Jadwal Tayang Star Wars Episode VIII Ditunda. Inikah Alasan Disney?

jadwal tayang star wars episode VIII

Disney menunda jadwal tayang Star Wars Episode VIII menjadi akhir tahun 2017. Apa alasan Disney menundanya? Berikut beberapa kemungkinan alasannya!

4 Teori Asal Usul Rey di Star Wars The Force Awakens

Bagaimana asal usul Rey di Star Wars The Force Awakens? Siapa orang tuanya? Berikut empat teori terbaik dari para fans mengenai sang protagonis baru ini!
Baca Juga

Star Wars The Force Awakens benar-benar sukses besar saat dirilis akhir tahun 2015 kemarin. Meskipun sampai artikel ini ditulis belum bisa mengalahkan Avatar dan Titanic yang merupakan dua film terlaris sepanjang sejarah, namun pendapatan Star Wars The Force Awakens sudah melampaui film-film Star Wars sebelumnya. Itu artinya, strategi marketing dan jadwal tayang yang dibuat oleh Disney untuk film ini cukup berhasil, dan membuat film ini mampu membawa franchise Star Wars kembali “hidup” dan mendapatkan banyak penggemar baru.

Setelah menonton film ini, tentu kamu penasaran dengan apa yang terjadi dengan Luke Skywalker dan Rey saat ending-nya bukan? Mungkin ini bisa menjadi sedikit kabar buruk buatmu, dimana Disney mengkonfirmasikan bahwa mereka menunda jadwal tayang Star Wars Episode VIII delapan bulan lebih lama. Awalnya, jadwal tayang Star Wars Episode VIII sudah dikonfirmasikan pada tanggal 26 Mei 2017. Namun semalam, Disney merubah jadwal tayang tersebut menjadi 15 Desember 2017 atau hampir dua tahun pasca perilisan Star Wars The Force Awakens.

jadwal tayang star wars episode viii

10 Pertanyaan Terbesar Star Wars The Force Awakens yang Belum Terjawab [SPOILER!]

10 pertanyaan terbesar Star Wars The Force Awakens yang masih belum terjawab sampai akhir film. Kemungkinan, semuanya bakal terjawab di film selanjutnya.
Baca Juga

Apa alasan penundaan ini? Sayangnya Disney tidak memberikan konfirmasi resmi mengenai penundaan jadwal tayang Star Wars Episode VIII ini. Hal ini membuat banyak penggemar berspekulasi mengenai alasan dibalik penundaan ini. Pertama, dengan menunda jadwal tayang, tentu Rian Johnson selaku sutradara memiliki tambahan waktu untuk membuat film ini lebih baik lagi. Beban berat untuk menyamai atau bahkan melebihi prestasi yang ditorehkan J.J Abrams dalam Star Wars The Force Awakens tentu ada di pundaknya. Dengan tambahan waktu 7 bulan ini, diharapkan Rian memiliki lebih banyak waktu berimprovisasi untuk membuat film ini bisa memuaskan penggemar.

Kedua, jadwal tayang di akhir tahun terbukti sangat menguntungkan Disney dari segi bisnis. Yap, di saat banyak film blockbuster Hollywood mengambil jadwal tayang di liburan musim panas (Summer), Star Wars The Force Awakens tampak tidak memiliki pesaing kuat di liburan akhir tahun. Hal tersebut membuat film ini sangat mendominasi teater di akhir tahun, dan terus mengeruk pundi-pundi uang di saat liburan Natal dan Tahun Baru. Tentu hal ini ingin kembali diulangi Disney, dimana tahun 2016 ini mereka juga berencana merilis Rogue One: A Star Wars Story pada akhir tahun, dan diikuti dengan Star Wars Episode VIII di akhir tahun 2017. Namun di 2017, Star Wars Episode VIII akan langsung berhadapan dengan Avatar 2, yang menurut rencana akan dirilis pada 25 Desember 2017.

jadwal tayang star wars episode viii

Ketiga berhubungan dengan bisnis franchise-franchise Disney lainnya. Seperti yang kita tahu, Disney juga memiliki Marvel Cinematic Universe yang sebagian besar selalu mengambil jadwal tayang di liburan musim panas. Di liburan musim panas 2017, Marvel siap merilis Guardian of Galaxy Vol.2 dan film Spider-man baru. Tentu akan tidak “sehat” bagi bisnis Disney jika meletakkan jadwal tayang Star Wars Episode VIII berdekatan dengan dua judul Marvel tersebut. Untuk mengisi slot waktu yang ditinggalkan Star Wars Episode VIII, Disney sudah menyiapkan sekuel terbaru Pirates of the Caribbean, Dead Man Tell No Tales yang akan dirilis pada 26 Mei 2017.

Di benak Disney, mungkin lebih baik bersaing dengan studio lain dibandingkan bersaing dengan franchise milik sendiri. Jadi, apa yang dilakukan oleh Disney dengan menunda jadwal tayang Star Wars Episode VIII cukup masuk akal. Bagaimana menurut kalian? Sabarkah kalian untuk menunggu lebih lama sebelum menonton kembali aksi Rey, Kylo Ren, Finn dalam Star Wars Episode VIII?

Sumber


SHARE
Previous articleRahasia Dapatkan Karakter Level 50 Secara Instant dalam Ragnarok Online 2!
Next articleTotally Awesome Hulk Siap Hancurkan Arena MARVEL Future Fight!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.