Diam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!

jurus street fighter

Superhero Marvel ternyata nyolong jurus street fighter

Street Fighter adalah video game dengan genre pertarungan yang populer pada 90′-an, Berawal dari petualangan seorang karakter Ryu yang menantang jago-jago dunia, permainan Street Fighter berkembang menjadi pertarungan satu lawan satu dari berbagai karakter yang bisa dipilih. Bisa dibilang Street Fighter adalah tolak ukur game pertarungan 2D di era 90-an. Tak pelak jago-jago (game) tarung mulai ramai mengadu jurus-jurus Street Fighter untuk menjadi yang terbaik.

Seiring berjalannya waktu, Street Fighter pun juga ikut berkembang. Street Fighter pernah muncul dalam pertarungan 3D dalam Street Fighter EX, lalu kembali ke pertarungan 2D namun dengan peningkatan grafis yang signifikan dalam Street Fighter IV dan Street Fighter V. Bahkan jagoan Street Fighter -terkadang bersama judul Capcom keseluruhan- pernah bertarung dengan “dunia lain” seperti crossover melawan SnK, Marvel Comics, hingga lawan Tekken. Tentunya mengadu jurus-jurus Street Fighter dengan lawan dari dunia crossover lainnya menjadi salah satu hal yang menarik bagi fans Street Fighter.

jurus street fighter

Namun lucunya, Penulis menemukan keunikan dunia crossover di sekitar Street Fighter. Jurus-jurus Street Fighter senantiasa menjadi trend pop kultur tersendiri mengingat Street Fighter merupakan tolak ukur game tarung pada masanya. Jangan heran jika jurus Street Fighter seperti hadoken, shoryuken, atau tatsumaki senpukyaku kerap kali muncul di game Rockman, Devil May Cry, atau Rival School yang merupakan game dari Capcom sendiri, hingga muncul ke pop kultur luar Capcom seperti Double Dragon, Legend of Legaia, hingga jurus-jurus Tekken. Bahkan jurus-jurus Street Fighter juga muncul di pop kultur luar Jepang seperti Marvel Comics!
jurus street fighter
Pada dasarnya Marvel memang bukan sebuah game developer. Untuk membuat video game, Marvel perlu developer game lain untuk membuat berbagai judul game Marvel. Salah satunya untuk game tarung, Marvel berkolaborasi dengan Capcom hingga membuat berbagai judul, mulai dari X-Men: Children of the Atom hingga Marvel vs Capcom 3. Karena digarap Capcom, wajar kalau jurus-jurus Street Fighter terkadang menurun ke game tarung milik Marvel.
Tapi ternyata jurus Street Fighter juga muncul di luar garapan Capcom atau Street Fighter lho! Apa berarti Marvel sebenarnya mencolong jurus-jurus Street Fighter? Berikut adalah bukti bahwa Marvel colong jurus-jurus Street Fighter
Shoryuken
marvel vs capcom (1)
Kalau ini jelas-jelas Deadpool colong jurus khas aliran ansatsuken. Jurus ini berupa uppercut sambil melompat agar musuh terpental tinggi. Hal ini bisa terjadi mengingat Deadpool suka menembus batas realita, hingga wajar jika ia tahu mengenai Street Fighter.
Shoryuken muncul di Deadpool #27 (2012). Saat itu ia memukul Shadow cat (Kitty Pryde) secara mendadak sehingga Kitty tidak sempat membuat tubuhnya tembus. Hal ini sengaja dilakukan Deadpool untuk memancing emosi Wolverine.
marvel vs capcom (2)
Jurus Shoryuken Deadpool ini kembali muncul di Marvel vs Capcom 3. Bahkan membuat Ryu heran bagaimana bisa Deadpool mencuri jurus ini.
Wrath of the Raging Demon
Shin Gouki Satsu atau dikenal sebagai Wrath of the Raging Demon ini adalah jurus pamungkas terlarang dari aliran ansatsuken. Pada umumnya, jurus ini diawali dengan lingkungan yang menjadi hitam gelap. Lalu terjadi serangan-serangan yang tidak selalu diperlihatkan, dan diakhiri dengan lawan terkapar dengan sang pelaku jurus melakukan pose.
south east asia major 2016

Diam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!

Kenapa Capcom gak nuntut Marvel, ya?

Abaikan

Jurus serupa muncul di Marvel: Avengers Alliance. Kali ini pelakunya adalah Squirrel Girl dengan jurusnya Wrath of the Raging Squirrel -secara eksplisit, ini jelas-jelas merupakan lelucon dari Wrath of the Raging Demon-.
south east asia major 2016

Diam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!

Kenapa Capcom gak nuntut Marvel, ya?

Abaikan

Hyakuretsukyaku
marvel vs capcom (1)
Di antara semuanya, mungkin ini jurus yang paling janggal untuk dicolong. Hyakuretsukyaku merupakan jurus khas Chun-Li berupa tendangan satu kaki yang bertubi-tubi.
south east asia major 2016

Diam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!

Kenapa Capcom gak nuntut Marvel, ya?

Abaikan

Yang menjadi janggal adalah gerakan serupa dilakukan oleh Spider-Man (Miles Morales). Mengingat Miles tidak ada referensi memiliki pengetahuan mengenai silat ataupun memiliki kegesitan kaki hingga bisa melakukan jurus Hyakuretsukyaku. Muncul di Marvel: Contest of Champions, apakah ini merupakan bukti bahwa Marvel nyolong jurus Street Fighter?
south east asia major 2016

Diam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!

Kenapa Capcom gak nuntut Marvel, ya?

Abaikan


SHARE
Previous articleInilah Bukti Tawan, Tukang Las Bertangan Robot dari Bali adalah HOAX!
Next articleParkir Atau Berhenti? Perdebatan Polisi vs Sopir Taksi Ini Jadi Pembicaraan Hangat Netizen
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.