Dari Cuma Bikin Mod, Gamer Ini Digandeng Firaxis untuk Kembangkan XCOM 2!

xcom 2 modder

Dari sekedar membuat mod untuk XCOM, Long War Studios akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bekerja bersama Firaxis, developer dari XCOM untuk mengembangkan XCOM 2!

Dari Modder Skyrim, Pemuda 19 Tahun Menjadi Desainer Game di Bungie!

Dari mod berjudul Falskaar, seorang modder Skyrim berusia 19 tahun, Alexander J. Velicky akhirnya mendapatkan pekerjaan sebagai desainer game di Bungie! Bagaimana Velicky mendapatkan pekerjaan tersebut? Simak selengkapnya di dalam!
Baca Juga

Hobi bermain game bisa mengantarkan seseorang mendapatkan pekerjaan yang dia impikan. Bagi sebagian modder yang sering membuat mod-mod unik untuk game kesayangannya, impian terbesarnya mungkin adalah bergabung dengan tim pengembang game kesayangannya tersebut untuk membuat game baru. Nah, apa yang diterima oleh modder salah satu mod paling populer di XCOM, The Long War ini mungkin sudah menggambarkan hal tersebut, dimana atas kerja kerasnya dalam mengembangkan The Long War, mereka akhirnya direkrut oleh Firaxis, developer XCOM untuk bekerja dalam pengembangan XCOM 2!

Bagi yang belum tahu, The Long War adalah mod paling populer dan sukses di XCOM. Sejak pertama kali dirilis pada awal 2013 lalu, The Long War sudah di-download lebih dari 500.000 kali di seluruh dunia. Apa yang membuat mod ini menarik adalah mod ini menambahkan kompleksitas dan juga tingkat kesulitan baru untuk XCOM, sehingga lebih memuaskan para gamer hardcore.

xcom 2 modder mod

Sepak terjang dari tim modder The Long War ini pun mendapatkan apresiasi langsung dari Firaxis. Dalam sebuah kesempatan, Firaxis mengungkapkan kekagumannya terhadap The Long War, dan merekomendasikan mod ini untuk dimainkan para gamer hardcore yang sudah “kehabisan” tantangan di XCOM. Puncaknya, di awal tahun ini tim modder ini pun akhirnya direkrut oleh Firaxis untuk terlibat dalam pengembangan XCOM 2. Yap, saat ini XCOM 2 tengah dalam tahap finishing, dan rencananya akan dirilis pada 5 Februari 2016 mendatang.

Tim modder The Long War akan bekerja dalam membuat berbagai mod untuk XCOM 2 yang akan dirilis pasca perilisan game-nya nanti. Detail dari apa yang tengah disiapkan tim modder ini akan dibagikan kepada publik dalam salah satu panel di PAX South tanggal 30 Januari 2015 mendatang. Untuk XCOM 2 ini, Firaxis berencana hanya merilisnya untuk PC saja, sehingga besar kemungkinan jumlah mod yang akan dibuat untuk game ini akan lebih banyak dan kreatif lagi!

xcom 2 modder mod

Satu tambahan kabar menarik, sebelum akhirnya direkrut oleh Firaxis untuk bekerja di XCOM 2, tim modder ini sempat mendirikan studio game baru yang diberi nama sesuai dengan nama mod yang membuat mereka tenar, Long War Studios. Bahkan saat ini, mereka siap meluncurkan sebuah proyek game strategi baru di Kickstarter, Terra Invicta yang sekilas konsepnya cukup mirip dengan XCOM. Wah, Terra Invicta bakal jadi saingan berat dari XCOM 2 nih nantinya jika kampanye Kickstarter game ini berhasil!

Kamu suka membuat mod untuk game-game kesayanganmu? Jangan tinggalkan hobi itu ya, siapa tahu nantinya si pengembang game-nya tertarik dengan karyamu, dan kamu bisa diajak untuk berkolaborasi untuk proyek mereka selanjutnya, seperti yang dialami modder XCOM ini!

Sumber


SHARE
Previous articleHero’s Song, Game Terbaru dari Dedengkot Dunia Game Bakal Jadi Game Favoritmu!
Next articleTim 86 Netmedia Meminta Maaf Soal “Parkir atau Berhenti” Yang Mereka Tayangkan
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.