Light Novel Subject 09: Indonesia Pun Punya Mata-Mata!

subject 09 thumbsKamu sedang mencari light novel bertema spionase dan bersetting di Indonesia? Mungkin kamu ingin mencoba Subject 09, light novel buatan anak bandung ini.

Hal pertama yang terbesit dalam kepala kita jika membicarakan soal spionase mungkin tidak jauh-jauh dari 007, Bourne, The Day of the Jackal, Metal Gear Solid, Hitman, atau Splinter Cell. Kebanyakan, spionase selalu identik dengan negari-negeri barat. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Hal itulah yang dijawab oleh Korudo Kiraru, penulis light novel asal Bandung, melalui light novel buatannya yang berjudul Subject 09.

s5Subject 09 memulai debutnya pada tanggal 22 Mei 2015 yang berlanjut hingga sekarang dan diilustrasikan oleh Ekkigo. Seperti yang dikutip dari pernyataan resminya, Subject 09 berkisah tentang perjalanan mantan agen rahasia yang diciptakan pada akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto sebagai antitesis dari pergerakan oknum asing di daerah Nusantara. Agen tersebut tak memiliki nama, tak memiliki identitas, tak memiliki akta lahir, tak memiliki apapun yang dapat menghubungkannya dengan pemerintah, sehingga ia diberikan variabel “Subject 09” oleh para pelatihnya.

Sampai pada suatu hari, Subject 09 berbalik dan melawan pemerintah Republik Indonesia. Beberapa pejabat penting pemerintah mati mengenaskan, para ajudan pun meregang nyawa. Subject 09 mengamuk tanpa alasan. Sejak saat itu, dimulailah perang antara pemerintah dan Subject 09; konspirasi demi konspirasi terungkap dan kekacauan merajalela.

s1

Kurodo selaku pencipta Subject 09, dalam pernyataan resminya, berharap bahwa kreator lokal mampu membuat fiksi spionase. Kurodo juga menambahkan bahwa dia ingin berbagai instansi hankam di Indonesia menjadi referensi masyarakat kreatif lokal, bukan lagi CIA, bukan lagi DARPA, bukan lagi US Army seperti yang selama ini ditampilkan oleh Hollywood. Pada Subject 09, Kurodo menciptakan anggota Grup 3 Kopassus yang tangguh, ada CQB ala Densus-88, ada pensiunan kolonel Marinir yang jenius, ada teknologi-teknologi Pindad yang keren. Kurodo mengaku bahwa dia berusaha menyuguhkan cita rasa khas Indonesia pada genre yang kebarat-baratan ini.

s3Korudo dan Ekkigo berharap bahwa light novel yang mereka kerjakan akan mampu menjadi salah satu icon spionase di Indonesia.

Sampai saat tulisan ini dibuat, belum ada rencana apakah Subject 09 akan dicetak. Tetapi jika kamu penasaran, kamu bisa berkunjung ke salah satu situs mereka dibawah ini:


SHARE
Previous articleBerita Tawan Si Tangan Robot Hebohkan Netizen. Asli atau Hoax?
Next articleIstri Presiden Soekarno Akan Menjadi Seiyuu dalam Anime PriPara!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.