Pelaku Bom Sarinah Terinspirasi GTA 5? Berikut Klarifikasinya!

pelaku bom sarinah GTA 5

Aksi pelaku bom Sarinah yang akhirnya diketahui bernama Afif disebut-sebut terinspirasi dari Grand Theft Auto (GTA) 5. Benarkah kabar tersebut? Berikut klarifikasinya!

Teroris? Ini Bukti bahwa Kami Tidak Takut!

Banyak yang coba untuk mengalihkan kepanikan dengan membuat meme, gurauan, bahkan ada saja yang mencari keuntungan! Ini adalah bukti bahwa kami tidak takut.
Baca Juga

Dua hari lalu, Indonesia dikejutkan dengan serangan teroris yang menyerang kawasan jantung ibu kota Jakarta. Salah satu pelaku bom Sarinah -begitu banyak yang disebutkan oleh netizen akhirnya diketahui bernama Afif, yang beraksi mengenakan kaus hitam, topi hitam berlambang Nike, dan menyandang ransel, yang tertangkap kamera salah satu jurnalis luar negeri tengah menodongkan senjatanya. Afif sendiri muncul dari kerumunan masyarakat yang menonton kejadian bom Sarinah tidak jauh dari TKP.

Mengenai Afif sendiri, pagi ini muncul sebuah berita yang cukup mengejutkan bagi gamer. Salah satu website lokal Indonesia menyebutkan, bahwa aksi terorisme Afif ini ternyata terinspirasi dari aksi Grand Theft Auto (GTA) 5, game blockbuster besutan dari Rockstar gGmes. Afif sendiri disebut mirip dengan salah satu karakter yang muncul dalam GTA Online, dan menyebutkan bahwa aksi Afif mungkin terinspirasi dari karakter GTA 5 tersebut. Berikut adalah penampakan karakter dari GTA 5 yang disebut menjadi inspirasi Afif.

pelaku bom sarinah GTA 5Adanya pemberitaan ini bisa jadi membuat pandangan masyarakat terhadap game kembali negatif, bahwa game kembali menjadi kambing hitam aksi-aksi berbahaya yang memakan korban jiwa. Benarkah aksi brutal Afif memang terinspirasi dari GTA 5? Ternyata tidak!

12472697_1067598429959353_6177333806761588729_nKarakter GTA 5 yang disebut-sebut sebagai inspirasi Afif ternyata dibuat setelah kejadian bom Sarinah terjadi. Karakter yang dibuat oleh salah satu gamer dari Indonesia, Jati Suryo Buwono ini memang benar sangat mirip dengan Afif. Namun, Jati Suryo Buwono membuatnya (termasuk adegan kerumunan di belakangnya) setelah kejadian bom Sarinah terjadi. Itu artinya, pelaku bom Sarinah TIDAK terinspirasi dari karakter GTA 5 buatan Jati, melainkan sebaliknya.

Karakter GTA 5 yang dibuat Jati memang dibuat semirip mungkin sesuai dengan dokumentasi yang ada. Dikutip dari klarifikasi yang ditulis di akun Facebook IndonesianHoaxes, Jati membuat scene tersebut dengan menggunakan Rockstar Editor, sebuah fitur yang memungkinkanmu membuat video sendiri, serasa menjadi sutradara film sungguhan. Meskipun sangat mirip, namun jika dilihat lebih dekat lagi, ada beberapa perbedaan antara karakter yang dibuat Jati dengan Afif. Salah satunya adalah motif kausnya yang berbeda.

pelaku bom sarinah GTA 5Memang sejak peristiwa terorisme ini terjadi, ada banyak pemberitaan hoax yang beredar di dunia maya. Jadi, bijaklah dalam menerima informasi yang beredar dan juga teliti sumbernya agar tidak “terpancing” pemberitaan hoax yang banyak beredar ini.


SHARE
Previous articleSekuel To The Moon, Finding Paradise Dikonfirmasikan. Siap Bikin Baper Lagi!
Next articleTeaser Digimon Adventure Tri – Determination: Patamon dan Takeru Akan Berpisah!?
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.