Yang Perlu Kalian Ketahui dari Dragon Quest Builders, Minecraft yang Lebih Kiyut!

Dragon-Quest-Builders-1

Butuh 3C untuk Kuasai Dragon Quest Builders, Permainan yang Lebih Kiyut dari Minecraft!

Sama-sama kotak, namun ternyata game ini lebih imut dibandingkan Minecraft...
Baca Juga

Demam Minecraft juga melanda developer game Jepang. Juli 2015 lalu, Square Enix mengkonfirmasikan Dragon Quest Builders: Revive Alefgard, game Dragon Quest baru untuk PlayStation 4, PlayStation 3 dan PS Vita, yang bakal dirilis di Jepang 31 Januari 2016 mendatang. Square Enix bakal menjualnya dengan harga 7,800 yen atau sekitar Rp. 950 ribuan untuk versi PS4, 6,800 yen atau sekitar Rp. 850 ribuan untuk PS3 dan 5,980 yen atau sekitar Rp. 750 ribuan untuk versi PS Vita. Selama event Dragon Quest 30th Anniversary Project Presentation kemarin, Square Enix memastikan jika demo playable-nya tersedia 22 Januari 2016 besok untuk PS4 dan PS Vita. Sayangnya, data save yang kalian buat selama memainkannya tidak akan bisa dibawa ke permainan utamanya. Berikut rekaman video event lifestream tersebut:

Bersamaan dengan event tersebut, Square Enix merilis beberapa informasi baru sehubungan game ini, khususnya apa yang bisa kalian lakukan di Alefgard, setting dunia dalam game, di luar misi utama mengembalikan kembali dunia yang hancur. Misi sampingan tersebut bisa memberi reward khusus untuk karakter.

Dragon-Quest-Builders-5

Metal Hunter yang rusak duduk di depan mayat yang terbaring di sekeliling sekelompok bunga. Kalian bisa menggunakan sisa-sisa peralatan Metal Hunter tersebut untuk menyelesaikan menanam bunga.

Dragon-Quest-Builders-6

Sebelum mengajarkan kalian bagaimana cara membuat makam, seorang Hammerhood merasa sedih karena saudaranya menghilang. Bantu dia, maka kalian bisa mendapatkan apa yang ada di dalam peti harta di pojok makam tersebut.

Dragon-Quest-Builders-7Wanita ini mandi di kolam pemandian terbuka, dan dia merasa ada yang memperhatikannya. Kalian bisa membangun dinding untuk menghalangi mata yang terlihat jelas menatap tersebut. Namun sepertinya tidak akan semudah itu.

Selain misi sampingan tersebut, ada beberapa orang yang selamat dari kehancuran Alefgard oleh Dragonlord yang bakal membantu karakter, Hero dalam game ini. Pria yang mengelola armor shop ini misalnya, bakal mengajari kalian membuat senjata.

Dragon-Quest-Builders-3

Kemudian pria tua yang menyebut dirinya nabi Mutsuheta ini seakan-akan tahu jika kalian bakal datang ke dunia dan mengarahkan Hero ke suatu tempat.

Dragon-Quest-Builders-9

Kalian juga bertemu pria muda ini. Dia keturunan pemain harpa dan menyukai musik, namun dia tidak memiliki harpa. Bantuan apa yang bisa kalian dapatkan darinya?

Dragon-Quest-Builders-8

Karena ini sebuah Dragon Quest, maka tidak akan lengkap tanpa kehadiran monster-monster khas serial ini. Seperti diantaranya berikut ini:

Seekor naga yang melindungi peti harta...
Seekor naga yang melindungi peti harta…
Beberapa Slime yang berkumpul menyatu menjadi King Slime...
Beberapa Slime yang berkumpul menyatu menjadi King Slime…
Atau Metal Slime yang bisa kalian kalahkan untuk mendapatkan material berharga, bukanya exp. point!
Atau Metal Slime yang bisa kalian kalahkan untuk mendapatkan material berharga, bukanya exp. point!

Seperti yang kami tuliskan sebelumnya, Dragon Quest Builders mengambil setting di Alefgard, sebuah dunia yang dihancurkan Dragonlord, manusia pun perlahan berkurang jumlahnya, dan kalian bertugas sebagai Hero baru untuk memulihkan kembali dunia tersebut dengan cara menatanya menggunakan unit yang berbentuk balok, sama seperti konsep dalam game Minecraft, dan juga sama dengan kebebasan mendesain dunianya. Square Enix tetap yakin menyebut Dragon Quest Builders ini sebagai “block-making RPG.”

Dragon-Quest-Builders-1 Dragon-Quest-Builders-4

Beberapa informasi lainnya yang kami dapatkan dari sang sutradara adalah mengenai gameplay-nya. Kalian bebas memilih karakter, dan memodifikasi penampilannya. Ada perbedaan antara cowok dan cewek mulai warna kulit dan rambut, hingga penampilan dan juga nama mereka.

Dragon-Quest-Builders-20

Salah satu mode permainannya disebut Free Build mode, yang akan terbuka setelah kalian menyelesaikan benua pertama. Semua resep material dalam membangun kota di Story mode bisa kalian gunakan di sini. Bedanya, di sini semua map dianggap sebagai kota, tidak ada monster, dan kalian bebas membangun dimana saja. Kalian bisa melawan monster di The Island of Cleared Stage Materials (area dari benua yang sudah diselesaikan dari mode Story) atau  Battle Island, semacam pulau terisolasi khusus untuk bertarung. Di sana, kalian bisa mendapatkan hadiah, dengan menggunakan Battle Tickets untuk masuk dan bertarung melawan monster. Lokasi dimana kalian bisa membangun disebud Home Area, dan bangunan yang kalian ciptakan di sana bisa dibagikan dengan pemain lainnya melalui PlayStation Network.

Lanjut ke halaman 2…

1
2

SHARE
Previous articlePreview League of Legends Garuda Series Season 6 Minggu Ke-2
Next articleInilah Daftar Lengkap Nominasi Piala Oscar untuk Tahun 2016!
Penggemar strategy RPG Jepang, serta semua serial Super Robot Wars, yang saat ini masih menjadi kontributor penulis artikel game guide salah satu media game Indonesia. Mulai memburu game-game mobile, dan juga emulator melalui gadget Android, hanya untuk memainkan kembali game-game RPG klasik, yang menurutnya tetap lebih baik dibandingkan game modern.