GGJ 2016 Malang, Siap Kembangkan Komunitas Developer Game Malang!

ggj 2016 malang

Di tahun kedua keikutsertaannya dalam Global Game Jam (GGJ), Malang ingin lebih menghidupkan komunitas developer game-nya. Bagaimana persiapan GGJ 2016 Malang tahun ini?

Sambut Global Game Jam 2016, Gelaran Ketiga “Akar” Kolaborasi Industri Game Indonesia

Global Game Jam tidak jarang menjadi awal mula terciptanya kolaborasi di industri game Indonesia. Bagaimana dengan Global Game Jam 2016 nanti?
Baca Juga

Tahun 2015 lalu menjadi salah satu titik balik komunitas developer game Malang dengan keikutsertaan pertama mereka dalam Global Game Jam (GGJ) 2015. Untuk tahun ini, Malang pun tidak ingin ketinggalan lagi untuk ikut dalam keseruan GGJ 2016, dimana tahun ini GGJ 2016 Malang juga akan diselenggarakan serentak pada tanggal 29 Januari hingga 31 Januari 2016 besok di Digital Lounge Malang.

Selama ini, Malang lebih dikenal lewat industri dan komunitas animasinya yang sudah berkembang cukup pesat. Nah, melalui GGJ 2016 Malang ini, panitia penyelenggara berharap Malang nantinya tidak dikenal lewat industri animasi saja, melainkan juga lewat industri game. Di Malang sendiri sudah ada sekitar tujuh studio yang rajin menelurkan game, seperti Clay Studio, Simpleton Games, dan Raion Studio. “Ekspetasinya sih malang bisa ramai developer mas, bisa berkembang bukan cuma di animasi saja,” ungkap Didi, salah satu organizer GGJ 2016 Malang kepada Duniaku.

ggj 2016 malang
Suasana GGJ 2015 Malang tahun lalu

Animo developer di kota Malang untuk menyambut GGJ 2016 Malang ini juga sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah peserta terdaftar yang cukup banyak. Duniaku memantau, sudah ada sekitar 39 jammer (peserta) yang terdaftar di website resmi GGJ 2016 Malang. Untuk konsep acara sendiri, GGJ 2016 Malang masih sama seperti tahun lalu. “Kalau konsep sih masih sama kayaknya mas, menurun dari ketua yang lama,” lanjut Didi yang baru tahun ini menjadi organizer menggantikan ketua panitia tahun lalu, Hanas Subakti dari Raion Games.

Meskipun komunitas developer game-nya tergolong masih baru, namun ternyata developer game di Malang cukup sering berkumpul dan mengadakan gathering. Bahkan Didi mengaku, dalam satu bulan mereka bisa melakukan hingga tiga kali gathering developer game. Seperti yang diungkapkan Didi, GGJ 2016 Malang ini diharapkan bisa semakin menghidupkan gairah komunitas developer di kota tersebut.

Kamu berada di Malang dan sekitarnya? Tidak perlu jauh-jauh ke Surabaya untuk mengikuti GGJ 2016. Kamu bisa langsung mendaftarkan dirimu ke site Malang dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

ggj 2016 malang

Jadi tunggu apa lagi, pendaftaran masih dibuka lho sampai H-1 penyelenggaraan. Daftarkan dirimu sekarang! Jika kamu penasaran dengan bagaimana suasana penyelenggaraan GGJ 2015 Malang tahun lalu, silahkan simak kembali liputan kami berikut ini.


SHARE
Previous articleStar Ocean: Integrity and Faithlessness Buatmu Lebih Kreatif. Begini Caranya!
Next articleGame Horor Guillermo del Toro Ini Menjadi Inspirasi yang Tak Kalah Menakutkan!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.