Inilah "Iron Man" Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Bikin tangan robot, yang dikendalikan dengan kekuatan pikiran untuk meringankan pekerjaannya. Salut!

Inilah "Iron Man" Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Inilah Iron Man Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Tawan, si jenius "Iron Man" dari Indonesia ini bisa membuat tangan robot dari barang bekas untuk membantu pekerjaannya sehari-hari. Salut untuk Tawan!

[read_more id="69674"]

Tony Stark alias Iron Man selain kaya, juga dikenal karena kejeniusannya. Berkat otak encernya, Tony Stark mampu menciptakan Iron Man yang membantunya untuk mengalahkan musuh. Kali ini, muncul "Tony Stark" dari Indonesia, yang membuat tangan robot untuk membantunya dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Dialah I Wayan Sumardana atau yang akrab disapa dengan Tawan dari Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali.

Tawan hanyalah seorang tukang las biasa. Sehari-hari dia mengelas barang-barang rongsokan untuk dimanfaatkan kembali sesuai dengan pesanan pelanggannya. Ceritanya, enam bulan lalu, dia mendapatkan vonis dari dokter bahwa dirinya menderita stroke ringan, sehingga membuat tangan kirinya lumpuh. Kondisi setengah lumpuh ini sempat membuat dirinya stres dan tidak bisa bekerja. Padahal dia datang dari keluarga yang kurang mampu. Hal tersebut rupanya tidak membuatnya putus asa. Dia pun lantas mencari berbagai informasi di internet untuk membuat Inilah Iron Man Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Akhirnya dia pun menciptakan tangan robot ini. Tangan robot ini sebagian besar dibuat dari barang-barang bekas bahkan ada juga yang dari rongsokan, mulai dari onderdil kendaraan bermotor hingga perangkat elektronik. Setelah berkali-kali mencoba, akhirnya versi terakhir dari robot tersebut bisa membantu pergerakan tangan kirinya. "Alat ini belum sempurna, tetapi sudah lumayan membantu saya," ungkap Tawan seperti dikutip dari Inilah Iron Man Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Semakin menakjubkan, karena tangan robot ini berjenis Electroencephalography (EEG) alias dikendalikan menggunakan pikiran. "Menggunakan robot ini, sinyal otak saya terkuras. Saya harus konsentrasi memikirkan atau fokus kepada benda apa yang mau diambil atau mengerjakan apa. Kalau tak fokus, saya kesulitan. Jadi perlu memfokuskan otak untuk memerintahkan robot," lanjutnya. Tawan pun mampu mengangkat beban 10kg dengan mudah hanya menggunakan tangan robotnya itu!

Inilah Iron Man Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Tangan robot ini pun sangat membantu pekerjaan sehari-hari Tawan, meskipun juga masih dibantu oleh istri dan anak-anaknya. Dia mengaku, tanpa bantuan tangan robot ini, dia tidak bisa bekerja dengan baik seperti saat ini. Di tengah-tengah keterbatasannya, Tawan ternyata mampu menghasilkan inovasi yang sangat menakjubkan. Salut untuk Tawan, "Tony Stark" dari Indonesia! Semoga kreatifitas Tawan ini tidak "diganggu" oleh oknum-oknum pemerintah...

Sumber foto

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU