Berita Tawan Si Tangan Robot Hebohkan Netizen. Asli atau Hoax?

tawan si tangan robot

Pemberitaan Tawan si tangan robot dari Bali semakin banyak di media massa. Ada yang skeptis dan menganggap berita ini hoax dan terlalu dibesar-besarkan, ada pula yang mendukung.

Inilah “Iron Man” Indonesia, Bikin Tangan Robot untuk Bekerja Sehari-hari!

Bikin tangan robot, yang dikendalikan dengan kekuatan pikiran untuk meringankan pekerjaannya. Salut!
Baca Juga

Beberapa hari lalu, kami sempat menuliskan kisah dari I Wayan Sumardana alias Tawan, tukang las lulusan SD dari Bali yang membuat tangan robot untuk membantu pekerjaannya sehari-hari. Hal tersebut membuat banyak menganggap Tawan sebagai sosok yang jenius, dan disebut sebagai “Iron Man” alias Tony Stark Indonesia. Tawan sendiri membuat tangan robot tersebut karena sudah enam bulan belakangan dia mengalami stroke, sehingga membutuhkan bantuan alat untuk menggerakkan tangan kirinya.

Tentu tidak mudah untuk membuat tangan robot seperti yang dilakukan oleh Tawan. Hal ini pun disambut dengan apresiasi banyak pihak, seperti beberapa komentar dari pembaca Duniaku berikut ini.

tawan si tangan robot

tawan si tangan robot

tawan si tangan robot

tawan si tangan robot

tawan si tangan robot

tawan si tangan robot

Ada yang mengapresiasi, ada pula yang skeptis dengan berita mengenai Tawan si tangan robot ini. Banyak yang beranggapan, bahwa pemberitaan dari Tawan tersebut adalah hoax dan tidak benar. Sebagian menganggap, bahwa tangan robot berjenis Electroencephalography (EEG) sangat sulit dibuat dan membutuhkan alat dengan harga yang tidak murah. Bukan dibuat dengan barang-barang rongsokan elektronik dan komputer seperti yang dilakukan oleh Tawan.

duniaku-tawanrobot-7

duniaku-tawanrobot-5

duniaku-tawanrobot-1

duniaku-tawanrobot-9

Bahkan ada juga yang memberikan saran agar Tawan segera memberikan “label SNI” untuk tangan robotnya!

tawan si tangan robot

duniaku-tawanrobot-3

Ada yang bernada positif, ada juga yang menganggap skeptis kemunculan Tawan si tangan robot ini. Namun, apakah tangan robot dari Tawan ini benar-benar ada, ataukah memang hoax yang dibesar-besarkan media?

Dikutip dari Kompas, Tawan si tangan robot ini membuktikan bahwa alat yang dibuatnya ini benar-benar bekerja sesuai keinginan yang ada di pikirannya. Tawan membenarkan, bahwa cara kerja tangan robotnya ini menggunakan EEG, dimana gelombang listrik yang ada di otaknya dipindai oleh rangkaian elektronik yang melingkar di kepalanya, dan diterjemahkan dalam pergerakan mekanis tangan robot tersebut. Karena yang lumpuh adalah tangan kirinya, maka yang dipindai oleh alat EEG yang terpasang di kepalanya adalah bagian kanan otaknya. Tawan menjelaskan, bahwa alat ini dibuat sesuai dengan kebutuhannya, sehingga tidak bisa digunakan oleh orang lain.

tawan tukang las tangan robot

Tawan juga menjelaskan, bahwa EEG ini sebenarnya pengendalinya bukan otak sepenuhnya. Dia hanya perlu memikirkan apa yang ingin dilakukan, dan tangan robotnya itu akan bereaksi. Karena tidak dikendalikan oleh otak sepenuhnya, maka Tawan tidak pusing saat menggunakan alat ini. Hanya merasakan lelah saja jika beban yang dikerjakan terlalu besar.

Sebelum mengimplementasikan teknologi EEG, Tawan sendiri mengaku sudah tujuh kali mengganti-ganti metode untuk menggerakkan tangan robotnya. Mulai dari dikendalikan menggunakan remote control, bluetooth, layar sentuh smartphone, hingga akhirnya menggunakan EEG ini. Tawan juga mengaku, bahwa teknologi EEG ini bukan sesuatu yang mustahil untuk dibuat, dan sudah banyak orang yang bisa membuatnya.

Terlepas dari perdebatan bahwa pemberitaan mengenai Tawan si tangan robot ini hoax, terlalu dibesar-besarkan media atau tidak, tentu tetap kita harus mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Tawan ini. Di tengah keterbatasannya, dia tidak menyerah kepada keadaan.


SHARE
Previous articleStory of Seasons Baru Dikembangkan Untuk 3DS Pertanda Hari Jadi ke 20
Next articleLight Novel Subject 09: Indonesia Pun Punya Mata-Mata!
Gamer. Otaku. Suka film. Suka melakukan hal-hal yang baru.