Survei: Bagaimana Pengguna Mobile di China Mengkonsumsi Konten Hiburan?

konten hiburan camia

Sebagai negara dengan populasi terbesar di dunia, China tentu menjadi pasar yang “menggiurkan” bagi kreator konten hiburan di seluruh dunia. Namun sebelum membuat dan memasarkan konten hiburan (seperti game) ke negara tersebut, tentu kita harus memahami dulu bagaimana perilaku masyarakat di sana dalam mengkonsumsi konten hiburan tersebut.

Gadget mobile sudah membawa koneksi internet ke lebih banyak pengguna dan lebih banyak tempat dan waktu dibandingkan sebelumnya, yang artinya ada lebih banyak peluang untuk konsumsi kontennya. Berdasarkan penelitian pada bulan November 2015 terhadap pengguna gadget mobile di China, sebagian besar mereka mengkonsumsi konten di mobile tersebut pada saat waktu senggang mereka, seperti saat istirahat kerja ataupun saat berlibur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tencent Penguin Intelligence dan Tsinghua University, 43,4% pengguna mobile di China mengakses konten hiburan generik (termasuk game, browsing internet dan sebagainya) di gadget mereka pada saat istirahat kerja, berlibur atau saat waktu senggang lainnya.

konten hiburan - camia

Namun bukan berarti waktu-waktu “senggang” lain bukan peluang yang bagus bagi developer konten hiburan untuk menyajikan konten mereka. Buktinya, 36,2% responden mengaku bahwa mereka mengkonsumsi hiburan di gadget mobile mereka saat di toilet! Di tempat ketiga, sekitar tiga dari sepuluh responden mengaku bahwa mereka mengakses konten tersebut saat berada di atas tempat tidur, entah itu saat setelah bangun di pagi hari, ataupun saat sebelum tidur di malam hari. Menunggu kereta berada di posisi keempat, dimana satu dari empat responden mengaku lebih sering memanfaatkan waktu menunggu kereta untuk mengakses konten hiburan tersebut.

Lebih spesifik lagi untuk video, yang ditonton via YouTube, file yang sudah di-copy ke dalam gadget ataupun di media sosial. Hasilnya sama, bahwa lebih dari setengah responden mengatakan bahwa mereka menonton video di gadget mereka pada saat istirahat ataupun saat berlibur. Berbeda dengan saat bermain game, tempat tidur menjadi lokasi kedua favorit untuk menonton video di gadget dengan total responden 45,8% atau sekitar 4 dari 10 responden. Sedangkan toilet berada di tempat ketiga untuk menonton video, dan diikuti dengan saat menunggu kereta. Diprediksikan oleh eMarketer, tahun ini sekitar 332,4 juta orang di China menonton video melalui handphone mereka minimal satu kali dalam satu bulan.

konten hiburan - camia

Dengan memahami data-data ini, diharapkan developer konten hiburan bisa menentukan konten yang pas untuk dipasarkan ke negeri Tirai Bambu ini. Konten yang pas untuk dikonsumsi di waktu-waktu favorit pengguna mobile di Internet sesuai dengan hasil survei yang sudah dijabarkan di atas.


SHARE
Previous articleAyo Kumpulkan Hero Terkuat Dalam Game Mobile Terbaru, Wonder Tactics!
Next articlePolisi Ganteng dan Hal-Hal “Gila” yang Terjadi Setelah Bom Sarinah Jakarta
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.