjun penuh untuk mengembangkan seri GTA sejak GTA 3 lalu. Selain menjadi produser dan lead developer GTA, Benzies juga tercatat merupakan produser dari beberapa game Rockstar lain seperti Red Dead Redemption, L.A Noire, dan Max Payne 3.

“Kami bisa mengkonfirmasikan bahwa Leslie Benzies mengambil cuti panjang pada 1 September 2014, dan sudah memutuskan untuk tidak kembali bekerja untuk perusahaan,” bunyi pernyataan Rockstar seperti dikutip dari Kotaku. “Kami sangat berterima kasih atas kontribusi Leslie untuk Rockstar selama 15 tahun terakhir, saat kami bekerja bersama-sama untuk membuat game-game yang menakjubkan,” lanjut pernyataan tersebut.

leslie benzies developer gta

Gunakan Trainer GTA 5 PC Ini untuk Kebal dan Peluru Tak Terbatas!

Baru beberapa hari dirilis, beberapa mod dan trainer GTA 5 PC sudah bermunculan. Salah satunya adalah trainer yang mempermudah penggunaan cheat ini!
Baca Juga

Benzies boleh meninggalkan jabatannya sebagai presiden di Rockstar North. Namun, Rockstar sudah mengkonfirmasikan bahwa studio tersebut masih beraktifitas normal. Posisi Benzies di Rockstar North sendiri digantikan oleh Aaron Garbut dan Rob Nelson, dua sosok veteran Rockstar yang sebelumnya menjadi art director untuk beberapa game yang dikembangkan Rockstar. Keduanya juga merupakan “orang dalam” Rockstar selama beberapa tahun terakhir.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak nama-nama besar yang meninggalkan studio yang sudah membesarkan namanya, dan memutuskan untuk menggeluti jalur indie. Cliff Bleszinski (kreator Gears of War), Ken Levine (Bioshock) dan Hideo Kojima (Metal Gear Solid) adalah beberapa contoh nyatanya. Apakah Benzies juga akan melakukan hal yang sama, keluar dari studio besar untuk membuat studio baru yang lebih kecil dan indie? Bagaimana dengan nasib GTA 6? Kita tunggu saja kabar selanjutnya!


SHARE
Previous articleKenang Naruto dengan OST Naruto The Last versi Indonesia!
Next articleCrossFire Pro League 2016, Turnamen untuk 8 Tim Terbaik CrossFire Indonesia!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.