Pilihan Android RAM 4GB Terbaik Selain Zenfone 2 yang Dijual Resmi di Indonesia!

Asus-Zenfone-2-5 Android RAM 4GB

Sejak hadirnya Asus Zenfone 2 awal tahun 2015 lalu, dengan varian spesifikasi tertingginya sudah menawarkan memory RAM mencapai 4GB, membuat acuan benchmark di ranah smartphone kembali berubah. Jika sebelumnya gadget mobile dengan memory RAM 3GB dianggap menjadi salah satu faktor penentu kecanggihannya, maka kini salah satu syaratnya sebuah perangkat mobile disebut unggulan dan dijamin bebas lag adalah dengan kapasitas RAM-nya harus 4GB. Asus Zenfone 2 yang akhirnya dijual resmi di Indonesia sejak pertengahan tahun 2015 lalu menikmati masa-masa keemasannya sebagai satu-satunya pilihan bagi mereka yang mendambakan kinerja Android yang jauh dari kata lemot dan ngelag. Namun menjelang berakhirnya tahun 2015, Zenfone 2 harus mengakui jika dirinya tidak sendiri lagi. Satu-persatu mulai berdatangan smartphone Android lainnya yang mengajukan kapasitas memory lega RAM 4GB sebagai bagian konfigurasi hardware-nya. Bukan hanya di segmen kelas atas saja, seperti misalnya, Samsung yang mengajukan Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge Plus, namun vendor lainnya juga membidik segmen menengah yang harganya masih terjangkau oleh mayoritas konsumen Indonesia.

Kali ini untuk membantu kalian dalam memilah smartphone Android mana saja yang sudah didukung dengan jatah memory maksimal, kami beberkan beberapa pilihan Android RAM 4G terbaik berikut ini yang sudah dijual dan bisa didapatkan pasaran smartphone Indonesia, dan berapa harga jualnya saat ini.

Asus Zenfone 2

Harga-Asus-ZenFone-2-1 Android RAM 4GB

Asus semakin membuktikan kemampuannya untuk bersaing di pasar smartphone dengan merilis Asus Zenfone 2 yang sudah support koneksi data 4G LTE, bahkan memiliki dua slot kartu SIM. Android RAM 4GB ini memiliki internal storage 32GB atau 64GB yang bisa ditambah menggunakan micro SD sampai 128GB, sehingga pengguna bisa menyimpan data lebih banyak. RAM yang besar juga didukung dengan prosesor quad-core berkecepatan 2.3GHz dan OS Lollipop 5.0 menjamin kinerjanya lancar untuk keperluan apa pun juga. Fitur lainnya, ada kamera 13-megapixel, kamera selfie 5-megapixel, dan baterai berkatasitas besar 3.000 mAh, yang mendukung fast charging atau pengisian daya cepat. Alternatif lainnya adalah Zenfone 2 Deluxe. Varian lain Zenfone 2 ini sama persis dengan yang sudah kalian kenali, hanya saja internal storage-nya membengkak menjadi 256GB (128GB built-in smartphone, 128GB cloud storage). Kelemahan Zenfone 2 adalah ketahanan baterainya, yang menurut penulis tidak sebaik opsi AndroidRAM 4GB lainnya. Tersangka utama adalah chipset Intel yag digunakannya, yang juga mengalami masalah panas berlebih selama dioperasikan. Untuk harga jualnya, tipe dengan internal 32GB dan RAM 4GB kini ditawarkan dengan harga resmi Rp. 3,299,000. Sedangkan yang Zenfone 2 Deluxe dengan harga Rp. 5,999,000.

Oppo R7s

Main game dan menjalankan banyak aplikasi, tidak akan membuat OPPO R7s kehabisan nafas.

Oppo dikenal sebagai vendor smartphone yang memiliki ketajaman dan sensor kamera kelas atas, tidak heran jika kehadiran smartphone terbarunya selalu ditunggu. Ikut dalam pertarungan android 4GB RAM adalah Oppo R7s, yang sudah dijual sejak Desember 2015 kemarin. Bergantung dari bagaimana kalian memandangnya, Oppo R7s bisa menjadi kasta tertinggi keluarga Oppo R7, yang saat ini sudah eksis tiga varian lainnya, dengan yang termahal dipegang oleh Oppo R7 Plus. Oppo R7s yang harganya justru lebih murah dari Oppo R7 Plus bisa menjadi pilihan yang lebih baik dengan kapasitas RAM 4GB-nya, mengingat di sisi hardware, semua Oppo R7 sama persis, seperti menggunakan chipset Snapdragon 615 dan layar berjenis AMOLED yang terkenal adem dan irit baterai ketika digunakan untuk menonton konten video. Oh ya, di sisi kelengkapan sensor, Oppo R7s juga sudah memiliki sensor gyroscope dan compass, dimana kakaknya, Oppo R7 justru membuang sensor yang bisa mendukung kalian selama menikmati konten virtual reality tersebut. Berapa harganya? Saat ini Oppo menjual Oppo R7s dengan banderol Rp. 4,999,000.

Lanjut ke halaman 2…