Review Legends of Tomorrow Episode 1 – Pilot, Part I

Legends of Tomorrow Episode 1 - Rip HunterSudah lama saluran TV CW membangun hype untuk Legends of Tomorrow, serial yang mengangkat tokoh-tokoh sampingan dari Arrow dan The Flash. Setelah penantian panjang, akhirnya Legends of Tomorrow Episode 1 pun tayang. Bagaimana kualitasnya?

Fans DC TV pasti sudah mengetahui sinopsis Legends of Tomorrow episode 1 sejak jauh sebelumnya. Rip Hunter, seorang Time Master, berasal dari masa depan di mana supervillain Vandal Savage sukses mengakibatkan kehancuran di berbagai belahan bumi.Ya, rupanya kemenangan Flash dan Arrow dari makhluk abadi itu tak sepenuhnya mampu menghentikannya.

Kemenangan Vandal Savage ini rupanya membuat Hunter begitu marah hingga ia berencana melakukan tindakan berisiko yakni menghentikan Savage dengan melintas ke masa lalu. Ia pun merekrut orang-orang yang, menurut dia, akan menjadi legenda di masa depan: Captain Cold, Heatwave, Hawkman, Hawkgirl, Firestorm, dan Atom.

Legends of Tomorrow Episode 1 - LegendsKumpulan orang eksentrik ini pun memulai misi mereka dengan melintas ke tahun 70an. Tapi apakah mereka bisa dapat semudah itu menemukan dan mengalahkan Vandal Savage? Mengingat ada beberapa orang bermasalah di tim, seperti duo Captain Cold-Heatwave serta White Canary, mampukah tim ini bekerja sama dengan baik? Ataukah mereka justru akan hancur dan bubar dalam misi pertama? Bagaimana dengan Rip Hunter, apakah dia sepenuhnya jujur kepada orang-orang yang direkrutnya?

Dan pertanyaan yang paling besar: bila memang Rip Hunter mengincar legenda, kenapa ia tidak mencoba merekrut Flash atau Green Arrow? Sejak musim perdana pun Flash diketahui telah menjadi figur penting di masa depan. Kenapa harus orang-orang ini yang mengikutinya mengalahkan Vandal Savage?

Semua pertanyaan itu bisa kamu temukan sendiri jawabannya bila kamu menonton Legends of Tomorrow Episode 1. Tapi, bagaimana dengan kualitas episodenya sendiri? Bagi penulis pribadi, kata yang langsung terlintas setelah menyaksikannya adalah… cukup baik.

Trailer-Legends-of-TomorrowLegends of Tomorrow episode 1 menyajikan aksi-aksi yang seru dan menarik, mulai dari sekedar pertarungan di bar hingga pertempuran besar menghadapi seorang pemburu bayaran dari masa depan. Seperti The Flash, sutradara dan tim penulis pun tak lupa memasukkan unsur-unsur drama dan komedi yang memastikan penonton tidak jenuh menyaksikannya.

Namun… Legends of Tomorrow episode 1 ini terasa kurang maksimal. Mungkin karena statusnya sebagai spin off, pembukaan serial ini tidak seheboh debut Arrow maupun The Flash.

Penyebab lainnya mungkin adalah karena episode ini benar-benar hanya satu potongan dari cerita yang lebih besar. Seperti tercermin dari judulnya (Pilot, Part I) akhir episode ini memang terasa seperti bagian tengah dari plot, dan mungkin baru akan diakhiri resmi di episode pekan ini, Pilot, Part II.

Meski begitu, seharusnya Legends of Tomorrow ini tetap mampu menghibur penonton, dan membuat kamu minimal mengantisipasi seperti apa kelanjutannya di episode pekan ini.

REVIEW OVERVIEW
Skor Episode
70 %

SHARE
Previous articleHeboh! Chitato Indomie Goreng Siap Beredar Di Pasaran!
Next articleLightning FFXIII Beraksi di Plaza Senayan!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.