Parkir Atau Berhenti? Perdebatan Polisi vs Sopir Taksi Ini Jadi Pembicaraan Hangat Netizen

parkir atau berhenti - thumbsTahukah kamu definisi dari parkir atau berhenti? Sepertinya pak polisi yang satu ini tidak tahu perbedaannya, kalah dengan supir taksi.

Meme Saya Berhak Mulai Ramai Berteriak di Dunia Maya

Saya polisi, saya berhak... untuk jadi meme!
Baca Juga

Polisi lalu lintas dan pengguna jalan raya adalah kisah romantis yang tidak ada habisnya dibicarakan oleh penduduk Indonesia. Selalu saja ada insiden yang terjadi antara kedua sejoli ini dan rasanya tidak jauh-jauh dari apa yang kita sebut ‘penilangan’. Meski beberapa penilangan yang terjadi di jalan raya benar—seperti penilangan mantan anggota DPR yang keras kepala­—tetapi banyak juga beberapa penilangan yang ‘salah’. Seperti misalnya, perdebatan parkir atau berhenti antara polisi dan sopir ini.

Dalam sebuah acara dokumenter tindak tanduk polisi 86 milik NET., diperlihatkan sebuah penilangan yang terjadi di jalan raya terhadap seorang sopir taksi. Polisi tersebut menganggap bahwa sopir taksi tersebut salah karena telah parkir ditempat yang ada rambu dilarang parkir. Akan tetapi, sopir taksi dengan sopan menolak tilangan tersebut karena dia menganggap dirinya tidak parkir.

parkir atau berhenti - polisi vs sopir taksi

EPIK! Begini Jadinya Kalau Truk Kelebihan Muatan

Pagi all~~ Mari kita buka hari dengan tertawa :v
Baca Juga

Sang polisi yang bernama Aziz ini berpendapat bahwa si sopir taksi melanggar karena disitu tertulis dilarang parkir dan dia parkir. Dilain pihak, si bapak sopir taksi mengatakan bahwa dia tidak parkir. Si sopir menjelaskan lebih lanjut bahwa dia berhenti, tetapi dia tidak parkir. Sebaliknya, si polisi aziz menganggap bahwa si bapak ngeyel dan tetap meminta surat-surat milik pak sopir.

Lantas, siapakah yang benar dalam perdebatan polisi vs sopir taksi ini? Apakah dia parkir atau berhenti? Mari kita lihat kembali definisi parkir dan berhenti dalam UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan BAB I Pasal 1 No. 15 & 16 ini:

parkir atau berhenti - uu no 22

18 Hal Yang Sering Kamu Temukan di Jalan Raya

Paling sering sih nomor 13... #ups :p
Baca Juga

Seperti yang bisa kalian lihat diatas, “Parkir” memiliki definisi kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya. Lalu, “Berhenti” memiliki definisi kendaraan tidak bergerak untuk sementara dan tidak ditinggalkan pengemudinya.

Nah, pada saat kejadian, si sopir taksi ini jelas-jelas berada di dalam mobil. Si sopir taksi bahkan menjelaskan dengan sopan bahwa dia tidak parkir, melainkan hanya berhenti untuk sementara—sesuai UU no. 22 Tahun 2009 diatas. Meski begitu, Aziz tetap menganggap bahwa pak sopir taksi melanggar aturan dan menilangnya tidak ada aturan parkir (pengemudi) harus diluar mobil.

“Bapak parkir, tetapi (bapak) di dalam mobil juga bisa. Enggak ada aturan parkir (pengemudi) harus di luar mobil.”

Lah, itu yang ditulis di UU apa pak?

Meski sudah dijelaskan dengan sopan dan bahkan sampai memohon, si sopir taksi pun tetap ditilang oleh Aziz. Berikut pernyataan Aziz dalam cuplikan video acara tersebut:

“Setelah saya cek, surat-suranya memang lengkap. Namun, saya tetap melaksanakan penindakan sesuai pelanggaran rambu yang dilakukan.”

Berikut ini adalah video cuplikan debat parkir atau berhenti polisi vs sopir taksi:

Parkir Atau Berhenti? Perdebatan Polisi vs Sopir Taksi Ini Jadi Pembicaraan Hangat Netizen

Tahukah kamu definisi dari parkir atau berhenti? Sepertinya pak polisi yang satu ini tidak tahu perbedaannya, kalah dengan si sopir taksi.

Abaikan


UPDATE: Kebanyakan video yang beredar telah dihapus atau ditarik oleh NetMedia


Netizen pun bereaksi terhadap penilangan sopir taksi ini:

“Ini yang keliatan di tv. Yang engga? Wkwkwkwkkwkwkwkwkwkwk polisi polisi”

“Mungkin polisinya bolos saat ada training”

“Ini polisi lulusan mana ya XD.. sepertinya kurang terdidik”

“Kalo terjebak macet berarti bukan berhenti .. tapi parkir ditengah jalan ..”

Sepertinya, disaat citra polisi mulai membaik pasca kejadian bom thamrin kemarin, kini citra tersebut justru kembali hancur karena ulah salah satu oknumnya. Menurutmu sendiri bagaimana? Apakah bapak tersebut pantas ditilang ataukah polisi yang salah mengenai masalah parkir atau berhenti ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…


UPDATE: NetMedia Meminta Maaf Perihal Cuplikan Penilangan Sopir Taksi Ini


Video: Youtube


SHARE
Previous articleDiam-Diam Ternyata Marvel Colong Jurus-Jurus Street Fighter!
Next articleRESMI: Live-Action Assassination Classroom Ke-2 Akan Tayang di Indonesia!
Veteran game survival-horror terutama game seri Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis banyak judul light novel di Wattpad, light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.